Brilio.net - Kamu yang suka gonta-ganti warna rambut mungkin telah mengalami banyak percobaan dalam mewarnai rambut, baik yang berhasil ataupun yang gagal. Mewarnai rambut memang membutuhkan eksperimen yang tricky. Mengapa? Karena salah-salah bila kamu tak cermat, hasilnya bisa tak sesuai dengan harapan, dan justru bisa merusak rambut indahmu.

Banyak kisah-kisah seperti hasil warna rambut yang tidak diinginkan, menyesal setelah bleaching, dan tagihan yang membuatmu kalang kabut setelah mengecat rambut di salon.

Nah, daripada kamu bingung harus bagaimana, di bawah ini adalah hal-hal yang ternyata perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk mengecat rambut, yang telah brilio.net lansir dari cosmopolitan, Rabu (18/11):


1. Konsultasi dengan penata rambut

7 Tips penting sebelum mengecat rambut, biar kamu tetap sehat & cantik
foto: rocketswag.com


Ada baiknya kamu mulai dengan berkonsultasi kepada penata rambut tentang kondisi rambutmu, dan warna rambut yang bagaimana yang cocok dengan karaktermu. Niscaya, kamu tak akan menyesal nantinya.


2. Introspeksi: Seberapa sering kamu mengecat rambut selama ini?

7 Tips penting sebelum mengecat rambut, biar kamu tetap sehat & cantikfoto: stylenoted.com

Frekuensi mengecat rambut juga menentukan sehat tidaknya rambutmu setelah dicat nanti. Jangan terlalu sering gonta-ganti warna rambut ya cantik!


3. Rajin mencari referensi warna rambut

7 Tips penting sebelum mengecat rambut, biar kamu tetap sehat & cantikfoto: wikihow.com

Sebelum mengecat rambut, ada baiknya kamu mencari referensi warna-warna rambut yang cocok dengan warna kulitmu. Jangan melulu mengecat rambut karena tren ya, girls. Sebab tak selalu warna rambut yang sedang tren pas diterapkan di rambutmu.


4. Kalau perlu bawa foto warna rambut yang ingin kamu coba

Loading...

7 Tips penting sebelum mengecat rambut, biar kamu tetap sehat & cantik
foto: beautyvis.com


Bawa foto warna rambut yang ingin kamu aplikasikan ke rambutmu, dan tunjukkan ke penata rambutmu. Hal tersebut akan membuat kamu dan penata rambutmu sama-sama tahu hasil seperti apa yang nanti kalian harapkan.


5. Jangan lupa pakai masker rambut

7 Tips penting sebelum mengecat rambut, biar kamu tetap sehat & cantik
foto: hudabeauty.com


Sebelum proses pengecatan, sehari sebelumnya, kamu bisa melakukan perawatan masker rambut untuk mempersiapkan rambutmu sebelum dicat nanti.


6. Gunakan sampo dan kondisioner yang berbeda

7 Tips penting sebelum mengecat rambut, biar kamu tetap sehat & cantikfoto: univservice.com

Setelah pengecatan nanti, ada baiknya kamu menggunakan sampo dan kondisioner yang berbeda, yang memang difungsikan untuk merawat rambut pasca pengecatan. Hal ini harus benar-benar kamu perhatikan agar rambutmu tetap terawat ya, girls.


7. Perlindungan rambut setelah diwarna juga perlu, lho!

7 Tips penting sebelum mengecat rambut, biar kamu tetap sehat & cantikfoto: wikihow.com

Setelah rambutmu diwarna nanti, perlindungan rambut setelah pewarnaan tersebut menjadi salah satu hal yang wajib kamu perhatikan. Gunakan topi, syal, atau semprotan UV protektor untuk melindungi dan mempertahankan warna rambut kamu dari sinar matahari.