Brilio.net - Selama bulan puasa, kegiatan makan dan minum di siang hari harus dihentikan sementara waktu. Segala asupan yang masuk ke perut harus berhenti saat waktu imsyak tiba. Selanjutnya, kamu harus kembali berkegiatan sembari menunggu waktu berbuka tiba.

Nah nggak bisa dipungkiri akan ada beberapa perubahan yang terjadi dalam tubuh selama berpuasa. Selain kamu harus berlatih menahan rasa haus dan lapar, permukaan kulit juga bisa berubah lebih kering.

Ets, meski begitu bukan berarti jadi alasan untuk kamu nggak berpuasa ya. Karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Salah satunya dengan mengatur asupan air putih ketika berbuka dan juga sahur nih. Selain itu ubah pola hidup agar lebih sehat dengan melakukan olahraga meskipun sedang berpuasa.

Ada lagi nih beberapa tips untuk mengatasi kulit kering selama menjalankan puasa. Mau tahu? Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (10/4).

Loading...

1. Mengonsumsi sayuran.

Cara mencegah kulit kering selama berpuasa © freepik.com

foto: freepik.com

Bukan rahasia lagi kalau buah dan sayuran adalah sumber makanan sehat untuk mencukupi nutrisi tubuh. Bahan makanan ini perlu kamu masukkan dalam menu selama berpuasa. Pasalnya sebagian besar buah-buahan dan sayuran mengandung 90% air yang bisa mencukupi kebutuhan tubuhmu. Kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan bisa kamu dapatkan dari buah dan sayur. Manfaatnya bisa menjaga kulit dari kondisi kering selama beraktivitas di luar ruangan.

2. Menambah asupan buah.

Cara mencegah kulit kering selama berpuasa © freepik.com

foto: freepik.com

Selain sayuran kamu bisa menambah asupan tubuh dengan buah-buahan seperti beri, jeruk lemon, semangka, timun, kubis, tomat, bayam, anggur, dan brokoli. Nikmati buah ini dalam menu berbuka ataupun sahur sebagai sumber energi tubuh. Agar semakin maksimal, tambahkan juga asupan protein seperti salmon, telur, ayam dan karbohidrat yang tidak diproses seperti kentang atau ubi jalar.

3. Mencukupi kebutuhan air.

Cara mencegah kulit kering selama berpuasa © freepik.com

foto: freepik.com

Sabar, jangan buru-buru meminum air putih ketika puasa. Kamu bisa menikmatinya kalau azan maghrib sudah berkumandang. Memenuhi kebutuhan tubuh dengan air bisa membantu melembapkan kulit. Selain praktis, cara ini juga menghindarkanmu dari kondisi kulit kusam. Di samping itu, batasi mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, teh dan soda. Perlu kamu ketahui, kandungan tersebut dapat memicu timbulnya dehidrasi pada tubuh.

Sebagai solusi lain, kamu bisa menikmati kesegaran dari infused water dengan mentimun, mint, dan lemon. Bahan-bahan tersebut akan melembapkan kulit secara instan dengan vitamin yang terkandung di dalamnya. Aneka vitamin seperti B1, B2, B3, B5, B6, asam folat, Vitamin C, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium dan seng serta nutrisi menyehatkan lainnya bisa kamu rasakan dalam tubuh.

4. Melakukan olahraga.

Cara mencegah kulit kering selama berpuasa © freepik.com

foto: freepik.com

Menjalankan puasa bukan berarti kamu harus absen dari kegiatan olahraga. Justru dengan berolahraga akan menjaga tubuhmu dari serangan berbagai penyakit. Lakukan olahraga ringan secara rutin selama bulan Ramadhan. Dengan durasi sekitar 45 menit dengan jadwal 3-4 kali seminggu cukup untuk kamu lakukan. Lakukan olahraga menjelang waktu berbuka, setelah berbuka dan setelah makan sahur.

Jangan salah, dengan melakukan olahraga di bulan puasa bisa menghasilkan defisit kalori yang ideal bagi mereka yang ingin mengurangi persentase lemak tubuh mereka. Menurunkan tekanan darah, stres oksidatif dan bahkan risiko mengembangkan beberapa kanker juga dihasilkan dari berolahraga di bulan Ramadhan.

5. Istirahat cukup.

Cara mencegah kulit kering selama berpuasa © freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya jangan lupakan untuk memperbaiki kualitas istirahatmu. Memiliki waktu tidur yang cukup membantu untuk mengurangi berbagai risiko penyakit. Namun nggak bisa dipungkiri selama berpuasa, waktu tidur akan mengalami perubahan, terutama saat sahur. Jika berkemungkinan, kamu bisa mengambil istirahat sebentar di tengah waktu kerja. Mempertahankan waktu tidur selama 8 jam adalah pilihan yang baik.

Pasalnya, ketika kamu kurang tidur, berdampak pada penurunan energi dan bisa memperburuk konsentrasi. Sebagai cara lain kamu bisa memilih untuk tidur lebih cepat usai menjalankan salat tarawih. Cara ini bisa menambah durasi istirahatmu selama bulan puasa. Atur juga waktu sahur secara disiplin agar tubuh bisa mengikuti dengan teratur. Sehingga selama bulan puasa, kondisi badanmu tetap segar dan juga fit.

Perlu kamu ketahui, selama tidur hormon pertumbuhan dilepaskan yang memperbaiki jaringan kulit dan otot. Untuk perlindungan kulit ekstra, jangan lupa menerapkan tabir surya SPF di siang hari untuk manfaat anti penuaan.

6. Melakukan perawatan kulit.

Cara mencegah kulit kering selama berpuasa © freepik.com

foto: freepik.com

Tahap selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari kondisi kulit kering adalah dengan melakukan perawatan. Mulai dari pemilihan produk sampai dengan melakukan perawatan sesuai dengan kondisi kulit. Cobalah juga untuk mengeksfoliasi dan melembapkan kulit secara teratur selama bulan puasa.

Selain itu, disarankan untuk menghindari skincare yang mengandung alkohol dan pewangi. Alkohol adalah zat yang akan menghilangkan minyak alami kulit dan membuat kulit lebih kering.