Brilio.net - Pada tanggal 21 Mei 2021, boygroup asal Korea Selatan, BTS kembali rilis MV terbarunya yang berjudul Butter. MV yang bertema era 90-an ini sukses menarik perhatian. Tidak heran bila lagu Butter langsung disukai ARMY (penggemar BTS) dan menjadi hits di beberapa negara.

Lagu BTS bahkan berhasil memecahkan rekor di berbagai platform musik pada hari perilisannya. Melebihi rekor lagu Dynamite milik mereka sebelumnya.

Lagu Butter diproduksi oleh RM, leader BTS, bersama Rob Grimaldi, Stephen Kirk, dan Ron Perry. Lagu ini mengusung konsep pop dansa menarik yang dilengkapi dengan suara bass menawan. Selain itu, lagu tersebut juga mampu mencetak sejarah baru di dunia musik K-Pop.

Penasaran apa saja fakta menarik dari lagu Butter milik BTS? Berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/7).

Loading...

1. Tidak sama dengan lagu Queen.

Fakta lagu Butter milik BTS dari berbagai sumber

foto: Twitter/@BTS_twt

Pada saat perilisan teaser Butter, banyak orang yang mempertanyakan kemiripan lagu Butter dengan lagu Another One Bits The Dust milik band Queen. Hal tersebut langsung ditanggapi oleh sang leader BTS, RM bahwa lagu Butter tidak ada kaitannya dengan lagu milik Queen tersebut.

"Sejujurnya, tidak ada pengambilan sampel atau memberi penghormatan kepada Queen," ujar leader BTS.

Bicara soal potensi adanya kolaborasi, Jin BTS mengatakan bahwa grupnya dengan senang hati selalu terbuka jika band legendaris itu meminta kepada mereka.

2. Cetak rekor baru di YouTube.

Fakta lagu Butter milik BTS dari berbagai sumber

foto: Instagram/@bts.bighitofficial

Lagu Butter berhasil mencetak rekor baru di YouTube. Dilansir Forbes, saat dirilis, video musik Butter disaksikan 3,89 juta penonton dalam waktu bersamaan. Selain itu dilansir Soompi, Butter menjadi video musik yang paling cepat mencapai 200 juta penonton di YouTube. Video musik terbaru dari BTS itu mendapatkan 200 juta penonton pada 25 Mei pukul 14.26 waktu Korea Selatan. Artinya, BTS hanya membutuhkan 4 hari dan 1 jam untuk meraih rekor baru.

Lagu Butter berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang BTS dengan lagu Dynamite. Video musik Dynamite tercatat mencapai 200 juta penonton di YouTube dalam waktu 4 hari dan 12 jam sejak dirilis.

3. Bertahan di puncak Billboard Hot 100 selama 6 pekan.

Fakta lagu Butter milik BTS dari berbagai sumber

foto: Twitter/@billboardcharts

Lagu Butter milik BTS masih bertahan di puncak Hot 100 pada pekan keenam. Billboard Hot 100 merupakan peringkat lagu terpopuler dalam sepekan di Amerika Serikat. Capaian baru Butter ini menjadikan BTS artis Asia pertama yang debut di puncak Billboard Hot 100 dan bertahan selama enam pekan.

4. Lagu bahasa Inggris kedua.

Fakta lagu Butter milik BTS dari berbagai sumber

foto: Twitter/@BTS_Billboard

Lagu Butter juga merupakan lagu dengan lirik bahasa Inggris penuh usai Dynamite yang dirilis pada 2020. Para member BTS pun berharap lagu tersebut juga mengikuti kesuksesan pendahulunya di kancah internasional. Seperti diketahui, awal tahun ini Dynamite berhasil masuk nominasi ajang bergengsi Grammy Awards.

5. Jadi opening song Final Euro 2020.

Fakta lagu Butter milik BTS dari berbagai sumber

foto: Twitter/@EURO2020

Lagu Butter akan diputar sebagai opening song Final Euro 2020 yang akan digelar di Stadion Wembley, Inggris. Berdasarkan voting yang dilakukan UEFA EURO 2020 pada 2 Juni 2021 melalui media sosial @EURO2020, Lagu Butter milik BTS memenangi voting online setelah meraup 46,6 persen suara.