Brilio.net - Rambut adalah mahkota wanita. Begitu kata pepatah. Ya namanya juga mahkota pastinya harus mendapat perhatian ekstra apalagi kalau pengen punya rambut bagus memang perlu perawatan. Rutin mencuci rambut, menggunakan kondisioner, creambath, masker rambut, spa rambut, memakai serum dan vitamin rambut adalah berbagai macam cara yang biasa dilakukan wanita untuk merawat rambut.

Tapi sinar matahari, kadar polusi udara yang tinggi, banyaknya aktivitas yang biasa dilakukan, suka ngikutin tren model rambut, sampai kebiasaan suka gonta-ganti produk perawatan rambut jadi pemicu berbagai masalah pada rambut. Mulai dari rambut jadi kusam, berminyak, bau asap hingga gampang lepek. Kalau rambut udah bermasalah gini mood pun otomatis berubah dan bikin penampilan jadi kurang percaya diri sehingga aktivitas seharian pun menjadi tidak maksimal.

Nah, dari sekian banyak masalah pada rambut yang bisa terjadi, apa aja sih yang paling membuatmu bad mood sampai istilah bad hair day benar-benar kamu rasakan? Brilio.net merangkum penyebab bad hair day dan cara mengatasinya khusus buat kamu cantik. Simak yuk!

1. Rambut kering atau berminyak
Kadang para wanita suka mengikuti tren model rambut dengan melakukan pewarnaan, rebonding biar rambut lurus, keriting rambut sampai mencoba terlalu banyak produk atau salah memilih produk perawatan rambut seperti sampo dan kondisioner. Alhasil rambut malah jadi terlihat kering, kusam dan nggak enak dipandang. Buat yang punya rambut berminyak apalagi, bisa makin berminyak dan lepek. Kalau udah gini kamu harus memilih jenis sampo dan kondisioner yang cocok dengan kondisi rambutmu.

Loading...

2. Rambut rusak dan nggak beraturan
Aktivitas seharian dengan mobilitas ke sana ke mari biasanya rambut akan cenderung diikat sehingga bikin rambut jadi nggak beraturan. Ini nih yang bikin bete, apalagi kalau kamu sering naik motor, udah kena angin rambut juga terlalu lama tertutupi helm. Dijamin deh rambut udah nggak berbentuk lagi, meski kamu udah styling maksimal. Sisir aja nggak cukup untuk mengatasi kekesalanmu ini. Harus rajin-rajin deh bawa antifrizz atau gel buat diaplikasikan dengan jari biar rambut jadi lebih rapi, lagi.

3. Rambut bau, setara baunya asap kendaraan
Naik turun angkot atau bus kota, kena asap kendaraan plus paduan aroma asap sate yang mungkin jadi menu makan siang ini semua bikin rambut jadi bau. Apalagi buat wanita berambut panjang, ganggu. Padahal dari rumah udah wangi nih habis sampoan, pas nyampe kampus atau kantor bau lagi. Nah, hair parfume bisa jadi solusi mudah, tinggal semprot ke rambut dengan jarak minimal 15 cm lalu ratakan dengan jari. Wangi lagi, deh. Lumayan lah buat mengurangi bau yang menempel di rambut kamu.

4. Memotong rambut terlalu pendek
Ceritanya sih pengen ngikutin model rambut yang lagi happening lalu mengikuti gaya rambut dengan potongan yang tepat. Eh alhasil potongan rambut malah jauh dari harapan. Jatuhnya rambut malah nggak pas dan sesuai dengan wajah kamu. Padahal potongan yang bagus bakalan menunjang penampilan kamu, kan? Tapi ya gimana lagi, rambut udah terlanjur dipotong. Emang sebaiknya kamu harus pahami kalau model rambut yang tepat untuk setiap orang itu berbeda-beda. Mau model rambut yang lagi nge-tren sekalipun, ya belum tentu cocok juga sama kamu. Ya nggak?

5. Rambut berketombe, eh ketombenya ke mana-mana
Ketombe merupakan pengelupasan berlebih sel kulit mati yang menumpuk kulit kepala dan disebabkan karena kulit kepala yang berminyak dan lembab. Penyebab lainnya bisa karena pemakaian shampo yang nggak cocok, pemakaian pewarna rambut dan produk styling yang meninggalkan residu karena zat kimianya. Nah, paling sebel kalau kamu udah dandan maksimal dan pas banget lagi pakai baju hitam ketombe kamu berjatuhan kemana-mana. Bikin nggak bebas buat beraktivitas deh jadinya. PD nggak, malu sih iya. So, pastikan kamu sudah memilih sampo antiketombe ya.

Ada lagi masalah rambut yang bikin kamu kesel, ladies?