Brilio.net - Terhitung hingga Senin (1/6) ini, jumlah kasus positif virus corona di Indonesia telah mencapai lebih dari 26 ribu. Dilansir brilio.net dari laman covid19.go.id, tercatat bahwa terdapat 26.473 kasus yang sudah terkonfirmasi di Indonesia.

Dari total tersebut, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, menyebutkan bahwa terdapat penambahan kasus baru sebanyak 700 orang yang terjangkit virus corona di Indonesia pada Minggu (31/5) kemarin.

Lebih jauh, Yuri menuturkan bahwa temuan kasus baru tersebut didominasi dari 5 provinsi, yakni Jawa Timur, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan.

"Jawa Timur terjadi penambahan sebanyak 199 kasus positif, DKI naik 108 kasus, NTB 42 kasus, Jawa Tengah 37 kasus, dan Sulawesi Selatan 31 kasus," ucap Yuri dalam konferensi pers di kantor BNPB, seperti dilansir dari Liputan6.

Loading...

Menurut Yuri, khusus penambahan kasus positif virus corona di DKI, tidak serta merta berasal dari warga ibu kota. Dengan kata lain, kasus tersebut juga muncul karena adanya pekerja imigran yang pulang ke Indonesia.

"Di DKI tidak hanya berasal dari penduduk DKI tetapi juga pekerja imigran yang baru kembali rata-rata 1.000 orang kembali. Apabila kita temukan kasus positif langsung kita bawa ke rumah sakit darurat Wisma Atlet," ujar Yuri.

Lepas dari itu, tercatat hingga siang ini, dilaporkan bahwa dari 17.552 pasien yang dirawat sebanyak 7.308 di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Sementara itu, untuk kasus kasus meninggal bertambah 40 orang, sehingga total menjadi 1.613 orang. Kasus ODP ada 49.936 dan sebagian besar selesai pemantauan. Kemudian kasus PDP ada 12.913 orang.