Brilio.net - Bagi kebanyakan perempuan, rambut ibarat mahkota yang sangat berharga. Sehingga mereka nggak segan-segan melakukan berbagai macam perawatan untuk menjaga kecantikan rambutnya. Dari mulai rutin melakukan spa rambut di salon-salon ternama, sampai dengan perawatan yang sedang heboh akhir-akhir ini, mencuci rambut dengan produk minuman ringan bersoda.

Tren kebiasaan mencuci rambut dengan minuman berkarbonasi ini, meski pada awalnya dibilang aneh, tapi hasilnya ternyata sangat mengejutkan lho! Rambut akan terlihat lebih bersinar serta mengembang dengan sempurna, persis seperti habis dari salon mahal deh! Wah, kalau gini ceritanya, mending keramas setiap hari pakai minuman bersoda aja kali ya? Jaminan cantik setiap hari, ya kan? Yes!

Eits, belum tentu! Mencuci rambut dengan minuman bersoda ternyata tidak disarankan untuk dilakukan dalam jangka yang panjang. Bahkan menurut pakar rambut dan kulit kepala, Philip Kingsley, Anabel Kingsley dan Glenn Lyons, seperti dikutip brilio.net dari Independent, Rabu (21/10), minuman berkarbonasi sebenarnya bukan produk yang diciptakan untuk membersihkan rambut. Bahan ini justru membuat rambut menjadi lengket, serta bisa meninggalkan partikel kotor para rambut, walaupun beberapa kandungan zat kimianya memang bisa bikin rambut menjadi lebih halus.

Kamu mungkin saja bisa mendapatkan hasil yang memukau setelah mencuci rambut dengan minuman bersoda, bahkan walaupun baru sekali saja keramas. Tapi hasil yang menakjubkan itu tidak menyeluruh, hanya akan terlihat pada bagian luar saja. Asam pada minuman berkarbonasi memang menutupi kutikula sehingga rambut terlihat bersinar. Tapi sayang, kandungan fruktosa yang tinggi bukannya bikin rambut bersih, malah sebenarnya membuat rambut semakin lengket!

Kandungan asam pada produk minuman bersoda memang diyakini bisa membuat rambut menjadi tebal dan tampak bervolume, tapi asal kamu tahu, kadar asam yang tinggi juga tidak baik untuk kesehatan kulit kepala. Bahkan jika kamu tetap memaksa untuk berkeramas setiap hari menggunakan minuman bersoda, bisa jadi nantinya kamu akan mengalami banyak masalah pada rambut dan kulit kepalamu.

Pada akhirnya rambutmu membutuhkan perawatan yang lebih intensif, tentunya dengan biaya yang sangat mahal untuk mengembalikan kecantikannya seperti sedia kala. Ugh, nggak mau kan? Makanya pikir-pikir lagi deh sebelum menerapkan tren sebagai kebiasaan sehari-hari. Salah-salah malah membawa dampak buruk, ya kan? Kesehatanmu lho!

Loading...