Brilio.net - Adanya Aksi Super Damai dari masyarakat di Jakarta pada Jumat (2/12) membuat pihak Kepolisian bekerja keras. Ribuan aparat keamanan disiagakan di berbagai daerah, terutama di Jakarta untuk menjaga aksi damai agar tidak melenceng dari tujuannya.

Bukan perkara mudah untuk mengendalikan jutaan massa yang akan menyuarakan aksi damai, pengajian, dan salat Jumat di lapangan Monumen Nasional (Monas) tersebut. Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian bekerja keras dan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait mewujudkan aksi damai masyarakat tersebut.

Apa saja aksi Sang Jenderal wujudkan demo damai tersebut? Berikut brilio.net rangkumkan 5 aksi bijak Jenderal Tito Karnavian dari berbagai sumber.

1. Tito Karnavian mengunjungi Kantor MUI untuk melakukan pertemuan tertutup dan silaturahmi

5 Aksi Kapolri © 2016 merdeka.com



Jumat (18/11) Kapolri mendatangi Kantor MUI di Jalan Proklamasi untuk rapat tertutup dengan pengurus MUI. Ia juga mengatakan kesempatan itu dipergunakan bersilaturahmi engan pemuka agama.

2. Melakukan kesepakatan dengan Gerakan nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI).

5 Aksi Kapolri © 2016 merdeka.com

Loading...



Kapolri sempat melarang aksi massa hari ini, namun pada akhirnya dia mengizinkan hanya tempatnya hanya di lapangan Monas dan waktunya adalah pukul 08.00 sampai 13.00 WIB. Untuk itu ia bersepakat dengan GNPF-MUI.

"Ini jadi win-win solution. Ini baik untuk pengamanan, baik juga untuk keselamatan jiwa para peserta aksi, " kata Ketua Pembina GNPF-MUI dan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

3. Kapolri akan menindak tegas aksi massa yang tidak sesuai kesepakatan Polri dengan GNPF-MUI.

5 Aksi Kapolri © 2016 merdeka.com



"Kita ada gerakan pada tanggal 2 Desember di luar lokasi dan waktu yang disepakati, maka itu bukan bagian dari Aksi Bela Islam III. GNPF-MUI tidak bertanggung jawab, serta Polri berhak mengantisipasi dan mengatasinya," tambah Rizieq Shihab.

4. Menerjunkan anggotanya untuk ikut doa bersama dalam Aksi Super Damai 212.

5 Aksi Kapolri © 2016 merdeka.com



Melalui Polda Metro Jaya, Polri menerjunkan 500 anggotanya untuk ikut berzikir dan doa bersama di tengah-tengah peserta aksi.

"Polisi ada yang ikut shalat. (selain itu) tentunya juga kami melayani dan mengamankan," ungkap Kapolda Metro Jaya, Irjen Polisi Mochamad Iriawan.


5. Tito Karnavian turun langsung memberikan sambutan di Aksi Super Damai 212.

5 Aksi Kapolri © 2016 merdeka.com



Jumat (2/12) pagi, Tito Karnavian memberikan sambutan di hadapan massa peserta Aksi Super Damai. Meski sempat diteriaki, namun massa akhirnya dapat dikendalikan.