Brilio.net - Kamu pasti pernah mendengar omongan orang bahwa kalau kamu menggunakan sampo yang sama dalam waktu yang lama, rambutmu akan kehilangan kemilau dan kekuatannya. Dengan begitu, kamu dianjurkan ganti sampo secara teratur. Hal ini juga termasuk produk perawatan rambut yang lain, semisal pelembap. Nah, namun benarkah kamu harus ganti produk untuk rambut? Harus segera atau nanti-nanti dulu?

Sebagaimana dilansir brilio.net dari Birchbox, Kamis (5/11), Doug Bielanski, direktur nasional pendidikan di Frederic Fekkai, salon top di New York, Amerika Serikat, menyampaikan bahwa untuk mengganti sampo atau produk rambut lainnya, kamu harus mempertimbangkan beberapa faktor. Apa saja itu? Yuk, simak!

1. Pergantian musim
"Rambut adalah bagian tubuh yang dinamis dan beragam yang terkena elemen-elemen, terutama cuaca atau iklim," kata Bielanski. Ini artinya pencocokan antara perawatan rambut dengan suhu dan lingkungan. Panas pada musim panas dapat membuat kulit kepala berminyak lebih dari biasanya, sehingga Bielanski merekomendasikan pilihan minim hidrasi dengan formula pengembang volume rambut untuk rambut terkesan mengembang sehat secara keseluruhan. Nah, kalau untuk musim dingin (ini info untuk kamu yang kemungkinan tinggal di negara empat musim), Bielanski menyarankan untuk memilih produk dengan bahan-bahan pelembap super untuk merehidrasi helaian rambutmu akibat terlalu kepanasan di bawah kelembapan lingkungan dalam ruangan.

2. Perubahan diet
Makanan berlemak dapat membuat rambutmu bersinar dan berkilau, lho. "Kalau kamu mengonsumsi asam lemak esensial dari daging merah atau alpukat, kamu bisa saja seperti hanya butuh sedikit produk pelembap," kata Bielanski. Namun bagi kamu yang tak banyak mengonsumsi makanan berlemak, rambutmu akan tampak kering. "Kamu butuh masker rambut selama lima menit, satu sampai dua kali seminggu, untuk membuat rambutmu lebih berkilau," imbuh Bielanski.

3. Proses penuaan, terlalu berlebihan perawatan atau perlakuan, dan perawatan medis
Bielanski menyatakan bahwa secara alami rambut berubah seiring pertambahan usia. Ketika rambut mulai menipis atau rapuh, kamu perlu sesuatu yang bisa mengembalikan kekuatan intrinsik. Bielanski menyarankan untuk melakukan perbaikan protein, seperti lebih banyak mengonsumsi kedelai atau susu, sebab bisa membantu memperbaiki rambut yang telah rusak oleh panas, perawatan atau perlakuan berlebihan, perawatan medis, bahkan kemoterapi atau radiasi.

Nah, sekarang kamu bisa mempertimbangkan tiga faktor di atas sebelum berganti produk rambut kamu. Jaga kesehatan rambutmu, ya!

Loading...