Brilio.net - Coba sebutkan grup musik favoritmu? Berbicara perihal grup musik, ada dua hal yang pasti langsung teringat di benakmu, yaitu lagu mereka dan tentunya vokalis mereka. Memang vokalis bisa menjadi orang pertama yang diingat dalam sebuah band. Sebab yang biasanya berkomunikasi langsung di atas panggung adalah vokalis. Ya kan?

Keberadaan vokalis dalam sebuah band tidak dipungkiri menjadi salah satu faktor penting kesuksesan sebuah grup musik. Jika pada umumnya grup musik indentik dengan pria, namun tidak berarti wanita tak bisa berkarya dalam industri olah vokal tersebut.

Beberapa band dunia justru meraih sukses dengan vokalis wanitanya. Menjadi vokalis wanita di sebuah band memang keistimewaan tertentu. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (22/6), berikut 15 vokalis wanita terbaik sepanjang masa. Idolamu siapa nih?


1. Hayley Williams Paramore.

vokalis wanita terbaik © 2016 brilio.netfoto: www.fanpop.com

Pecinta musik dunia pasti tidak asing dengan suara merdu Hayley Williams, vokalis Paramore. Band asal Franklin, Amerika Serikat, ini mengusung tema rock yang sangat kental. Bersama Taylor York, Hayley sukses membawa band ini dikagumi dunia.


2. Dolores O'Riordan The Cranberries.

vokalis wanita terbaik © 2016 brilio.netfoto: www.zimbio.com

Loading...

Dolores O'Riordan, Noel Hogan, Fergal Lawler dan Mike Hogan berhasil membawa The Cranberries mencapai puncak popularitas. Meski sempat vakum dalam waktu yang lama, The Cranberries kembali hadir menghibur para penggemarnya dengan single Zombie. Sempat ditinggal Niall Quinn, Dolores dan rekannya tetap optimis mampu bersaing dengan band rock lainnya.


3. Aprilia Apsari White Shoes & The Couples Company.

vokalis wanita terbaik © 2016 brilio.netfoto: www.instagram.com/wsatcc

Grup musik indie pop asal Jakarta ini memulai debut pada tahun 2002 dan mempercayakan Aprilia Apsari dengan suara merdunya menjadi vokalis. Suara dan dandanannya jadul tapi keren abis!


4. Rieka Roslan The Groove.

vokalis wanita terbaik © 2016 brilio.netfoto: gigsplay.com

Kamu yang lahir pada tahun 90an tentunya tidak asing dengan keberadaan grup musik The Groove yang beranggotakan Rieka Roslan, Reza, Arie Firman, Ari, Tanto, Ali, Rejos dan Detta. Dengan jenis musik jazz pop, Rieka Roslan sebagai vokalis memberikan sumbangsih yang luar biasa untuk kesuksesan grup musik tersebut.


5. Danar Souljah.

vokalis wanita terbaik © 2016 brilio.netfoto: www.instagram.com/souljahmusik

Vokalis wanita berikutnya yang mencuri perhatian publik adalah Danar Souljah. Aliran musik reggae yang dibawakan Souljah membuatnya berhasil memenangkan AMI Awards.


6. Gwen Stefani No Doubt.

vokalis wanita terbaik © 2016 brilio.netfoto: www.billboard.com

Perjalan karier Gwen Stefani di industri musik dunia tidaklah semudah yang dibayangkan. Sebelum sukses dengan album solonya, dia sempat meraih sukses bersama No Doubt yang membuatnya menjadi vokalis wanita yang cukup disegani dari segi suara serta karya.


7. Amy Lee Evanescence.

vokalis wanita terbaik © 2016 brilio.netfoto: musicfeeds.com.au

Beranggotakan Amy Lee, Tim McCord, Will Hurt, Troy McLawhoen dan Jen Majura. Evanescence pertama kali dibentuk pada tahun 1995. Tidak dapat dipungkiri bahwa pesona Amy Lee mampu membawa band beraliran Rock ini sukses di belantika musik dunia dengan masuk dalam jejeran Billboard 200 chart pada tahun 2009. Namun sangat disayangkan pada tahun 2012, band ini memutuskan untuk vakum.


8. Kikan eks Cokelat.

vokalis wanita terbaik © 2016 brilio.netfoto: www.twitter.com/kikannamara

Nama Kikan eks Cokelat menjadi salah satu vokalis wanita terbaik yang dimiliki negeri ini. Kikan sempat meraih sukses bersama Cokelat dengan penjualan album jutaan kopi namun beberapa tahun terakhir Kikan lebih memilih bersolo karier dan hengkang dari Cokelat.


9. Andrea Corr The Corrs.

vokalis wanita terbaik © 2016 brilio.netfoto: www.belfasttelegraph.co.uk

Band asal Irlandia, The Corrs juga salah satu band dengan vokalis wanita terbaik di dunia. Mengusung genre pop rock, Andrea Corr bersaudara mampu membuktikan kepada dunia bahwa kualitas musik mereka di atas rata-rata.


10. Imel Ten 2 Five.

vokalis wanita terbaik © 2016 brilio.netfoto: www.kapanlagi.com

Ten 2 Five mulai mengeluarkan album sejak tahun 2004. Menjadi salah satu band dengan vokalis wanita di Indonesia membuat Ten 2 Five memiliki ciri khas tersendiri. Album I Will Fly pada tahun 2004 menjadi tombak kesuksesan Ten 2 Five yang membawa pulang penghargaan AMI Awards sebagai pendatang baru terbaik dan lagu berbahasa asing terbaik.

Masih ada lima vokalis garang lagi.. Mungkin idolamu ada di halaman selanjutnya.. KLIK NEXT