Brilio.net - Stroberi merupakan salah satu jeni buah-buahan yang paling banyak diminati karena rasanya yang asam manis, serta menyegarkan. Bahkan tak jarang buah ini kerap diolah menjadi sajian lezat, mulai dari minuman hingga camilan.

Dibalik rasanya yang enak, stroberi menyimpan banyak khasiat untuk kecantikan. Kandungan antioksidan, vitamin, dan nutrisi lainnya memberikan sejuta manfaat untuk kesehatan kulit.

Dilansir dari liputan6.com, ahli gizi dari seluruh dunia mulai meresepkan stroberi untuk banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Hal ini dikarenakan adanya warna merah tua pada stroberi yang disebabkan karena anthocyanidin, yaitu antioksidan yang kuat untuk membantu tubuh melawan peradangan, kanker, dan masalah jantung tertentu.

Apa saja manfaatnya untuk kecantikan? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Senin (26/10).

Loading...

1. Menjadikan rambut sehat dan berkilau.

Manfaat stroberi untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Stroberi memang sudah dikenal sebagai bahan alami untuk memperindah rambut. Banyak orang menjadikan stroberi sebagai masker rambut. Alhasil rambut menjadi lebih lembut dan berkilau. Hal ini dikarenakan adanya nutrisi efektif untuk mencegah penipisan rambut, ketombe, dan infeksi jamur.

2. Menghilangkan kerutan di wajah.

Manfaat stroberi untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Elastisitas kulit ditingkatkan dengan bantuan dari kolagen yang dihasilkan oleh vitamin C. Saat elastisitas kulit berkurang, kamu akan terlihat lebih tua dan lebih keriput.

Stroberi sangat membantu untuk menghilangkan keriput di wajah. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin dan juga menjadikannya sebagai masker wajah.

3. Menurunkan berat badan.

Manfaat stroberi untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Hampir setiap orang menginginkan berat badan ideal, tak jarang mereka pun melakukan diet ketat. Stroberi mengandung serat sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai bahan alami untuk menurunkan berat badan.

Kandungan serat pada stroberi bisa memberikan rasa kenyang bila kamu makan stroberi sebelum makan. Faktor lainnya adalah adanya kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan metabolisme untuk membakar kalori lebih cepat.

4. Menyamarkan noda hitam.

Manfaat stroberi untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Noda hitam seperti terbakar sinar matahari dan juga bekas jerawat memang sangat mengganggu. Oleh karenanya, kamu harus rajin membersihkan muka. Nah cara ampuh lainnya, kamu bisa memanfaatkan stroberi.

Hancurkan tiga buah stroberi, tambah satu sendok perasan lemon dan aduk hingga jadi pasta. Aplikasikan pada wajah, diamkan selama sekitar 15 menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

5. Menghilangkan mata panda.

Manfaat stroberi untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Mata panda muncul ketika seseorang mengalami masalah dengan jam tidur. Agar penampilan tetap maksimal tanpa mata panda, kamu bisa mengaplikasikan stroberi ke bagian mata yang menghitam. Kandungan alpha hydroxy akan membuat kulit sekitar mata lebih lembut.

6. Memutihkan gigi.

Manfaat stroberi untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Memiliki gigi putih, tentunya membuat seseorang jauh lebih percaya diri ketika tertawa, tersenyum dan bicara. Kandungan vitamin C yang tinggi pada stroberi dapat melawan pembentukan plak yang membuat gigi kita terlihat menguning.

Caranya, campurkan stroberi dengan baking soda, campur merata hingga menjadi pasta. Dengan sikat gigi berbulu sikat halus, usapkan secara merata pasta gigi stroberi tersebut ke seluruh lapisan gigi kita, diamkan selama lima menit, lalu sikat gigi dengan pasta gigi yang biasa kita pakai.

7. Melawan jerawat.

Manfaat stroberi untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Banyak sekali produk kecantikkan yang berbahan dasar stroberi. Pasalnya senyawa yang terkandung di dalamnya mampu membantu melawan penyumbatan radikal bebas di pori-pori kulit yang membuat kulit kita lebih bersih dan sehat.