Brilio.net - Tubuh kita mengandung konsentrasi yang sama dari mineral dan nutrisi, sebagaimana air laut. Maka dari itu, tak mengherankan bahwa garam laut adalah sekutu alami untuk menyeimbangkan, melindungi, dan memulihkan tubuh dan kulit.

Salah satu perbedaan utama antara garam laut dan garam biasa adalah kandungan mineralnya. Garam laut sarat dengan mineral, termasuk magnesium, kalsium, natrium, dan kalium, yang semuanya memainkan peran penting untuk kesehatan kulit dan tubuh.

Ketika keseimbangan mineral kulit terganggu, tanda-tandanya adalah kulit kering, kusam, dan iritasi, terutama karena cuaca terlalu dingin dan membuat kering. Nah, kalau tubuh dan kulit sehat, maka aura cantik akan keluar. Kamu setuju, kan?

Maka dari itu, seperti dilansir brilio.net dari Women's Health, Kamis (19/11), berikut tips cantik dan sehat menggunakan garam bermineral yang wajib kamu tahu dan terapkan:

1. Masker kecantikan

Garam bikin kamu cantik dari kepala sampai kaki, yuk simak 9 caranya!

foto: remediesandherbs.com

Garam dan madu adalah ramuan yang bersifat anti-inflamasi, berguna untuk 'menenangkan' kulit dan mengatasi jerawat, termasuk juga iritasi karenanya. Selain itu, ramuan ini juga menyeimbangkan produksi minyak dan mempertahankan hidrasi dalam lapisan kulit, yang memang sangat diperlukan.

Caranya adalah campur 2 (dua) sendok teh garam laut (sebaiknya garam halus) dengan 4 (empat) sendok teh madu mentah dan murni untuk dijadikan pasta. Oleskan secara merata untuk fungsi membersihkan kulit wajah, mengatasi kulit kering, tapi hindari area mata saat menggunakannya, ya. Lantas, diamkan selama 10-15 menit.

Sebelum membilas masker, rendam kain lap dalam air hangat dan peras kemudian. Terapkan dan diamkan handuk hangat di wajah kamu selama 30 detik. Lantas, usap pelan supaya masker terkelupas lembut dengan melakukan gerakan melingkar. Setelah itu bilas kulit wajah secara menyeluruh menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin setiap hari guna hasil optimal.

2. Toner (penyegar) wajah

Loading...

Garam bikin kamu cantik dari kepala sampai kaki, yuk simak 9 caranya!

Garam membantu membersihkan pori-pori secara mendalam untuk menyeimbangkan produksi minyak dan menghalau bakteri yang dapat memicu jerawat.

Caranya adalah campurkan garam laut sebanyak 1 (satu) sendok dengan 4 (empat) ons air hangat di dalam botol semprot sampai garam larut. Nah, setelah itu gunakan untuk mengatasi kulit kering dan membersihkan wajah, plus menyegarkan. Ingat, hindari kontak dengan mata. Gunakan setiap hari atau dua kali sehari untuk hasil maksimal.

3. Body scrub

Garam bikin kamu cantik dari kepala sampai kaki, yuk simak 9 caranya!

foto: themethuselahcenter.com

Garam dapat membantu mengelupas sel kulit mati secara alami dan lembut. Selain itu, garam juga mengandung mineral yang dapat melembutkan kulit dan mengembalikan hidrasi kulit.

Caranya adalah campurkan 1/4 (seperempat) cangkir garam dan 1/2  (setengah) cangkir minyak zaitun (bisa diganti minyak kelapa) sampai menjadi pasta. Kamu bisa menambahkan minyak esensial sebagai aroma terapi. Lantas, gunakan dengan menggunakan kain lap, loofah, atau telapak tangan untuk menggosok lembut kulitmu dengan gerakan melingkar.

4. Scrub untuk peremajaan kulit
Seperti disinggung pada poin 3, garam mampu mengelupas kulit mati. Nah, kalau dicampur dengan lidah buaya dan lavender, maka khasiatnya bertambah. Lidah buaya berfungsi menggantikan sel kulit mati, sedangkan lavender merupakan antiseptik alami yang meningkatkan sirkulasi.

Caranya adalah campur garam 1/2 (setengah) cangkir, 1/4 (seperempat) cangkir jus lidah buaya atau gunakan gel yang sudah jadi, 1 (satu) sendok bunga lavender kering, dan 10 tetes minyak esensial lavender (bisa dicampur aroma lain), sampai menjadi pasta. Oleskan ke seluruh tubuh baik menggunakan kain kap, loofah, atau telapak tangan, dengan gerakan melingkar. Terapkan rutin untuk hasil optimal.

5. Bahan relaksasi saat mandi

Garam bikin kamu cantik dari kepala sampai kaki, yuk simak 9 caranya!

foto: allkindsofgoodiesdotcom.wordpress.com

Garam bermanfaat menyerap kotoran, debu, dan racun, serta membersihkan pori-pori kulit kamu sampai bagian dalam. Kandungan mineral garam mampu mengembalikan pelindung pada kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Maka tak heran, kamu bisa mandi menggunakan air garam dalam suhu hangat, guna mempertahankan kelembapan kulit. Magnesium dalma garam laut dapat mengurangi retensi air (kembung) dalam tubuh.

Caranya adalah tambahkan 1/3 (sepertiga) cangkir garam ke dalam bak berisi air hangat, dan larutkan sampai bercampur air. Berendamlah selama 15-30 menit dengan campuran tersebut, guna relaksasi tubuh.

6. Pengusir ketombe
Garam mampu menghilangkan ketombe kamu, lho. Selain itu, garam juga bisa menyerap kelebihan minyak dan menjaga tetap lembap untuk mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat akar ketombe.

Caranya adalah belah rambut dengan jari tangan, kemudian taburi kulit kepala dengan 1-2 sendok teh garam. Menggunakan jari basa, pijat kulit kepala secara lembut dan menyeluruh selama 10-15 menit. Kemudian, keramaslah seperti biasa. Lakukan rutin untuk hasil optimal.

7. Pemutih gigi

Garam bikin kamu cantik dari kepala sampai kaki, yuk simak 9 caranya!

foto: ecoroute.eu

Garam dan baking soda mampu menghilangkan noda dan mencerahkan gigi. Garam juga mengandung sumber alami fluorida, yang bermanfaat bagi gigi dan gusi.

Caranya adalah mencampur 1 (satu) sendok teh garam dan 2 (dua) sendok teh baking soda. Celupkan sikat gigi basa ke dalam campuran ini, dan gunakan untuk menyikat gigi seperti biasa. Jika rasanya terlalu kuat, cobalah tambahkan sedikit apsa gigi biasa sebelum mencelupkannya ke dalam campuran ini.

8. Obat kumur alami
Garam bertindak sebagai disinfektan untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut dan radang gusi.

Caranya adalah campur garam sebanyak 1/2 (setengah) sendok teh, 1/2 (setengah) sendok teh baking soda, dan 1/4 (seperempat) cangkir air, sampai garam larut. Lantas, berkumurlah dengan campuran ini lalu buang dan berkumurlah dengan air biasa.

9. Perawatan pencerahan kuku

Garam bikin kamu cantik dari kepala sampai kaki, yuk simak 9 caranya!

foto:prevention.com

Garam mampu melembutkan kutikula dan kulit, serta memperkuat kuku. Baking soda dan lemon bekerja untuk mengurangi warna kuning atau noda pada kuku, sehingga kuku tampak sehat dan cerah.

Caranya adalah campur 1 (satu) sendok teh garam, 1 (satu) sendok teh baking soda, 1 (satu) sendok teh jus lemon, dan 1/2 (setengah) cangkir air hangat dalam mangkuk kecil. Rendam kuku dalam larutan selama 10 menit, kemudian gosok dengan sikat lembut. Kemudian bilas tangan. Ramuan ini mampu melembapkan dan menyehatkan kuku kalau kamu terapkan secara rutin.


Jadi, sekarang bagaimana? Siap mempraktikkan, kan?