Brilio.net - Saat ini yang namanya belanja online sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Apalagi, kini berbagai kebutuhan bisa didapat di berbagai marketplace. Selain mudah, mereka juga tak perlu mengunjungi toko secara langsung. Sebaliknya, toko online bias diakses kapan saja dan di mana saja. Apalagi, jika menggunakan aplikasi Blibli pada smartphone kamu.

Oh iya, saat ini bukan hanya produk kecil dan simple saja yang bisa dicari di toko online. Bagi kamu yang sedang mencari furnitur untuk mempercantik rumah juga bisa. Dulu mungkin kita harus mendatangi toko mebel jika ingin membeli furnitur. Tapi kini tinggal klik mouse atau scroll di layar smartphone.

Ini karena adanya toko online yang menyediakan beragam furnitur. Jadi, mulai dari produk yang kecil hingga yang besar sekalipun, semuanya tersedia. Kamu bisa membeli meja, kursi, sofa hingga tempat tidur atau lemari.

Nah untuk belanja furnitur, tentu saja kamu perlu mempertimbangkan sejumlah hal ketika akan membeli item yang dibutuhkan. Membeli online memang nyaman karena benar-benar menghemat waktu dan tenaga. Apalagi, ketika kamu benar-benar sibuk dan tidak punya waktu untuk mengunjungi toko furnitur di kotamu. Maka dari itu, belanja online bisa menjadi solusi yang benar-benar menguntungkan.

Loading...

Meski demikian, kamu perlu teliti dan juga cermat sebelum membeli. Ini dikarenakan belanja furnitur secara online itu juga disertai dengan kemungkinan-kemungkinan yang tidak terduga. Biasanya, aspek utama yang paling pasti diperhatikan pembeli yakni warna dan harga furnitur tersebut. Namun, sebenarnya ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan dengan cermat dan teliti. Terutama, jika kamu tidak terbiasa dengan hal-hal yang detail. Maka, setidaknya kamu mengerti apa saja hal penting yang perlu diperhatikan saat akan membeli furnitur di toko online. Simak delapan tips berikut ini:

1. Mengecek ukuran dua kali

Tips Belanja Furniture © 2020 brilio.netUnsplash.com/Jean-Philippe Deberghe

Sebelum kamu benar-benar membeli furnitur, pastikan mengecek ukurannya dua kali. Yang perlu kamu cek bukan hanya ukurannya saja. Pastikan di rumah, di area yang akan kamu jadikan tempat untuk furnitur, apakah ruang yang ada itu cukup buat mebel baru kamu. Misalnya, kamu akan membeli sofa yang baru untuk ditempatkan di ruang TV. Ukurlah dahulu luas ruang TV kamu. Dengan begini kamu bisa menentukan furnitur serta ukuran  furnitur yang akan dibeli. Pastikan juga tersisa ruang di sekitar furnitur supaya kamu tetap leluasa bergerak di dalam ruangan tersebut.

2. Memahami bahan furnitur yang akan dibeli

Tips Belanja Furniture © 2020 brilio.netUnsplash.com/Nathan Fertig

Terkadang foto furnitur yang kamu lihat di toko online menciptakan kesan yang sangat menarik. Tentu saja, namanya juga barang yang dijual online, pasti fotonya harus menarik supaya pembeli tertarik. Namun, kamu perlu ingat bahwa terkadang apa yang kamu lihat di foto mungkin akan nampak berbeda dengan aslinya. Ini bukan berarti toko furnitur online tersebut menipu kamu. Sederhana saja, barang yang asli kemungkinan terlihat berbeda dengan yang kamu lihat di foto.

Jadi, akan sangat baik jika kamu membaca deskripsi produknya dengan sangat teliti. Selain memperhatikan foto, kamu juga membaca informasi tentang materialnya atau bahannya. Ini penting karena juga perlu untuk kamu sesuaikan dengan kenyamanan kamu sendiri dalam menggunakan furnitur. Misalnya, ada jenis meja yang berbahan plastik dan kaca. Ini bisa kamu perhatikan lebih cermat lagi, tentang deskripsi materialnya secara jelas. Usahakan kamu benar-benar tahu tentang kualitas bahan serta keawetannya.

3. Memperhatikan foto dengan seksama

Tips Belanja Furniture © 2020 brilio.netUnsplash.com/Toa Heftiba

Sama halnya dengan belanja berbagai barang kebutuhan lain. Saat akan membeli furnitur, kamu harus memperhatikan foto produk dengan seksama. Apalagi, biasanya foto produk furnitur itu tidak hanya ada satu, tapi ada beberapa bahkan banyak foto yang bisa kamu cermati. Ini sangat membantu kamu untuk memperhatikan furnitur tersebut dari berbagai sisi. Kamu jadi tahu seperti apa kelihatannya saat furnitur tersebut diletakkan.

Terutama, amati foto yang menunjukkan furniturnya sedang ditempatkan di dalam sebuah ruangan. Seperti apa kesan yang kamu tangkap dari furnitur tersebut, kemudian bagaimana kelihatannya saat mebel ini berada di dalam ruangan. Kamu juga bisa mengira-ngira apakah furnitur tersebut cocok dengan gaya interior rumah serta sesuai dengan selera kamu. Khususnya, dari segi ukuran dan modelnya.

4. Memilih furnitur yang benar-benar tersedia

Tips Belanja Furniture © 2020 brilio.netUnsplash.com/Tiana Borcherding

Kamu tentu pernah mengalami kejadian di mana saat akan membeli barang, item dengan warna dan ukuran yang kamu cari sedang tidak ada. Yang tersedia hanyalah produk lain dengan ukuran sama namun warna berbeda, atau warnanya sama tapi ukurannya beda. Misalnya, saat kamu membeli baju atau sepatu secara online. Sebenarnya, membeli furnitur juga tidak jauh berbeda. Maka dari itu, kamu bisa memastikan ulang apakah barang yang akan kamu beli memang benar-benar tersedia.

Sebab, ada toko furnitur yang memang selalu up to date dengan stok barang mereka. Artinya, toko tersebut pasti selalu memperbarui katalog produknya setiap kali ada penambahan produk baru, atau berkurangnya item lama karena sudah terjual.

Ada baiknya kamu juga mengunjungi website resmi furnitur tersebut untuk memastikannya. Bila memungkinkan, kamu juga dapat bertanya kepada customer service online-nya terlebih dahulu, tentang ketersediaan furnitur tersebut.

5. Perhatikan perbedaan harga antara material yang berbeda

Tips Belanja Furniture © 2020 brilio.netUnsplash.com/Sidekix Media

Biasanya, material yang berbeda juga beda pula harganya. Jadi, untuk mengetahui perbedaannya, kamu bisa memastikan lagi dengan lebih teliti, coba cek tentang material item yang akan kamu beli. Misalnya, kamu akan membeli sebuah kursi yang artistik. Tentu saja kursi yang berbahan plastik dan kayu akan berbeda harganya satu sama lain, jadi bukan hanya modelnya saja yang beda. Coba kamu perhatikan lalu pertimbangkan lagi, apakah kamu memprioritaskan material tertentu, atau benar-benar mencari produk furnitur bermaterial apa saja, yang penting modelnya itu unik.

6. Memastikan ketentuan pengembalian barang

Tips Belanja Furniture © 2020 brilio.netUnsplash.com/Daniel C Gold

Tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang kamu berubah pikiran begitu saja, ketika sudah melihat barangnya secara langsung, setelah sampai di rumah. Bisa jadi kamu pun merasa benar-benar perlu mengganti furnitur tersebut dengan yang lain, sehingga kamu harus mengembalikannya. Jadi, hal ini memang bisa terjadi pada siapa saja, dan apapun itu barang yang dibeli. Bukan hanya barang kecil dan sedang saja, namun item besar seperti furnitur.

Jadi, hal yang penting untuk kamu lakukan yakni memastikan terlebih dahulu tentang kebijakan retur atau pengembalian yang ada pada toko furnitur online tersebut. Cobalah untuk membaca-baca lagi dengan lebih teliti. Terutama, jika kamu merupakan tipe pembeli yang terkadang suka berubah pikiran saat sudah melihat barang dari toko online-nya secara langsung. Mengetahui kebijakan pengembalian barang akan membantu memudahkan Anda jika memang nanti perlu melakukannya.

7. Memilih toko furnitur yang juga memiliki gerai fisik

Tips Belanja Furniture © 2020 brilio.netUnsplash.com/Deborah Cortelazzi

Akan lebih menguntungkan juga apabila kamu berbelanja furnitur online di toko yang juga menyediakan gerai fisik. Artinya toko furnitur tersebut memang benar-benar ada, dan tokonya juga menjual barangnya secara online. Sebab, ada toko furnitur yang hanya distributor online saja tanpa ada gerai fisiknya. Ini tidaklah menjadi masalah, apalagi jika toko online tersebut benar-benar terpercaya dan kamu juga bisa membaca berbagai ulasannya.

Namun, kelebihan toko online memiliki toko fisik, tentu saja produknya lebih terjamin. Di samping itu, adanya toko fisik tersebut juga memberikan kelegaan tersendiri. Ini karena kamu tahu bahwa reputasi toko furnitur tersebut memang sudah terjaga dengan baik. Selain itu, barang yang dijual juga berkualitas. Lalu, bila toko tersebut ada di kotamu, dan kamu sedang punya waktu luang, nggak ada salahnya sekilas melewati took tersebut untuk melihat keberadaannya.

8. Pastikan kamu nyaman membeli furnitur secara online

Tips Belanja Furniture © 2020 brilio.netUnsplash.com/Alexandra Gorn

Sebagian orang merupakan pembeli santai yang akan menerima saja furnitur yang sudah dibelinya. Terutama, ketika furnitur tersebut sudah sampai di rumah. Namun, ada juga pembeli yang benar-benar merasa perlu untuk mengecek furniturnya secara langsung, sebelum akhirnya membelinya. Misalnya, kamu ingin membeli sofa, maka tidak cukup hanya dengan melihat fotonya saja, bahkan secara detail. Kamu merasa harus duduk di atas sofanya untuk bisa merasakan kualitas material sofa yang akan dibeli tersebut.

Nah, kalau kamu termasuk ke dalam kategori pembeli ini, maka ada baiknya tidak mengambil risiko dengan belanja furnitur di toko online. Solusinya, jadikan toko furnitur online tempat membeli perabot yang lebih simpel, seperti misalnya meja belajar, guci hiasan dekoratif dan masih banyak lagi. Jadi, pilih furnitur yang bisa kamu beli tanpa harus menyentuhnya untuk mengetahui kualitasnya.

Jadi belanja furnitur bisa menjadi salah satu kegiatan yang paling mengasyikkan. Kamu bisa bebas mengekspresikan gaya kesukaan kamu untuk interior ruangan di rumah. Apalagi, jika membelinya secara online, pilihan furnitur yang ada menjadi semakin tidak terbatas. Kamu bahkan bisa mendapatkan beragam furnitur yang unik-unik, dan jarang bisa kamu jumpai ketika mengunjungi toko fisik. Sebab, interior rumah itu mencerminkan kepribadian pemiliknya. Jadi, buat rumah kamu nyaman bagi keluarga dan tamu yang datang, dengan pilihan furnitur berkualitas terbaik untuk hunian kamu.