Brilio.net - Kopi dikenal sebagai minuman yang dapat mencegah rasa kantuk. Zaman dulu, kopi identik dengan minuman kegemaran bapak-bapak. Namun, seiring berjalannya waktu, saat ini banyak anak muda yang gemar minum kopi. Banyak kafe yang menyediakan aneka kopi dengan berbagai jenis rasa.

Nggak sekadar menjadi minuman kekinian yang bisa mencegah kantuk, kopi juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh lho! Biji kopi yang berwarna cokelat ini dikenal sebagai obat melawan kantuk karena kandungan kafein yang tinggi. Namun beberapa tahun belakangan kopi dimanfaatkan untuk produk kecantikan atau kosmetik. Kopi dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit dan hadir dalam berbagai bentuk produk kecantikan seperti krim, masker hingga lotion.

Kopi bisa menjadi alternatif perawatan kulit, karena antioksidan pada kopi mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Menurut berbagai sumber, kopi juga menyimpan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, glikosida, mineral, asam amino, protein, kafein, asam karboksilat, trigonelline dan asam klorogenat.

Nah, penasaran kan apa saja manfaat kopi untuk kecantikan? Berikut 30 manfaat kopi untuk wajah, rambut, dan tubuh, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (8/7)

Loading...

Manfaat kopi untuk wajah.

kopi untuk wajah, rambut, dan tubuh © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Menyamarkan kantung mata.

Tanpa disadari seseorang yang terbiasa begadang atau kurang tidur akan memiliki kantung mata hitam. Nah kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam kopi ampuh mengembalikan kesegaran kulit dan mengatasi lingkar hitam gelap di bawah mata. Yang kamu butuhkan hanya bubuk kopi dan juga minyak kelapa yang dihangatkan sebentar. Caranya campurkan 2 sdt kopi dan 1 sdt minyak kelapa. Aduk rata hingga menjadi pasta. Oleskan pada bagian bawah mata. Diamkan selama 10 menit. Bersihkan dan bilas dengan air. Untuk hasil yang lebih cepat kamu bisa melakukannya secara rutin sebelum tidur.

2. Mengatasi dan menyamarkan bekas jerawat.

Jerawat sering membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Selain mengganggu, kondisi ini juga menimbulkan rasa sakit. Ketika jerawat muncul, sebagian orang akan berusaha untuk menghilangkan dan mengatasinya dengan berbagai cara. Namun bukannya hilang dengan sempurna tetapi jerawat malah terkadang meninggalkan bekas yang membandel. Nah, kamu dapat menggunakan masker kopi. Sebab kandungan antiinflamasi pada kopi mampu mengatasi masalah dari bakteri, termasuk jerawat ini.

3. Mengecilkan pori-pori.

Wanita yang memiliki pori-pori wajah besar tentu dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Meski terkadang disebabkan faktor genetik atau keturunan. Seperti kita tahu perempuan memang lebih menjaga penampilan dibandingkan dengan laki-laki. Perempuan juga senang merias wajah, tapi hal ini ternyata dapat menjadi penyebab pori-pori seseorang terlihat menjadi lebih besar. Sebab makeup dapat menutupi kelenjar minyak sehingga sel kulit mati menjadi terperangkap dalam folikel. Apabila rutin menggunakan kopi sebagai masker makan secara bertahap pori-pori di wajah dapat semakin mengecil dan wajah akan halus.

4. Mengatasi wajah berminyak.

Jenis kulit setiap orang memang berbeda, ada yang kering, normal, sensitif, berjerawat, hingga berminyak. Kulit berminyak ini terkadang membuat seseorang juga akan lebih rentan mengalami jerawat. Selain memberikan efek kusam, kotoran dan debu akan semakin mudah untuk menempel dan masuk ke pori-pori. Penggunaan masker kopi dapat mengatasi wajah berminyak ini sehingga wajah lebih lembab apabila kamu rutin menggunakannya.

5. Mengatasi wajah kusam.

Kafein yang terkandung dalam biji kopi nggak hanya mampu menahan rasa kantuk, namun juga dapat mengatasi efek wajah yang kusam dan memberikan efek menyegarkan kulit. Manfaat kopi untuk kecantikan wajah kusam ini bisa kamu coba dengan menggunakan air kopi yang sudah dibekukan untuk ice facial. Cara membuatnya pun mudah cukup membuat secangkir kopi kental kemudian masukkan ke cetakan es, lalu bekukan. Setelah beku balurkan es kopi ke bagian wajah.

6. Manfaat anti penuaan.

Manfaat kopi selanjutnya yakni, untuk perawatan antiaging atau antipenuaan. Karena sifatnya yang ampuh mengangkat kotoran, kopi dapat merangsang pertumbuhan regenerasi sel. Rutin melakukan scrubbing nggak hanya membuat kulit menjadi bersih dan cerah, namun juga membuatnya kencang. Lebih menariknya lagi kopi yang mengandung antioksidan ini mampu manangkal radikal bebas yang bisa menyamarkan garis-garis halus pada wajah dan menjaga penampilan tetap awet muda. Kamu juga dapat memanfaatkan antipenuaan kopi dengan membuat masker kopi dicampur dengan beberapa tetes minyak zaitun. Aplikasikan campuran bahan tersebut pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

7. Mengurangi komedo.

Nggak hanya mengatasi jerawat saja, manfaat kopi juga bisa untuk mengurangi komedo pada kulit wajah. Kandungan kafein pada kopi bekerja secara efektif mengurangi ukuran sel-sel lemak dan minyak yang menjadi penyebab utama munculnya komedo. Bila kamu ingin menghilangkan komedo dengan cara alami, cukup gunakan masker kopi. Dengan mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air. Oleskan pada area wajah yang berkomedo, lalu gosok secara perlahan beberapa saat. Kemudian bilas dengan air bersih.

8. Menghidrasi bibir.

Manfaat kopi untuk kecantikan juga dapat dimanfaatkan sebagai lulur bibir. Bibir adalah penyumbang senyum terbesar, oleh karena itu penting untuk menjaga bibir tetap terhidrasi dan sehat.

Hal ini dapat dilakukan dengan minum cukup air, menggunakan lip balm setiap hari, dan menghilangkan kulit kering. Caranya, campur 1 sdt bubuk kopi dengan 2 sdt minyak zaitun. Campur kedua bahan dalam cangkir atau mangkuk hingga tercampur. Oleskan scrub ke bibir dan gunakan jari untuk memijat lulur dengan gerakan melingkar. Gunakan minimal 3 kali seminggu. Bilas dengan air lalu oleskan pelembab favoritmu.

9. Mengangkat sel kulit mati.

Manfaat kopi untuk wajah yang selanjutnya adalah mengangkat sel kulit mati. Selain itu, butiran bubuk kopi juga mampu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan menstimulasi sirkulasi darah di bawah kulit. Hal ini membuat masker kopi baik digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan membuat kulit wajah tampak lebih segar.

10. Menenangkan kulit wajah.

Manfaat kopi untuk wajah yang selanjutnya adalah menenangkan kulit wajah. Kopi memang dapat memberikan efek stimulasi bagi tubuh saat dikonsumsi. Namun, saat dijadikan sebagai masker kopi, kandungan antioksidannya mampu menenangkan kulit wajah sehingga dapat mengatasi iritasi pada kulit akibat paparan sinar matahari atau penggunaan produk tertentu.

Manfaat kopi untuk rambut.

kopi untuk wajah, rambut, dan tubuh © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

11. Meningkatkan pertumbuhan rambut.

Membilas rambut dengan kopi diikuti dengan pijatan kepala cepat merangsang folikel rambut dan sangat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan rambut.

Yang kamu butuhkan, 2 sdm kopi bubuk dan 1 cangkir air panas. Lalu seduh kopi kental dan sisihkan hingga dingin. Keramas rambutmu seperti biasa dan peras kelebihan air di rambutmu. Miringkan kepalamu ke belakang dan tuangkan kopi ke kulit kepala dan rambutmu.

Pijat kulit kepalamu selama 3-5 menit. Tutupi rambutmu dengan shower cap dan biarkan selama 20-30 menit. Lalu bilas rambutmu hingga bersih. Gunakan perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

12. Melembapkan rambut.

Kopi yang dicampur dengan madu dan minyak zaitun dapat memberikan kelembapan alami pada rambut. Masker ini memastikan rambutmu kian berkilau terhidrasi karena zaitun dan madu sama-sama memiliki sifat melembabkan. Di sisi lain kopi kaya kandungan antioksidan, jika dikombinasikan, keduanya dapat mengatasi rambut kering. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menampurkan 1 sdm kopi, 1 sdm madu, dan minyak zaitun. Kemudian aduk rata hingga berbentuk pasta. Oleskan pada rambut dari akar ke ujung. Biarkan selama setidaknya setengah jam. Bilas dan cuci dengan sampo ringan.

13. Membersihkan kulit kepala.

Masker kopi yang dicampur dengan lemon dan yogurt dapat bekerja sebagai kondisioner. Selain itu, masker ini juga membantu rambut terhindar dari kusut, dan menghaluskan kutikula rambut. Sedangkan lemon dan kopi akan membersihkan dan mengelupaskan kulit kepala jadi menghasilkan rambut yang kenyal dan sehat. Caranya, campur satu cangkir yogurt tawar, satu sendok makan bubuk kopi, dan sedikit jus lemon ke dalam mangkuk. Aduk rata lalu oleskan pada rambut. Diamkan selama 30-40 menit. Cuci rambut dengan air hangat.

14. Mencegah rambut rontok.

Kopi merangsang folikel rambut dan melawan kerontokan rambut. Kamu dapat menyaksikan rambut rontok seiring bertambahnya usia, baik pada pria mau pun wanita. Aplikasi topikal dari formulasi kafein telah terbukti dapat mengurangi kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhannya kembali.

Pada pria, kebotakan sebagian besar terjadi karena hormon seks dihidrotestosteron (DHT). Ini merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok. Kafein dapat memblokir efek DHT pada folikel rambut pria. Ini juga akan memperpanjang fase anagen (pertumbuhan rambut). Wanita dengan kadar DHT tinggi juga dapat mengalami kerontokan rambut, dan juga bisa mengatasi masalah ini dengan kopi.

15. Menggelapkan warna rambut.

Sebagian orang mungkin pernah mengalami rambut dengan warna yang memudar karena terpapar matahari. Untuk mengembalikan warna alami rambut, kamu bisa menggunakan masker kopi untuk rambut. Manfaat kopi dapat menggelapkan warna rambut seperti sedia kala jika digunakan sebagai cat rambut.

Perlu diingat, manfaat tersebut hanya berlaku untuk kamu yang pada dasarnya memiliki rambut berwarna cokelat dan hitam. Dan untuk hasil terbaik, gunakan kopi yang kental seperti jenis espresso.

16. Merawat rambut bercabang.

Campuran kopi dan mayonaise bisa membantu rambut tambah berkilau, memperbaiki struktur rambut, dan merawat rambut bercabang. Campurkan satu sendok makan bubuk kopi, satu sendok makan mayones, dan satu sendok teh gliserin alami. Bersihkan rambut kepala terlebih dulu. Oleskan masker ke seluruh rambut saat masih basah. Biarkan selama 40-45 menit. Cuci bersih rambut dengan sampo ringan dan air dingin.

17. Meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Minyak kopi dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan merangsang folikel rambut. Fitosterol dalam kopi meningkatkan retensi dan penyerapan kelembapan. Caranya, panaskan 2 cangkir minyak biasa (minyak kelapa, minyak almond, atau minyak zaitun). Tambahkan 1/4 cangkir biji kopi panggang, tutup dan masak dengan api kecil selama 7-8 jam. Aduk rata dan pastikan supaya tidak gosong. Kemudian matikan api setelah sekitar 8 jam. Saring minyak ke toples kaca bersih setelah dingin. Kamu juga dapat menambahkan minyak esensial seperti minyak lavender, minyak rosemary, atau minyak peppermint, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Simpan di lemari es atau tempat dingin. Kemudian oleskan langsung minyak kopi ini pada kulit kepala untuk pertumbuhan rambut.

18. Meningkatkan kilau rambut.

Manfaat kopi untuk kesehatan rambut yang ketiga adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kilau rambut. Sifat antioksidan dan nutrisi dari kafein akan memperkuat folikel rambut sekaligus menambah kilau pada rambut.

Selain itu membilas rambut dengan kopi dapat mengurangi kusamnya rambut dan membuatnya lebih halus. Manfaat kopi untuk kesehatan rambut ini juga dapat mengurangi rambut kusut dan mengembalikan penampilan rambut.

19. Menyeimbangkan ph rambut.

Peneliti menemukan bahwa rambut dan kulit kepala secara alami bersifat asam. Serat rambut memiliki pH 3,67, sedangkan kulit kepala memiliki pH 5,5. Menggunakan produk rambut yang memiliki nilai pH lebih tinggi akan menyebabkan kerusakan pada rambut.

Sebagai solusi dari masalah tersebut, kamu bisa mengaplikasikan kopi ke rambut secara berkala. Tindakan ini dapat membantu menyeimbangkan kembali tingkat pH rambut dan kulit kepala, sehingga menurunkan risiko kerusakan pada rambut.

20. Mengeksfoliasi kulit kepala.

Nggak hanya untuk tubuh, kopi juga dapat digunakan sebagai scrub kulit kepala. Gunanya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di kulit kepala. Setiap kali kamu merasa kulit kepala sangat berminyak dan kotor, gunakanlah masker rambut kopi untuk mengatasinya. Hal ini dapat membuat kulit kepala menjadi bersih dan segar.

Manfaat kopi untuk tubuh.

kopi untuk wajah, rambut, dan tubuh © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

21. Menurunkan berat badan.

Jangan sedih bila memiliki bentuk tubuh yang sedikit tambun, karena ada berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan meminum kopi secara rutin dan dengan takaran yang pas. Pernah ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa biji kopi mengandung senyawa yang bernama klorogenat, dan kafein yang bisa menurunkan berat badan seseorang. Jadi selain mengatur pola makan, program dietmu akan lebih berjalan dengan lancar bila mengonsumsi kopi.

22. Mengurangi tingkat stres dan depresi.

Apabila seseorang sedang merasa depresi karena pekerjaan yang menumpuk atau sedang dikejar deadline tugas, kopi merupakan salah satu minuman yang pas untuk mengobati dan mengurangi perasaan tersebut. Buatlah secangkir kopi hangat sesuai selera kalian, setelah itu pasti akan merasakan perasaan rileks, bahagia dan lebih semangat untuk melanjutkan aktivitas kalian kembali.

23. Meningkatkan produktivitas.

Sudah bukan lagi rahasia umum bila kopi mengandung kafein yang tinggi. Wajar bila kopi sering dikonsumsi oleh mereka para pekerja keras, untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka. Pasalnya kafein bisa mengirim efek stimulan pada saraf pusat yang ada di dalam tubuh, sehingga lebih produktif.

24. Membuat otak lebih cerdas.

Universitas Harvard pernah melakukan penelitian tentang kopi, dan membenarkan pernyataan tentang kopi yang bisa mencerdaskan otak. Kafein yang terkandung di dalam kopi ternyata mambu membuat otak berfungsi dengan baik, dan bisa mengingat informasi lebih lama. Jadi kopi sangat cocok untuk teman belajar kalian dikala kalian sedang merasa suntuk.

25. Dapat mencegah diabetes.

Umumya penyakit tersebut dapat terjadi karena pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Penyakit diabetes dapat terjadi karena hormon insulin yang terdapat di dalam tubuh itu berkurang. Sehingga tidak bisa mengikat dan mengatur kadar gula di dalam darah, dengan mengonsumsi kopi secara teratur dan takaran yang pas, ternyata bisa ampuh mencegah terjadinya diabetes. Tetapi juga harus diimbangi dengan olah raga yang teratur serta menjaga pola makan.

26. Meredakan sakit kepala.

Patinya tidak ada orang yang ingin terserang sakit kepala kan? Namun bila anda sedang mengalami hal tersebut, salah satu cara yang paling aman untuk meredakan rasa sakit itu adalah dengan mengonsumsi kopi hitam secukupnya. Jadi kalian tidak usah repot-repot membeli obat pereda sakit kepala, cukup membuat secangkir kopi hitam hangat di rumah.

27. Menambah antioksidan dalam tubuh.

Zat antioksidan tidak hanya terdapat di dalam buah atau sayuran segar saja. Ternyata di dalam kopi juga ada. Di dalam tubuh antioksidan juga merupakan salah satu zat yang paling penting bagi tubuh. Pasalnya, antioksidan sangat bermanfaaat untuk menangkal racun-racun yang ada di dalam tubuh, akibat pola hidup yang tidak sehat, kurang berolah raga dan terpapar polusi saat di jalan.

28. Memperkuat tulang.

Sebagian orang berasumsi bahwa kalsium bisa didapat bila mengonsumsi susu secara teratur. Hal memang benar adanya, namun ada hal yang perlu kalian ketahui, jika kalsium juga bisa didapat dengan meminum kopi secara teratur. Bila tubuh mendapatkan kalsium yang cukup, maka semua tulang yang ada di dalam tubuh akan lebih kuat dan terhindar dari pengeroposan tulang.

29. Meningkatkan stamina.

Kafein yang terkandung dalam kopi ternyata bisa membantu tubuh untuk menyimpan energi saat sedang berolahraga. Jadi sebelum berolahraga, sebaiknya mengonsumsi kopi terlebih dahulu. Jadi pada saat olahraga, kalian memiliki stamina dan performa yang stabil, sehingga kamu tak mudah lelah.

30. Menambah nutrisi dalam tubuh.

Minum kopi lebih dari satu gelas setiap harinya, membuat kesehatan tubuh akan semakin meningkat. Pasalnya selain mengandung kafein, kopi juga mengandung sebuah zat-zat seperti Riboflavin, Pantothenic Acid, Manganese and Potassium, Magnesium and Niacin.