Brilio.net - Air kelapa biasanya dijadikan minuman yang menyegarkan, apalagi jika dicampur dengan sirup dan es. Minum air kelapa muda sangat cocok saat cuaca panas, sehingga benar-benar melegakan. Karena itulah, air kelapa muda sangat cocok dikonsumsi pada saat sedang beraktivitas berat dan banyak mengeluarkan keringat.

Di dalam air kelapa muda mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh, di antaranya yaitu vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, dan lain-lain. Dengan kandungan tersebut, membuat air kelapa bisa dikonsumsi secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun ternyata tak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh saja, air kelapa juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan, lho! Air kelapa tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan yang baik, tetapi juga memberikan manfaat bagi kulit hingga rambut.

Usut punya usut, mencuci wajah dengan air kelapa dapat memberikan kilau instan pada kulit. Selain itu air kelapa juga membuat kulit menjadi lembut, dengan mengoreksi warna kulit yang tidak rata, sekaligus bisa digunakan sebagai pelembap alami.

Loading...

Mengonsumsi air kelapa juga dipercaya dapat mengontrol dan mencegah tanda-tanda penuaan yang muncul pada kulit serta menyeimbangkan pertumbuhan sel-sel kulit. Jadi, air kelapa bukan sekadar air yang dapat menyegarkan tubuh, tapi juga bisa dijadikan bahan perawatan tubuh.

Berikut 10 manfaat air kelapa untuk kecantikan dan cara penggunaannya, brilio.net rangkum dari boldsky.com pada Kamis (12/11).

1. Menghidrasi kulit.

Air kelapa untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Air kelapa bermanfaat untuk memberi kelembapan dan menghidrasi kulit. Ini artinya kulit menjadi tidak mudah kering dan bersisik. Mengoleskan air kelapa ke kulit adalah cara terbaik untuk melembapkan. Tambahkan sedikit jus lemon dan madu ke air kelapa, kemudian oleskan ke seluruh wajah. Biarkan beberapa saat dan bilas dengan air yang bersih.

2. Mengurangi tanda penuaan.

Air kelapa untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tanda penuaan yang sering muncul pada kulit yaitu adanya keriput dan bercak hitam pada wajah. Air kelapa mengandung sitokinin dan anti oksidan. Kandungan pada air kelapa tersebut dapat mencegah kulit keriput dan mencegah penuaan dini.

Air kelapa dikenal dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Caranya mudah, tambahkan 2 sdm yogurt ke dalam 1 sdm air kelapa. Kemudian oleskan campuran ini pada wajah. Biarkan beberapa saat dan bilas.

3. Mengurangi pigmentasi berlebihan pada kulit.

Air kelapa untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Air kelapa adalah cara alami untuk mengurangi pigmentasi. Selain itu, air kelapa juga dapat menyembuhkan kulit kemerahan setelah berjemur, dan meratakan warna kulit.

Untuk mengurangi pigmentasi dengan air kelapa caranya, buat pasta encer dari multani mitti dengan menambahkan air kelapa. Campuran ini kaya akan kandungan vitamin C yang membantu menghilangkan pigmentasi yang tidak merata. Oleskan campuran tersebut di bagian wajah yang mengalami pigmentasi, diamkan, lantas bilas dengan air bersih.

4. Mengobati infeksi pada kulit.

Air kelapa untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kulit yang terkena bakteri atau jamur dapat menyebabkan munculnya iritasi dan infeksi pada kulit. Air kelapa membantu mencegah dan mengatasi infeksi kulit ringan ini. Cukup oleskan air kelapa ke seluruh kulit dan bilas. Sifat antibakteri air kelapa dapat memerangi banyak infeksi kulit.

5. Mencegah dan mengobati jerawat.

Air kelapa untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Air kelapa adalah salah satu pengobatan terbaik untuk mengobati jerawat. Tambahkan madu ke dalam air kelapa. Rendam bola kapas dalam larutan ini, kemudian oleskan pada area yang berjerawat dan bilas setelah beberapa saat. Lakukan secara teratur untuk menghilangkan jerawat.

6. Membuat rambut berkilau.

Air kelapa untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Air kelapa adalah cara terbaik untuk melembapkan dan menambah kilau pada rambut. Air kelapa dapat digunakan sebagai pembilas rambut setelah kramas. Caranya, setelah keramas bilas rambut dengan air kelapa. Diamkan beberapa menit, sambil memijat-mijat kepala, lalu bilas dengan air bersih. Fungsi air kelapa ini dapat melembapkan rambut, memberi nutrisi pada rambut sekaligus membuat rambut nampak lebih bervolume.

7. Merangsang pertumbuhan rambut.

Air kelapa untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Air kelapa menyediakan semua mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan kalium yang kaya dalam air kelapa merangsang pertumbuhan rambut. Cara merangsang pertumbuhan rambut ini juga sama dengan cara sebelumnya, yaitu dengan menggunakan air kelapa sebagai pembilas rambut.

8. Mencerahkan kulit.

Air kelapa untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selain manfaatnya mengurangi pigmentasi berlebihan pada kulit, air kelapa juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Jadi setelah warna kulit mulai merata, air kelapa akan berfungi mencerahkan kulit. Caranya mudah, campurlah air kelapa dengan susu segar dan jus mentimun. Aduk rata dan oleskan pada wajah sebagai masker. Diamkan hingga meresap pada kulit, lalu bilas wajah dengan air dingin.

9. Membersihkan kulit dari dalam.

Air kelapa untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mengonsumsi air kelapa secara teratur dapat memberikan manfaat untuk kulit, salah satunya yaitu membersihkan kulit dari dalam. Sehingga kulit menjadi sehat, lembap, lembut dan bercahaya secara alami.

10. Menurunkan berat badan.

Air kelapa untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Berat badan yang berlebihan sering kali membuat wanita kehilangan kepercayaan diri. Mereka menganggap kelebihan berat badan menjadikan bentuk tubuh jadi tidak proporsional.

Manfaat air kelapa yang terakhir yaitu dapat menurunkan berat badan. Manfaat air kelapa muda biasanya dipengaruhi oleh kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Dengan meminumnya setiap hari, diimbangi olahraga dan konsumsi makanan sehat lain, cara ini dapat membantumu turun berat badan.