Brilio.net - Memiliki rambut sehat pasti jadi dambaan setiap orang. Tapi nggak gampang lho puya rambut sehat. Ketombe biasanya sih menjadi masalah rambut yang sering dialami banyak orang. Jangan anggap sepele ya. Bukan hanya kamu saja para ladies yang kerap menghadapi masalah ini. Bahkan, para cowok justru kelompok yang lebih banyak berhadapan dengan ketombe.

Nah, menurut Head of Marketing Hair Care Unilever Indonesia Asima Haq ternyata bukan hanya stres saja yang dapat menimbulkan ketombe namun juga ada faktor lain.

Ketombe © 2016 brilio.net

“Makanan menjadi salah satu faktor utama timbulnya ketombe. Jadi disarankan makan makanan yang mengandung betacarotine yang ada pada sayuran berwarna orange. Selain itu juga sayuran yang memiliki kandungan vitamin A agar kulit kepala kita tetap sehat dan lembap,” ujarnya saat ditemui brilio.net dalam acara Clear kegiatan Ice Cool Bus kampanyekan ‘Indonesia Bebas Ketombe’ beberapa waktu lalu.

Nah, bagi kamu yang memiliki masalah ketombe, selain menjaga pola makan, ini dia tips agar kamu terhindar dari ketombe.

1. Gunakan helm sendiri.

Ketombe © 2016 brilio.net

Loading...

foto: beautyhealthtips.in

Ini untuk kamu yang sering mengendarai motor. Biasakan memakai helm milik sendiri ya untuk menjaga kehigienisan rambut kamu dan terhindar dari bakteri. Tapi jika harus menggunakan helm milik orang lain, gunakan hairnet.

2. Jangan lupa keramas.

Ketombe © 2016 brilio.net

foto: wisegeek.com

Biasakan keramas setiap hari atau dua hari sekali menggunakan shampo anti ketombe yang pastinya dapat membantu mengurangi ketombe pada rambut kamu

3. Cuci rambut sehabis olahraga.

Ketombe © 2016 brilio.net

foto: Stuff.co.nz

Bagi kamu yang suka olahraga, biasakan setelah olahraga mandi dan juga keramas. Karena keringat yang ada di rambut setelah olahraga dapat memicu timbulnya ketombe.

4. Perawatan khusus hijaber.

Ketombe © 2016 brilio.net

foto: hkiya.org.hk

Nah, bagi kamu yang berhijab, biasakan keramas rutin setiap hari karena dengan pemakaian hijab yang tertutup membuat kulit kepala lembap dan dapat memicu timbulnya ketombe.