Brilio.net - Leher merupakan salah satu bagian tubuh yang seringkali luput dari perawatan. Padahal, kulit di bagian leher merupakan wilayah yang paling cepat menua. Biasanya kalau jarang dirawat, akan muncul lipatan kulit leher yang berwarna hitam dan nampak bergaris-garis seperti selulit. Kalau sudah seperti ini, kepercayaan diri tentu akan semakin menurun.

Untuk mengatasinya tak cukup hanya dengan pelembap. Namun kabar baiknya, kamu tak perlu memakai produk kecantikan yang harganya selangit. Pasalnya, ada beberapa ramuan sederhana yang ampuh untuk memberantas lipatan hitam di leher.

Bahan-bahannya pun sangat mudah ditemukan dan tidak mahal. Apa saja ya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (1/6).

1. Baking soda.

Loading...

cara alami berantas bercak hitam di lipatan leher © 2017 berbagai sumber

foto: draxe.com

Nggak diragukan lagi, baking soda dianggap memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menghilangkan noda serta mencerahkan warna kulit. Kamu hanya perlu menyiapkan baking soda dan air.

Campur keduanya hingga membentuk seperti pasta gigi. Kemudian oleskan pada seluruh lipatan leher yang menghitam, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih. Supaya hasilnya maksimal, sebaiknya lakukan treatment sederhana ini seminggu dua kali.

2. Lemon dan garam.

cara alami berantas bercak hitam di lipatan leher © 2017 berbagai sumber

foto: farmpretty.com

Lemon tak cuma bisa menyingkirkan sel-sel kulit mati, namun juga membantu dalam membersihkan kulit. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Mudah saja, kamu tinggal memotong lemon dan tambahkan pada semangkuk garam.

Gosokkan secara perlahan-lahan pada leher serta diamkan selama dua sampai tiga menit. Basuh dengan air hangat lalu bersihkan leher kamu.

3. Kentang.

cara alami berantas bercak hitam di lipatan leher © 2017 berbagai sumber

foto: stylesatlife.com

Kentang juga terbukti ampuh untuk untuk melenyapkan kulit leher yang menghitam. Cara penggunaannya mudah sekali. Kamu tinggal menggosokkan irisan kentang pada kulit leher. Lakukan cara ini secara teratur sekurang-kurangnya selama dua minggu sampai warna kulit leher kembali normal.

4. Air beras.

cara alami berantas bercak hitam di lipatan leher © 2017 berbagai sumber

foto: istimewa

Air sisa pencucian beras merupakan cairan yang sangat efektif untuk membersihkan dan memutihkan kulit leher. Lakukan pijatan lembut pada leher dengan air beras selama 10 menit sebelum mandi. Poleskan secara merata hingga kulit basah. Makin basah kulit, makin gampang untuk melarutkan kotoran dan bercak-bercak hitam.

5. Oat.

cara alami berantas bercak hitam di lipatan leher © 2017 berbagai sumber

foto: stylecraze.com

Bersama dengan tomat, oat juga ampuh untuk mencerahkan kulit leher. Caranya, haluskan oat terlebih dahulu sebelum mencampurkannya dengan tomat. Oleskan campuran tersebut di leher dan biarkan selama 20 menit.

Kemudian basahi ujung jari dengan sedikit air dan gosok leher. Bilas campuran tersebut dengan air dan berikan pelembab pada leher. Lakukan proses tersebut selama 2-3 kali dalam seminggu demi mendapatkan hasil yang lebih cepat dalam menghilangkan bercak-bercak hitam pada leher.