Brilio.net -  Jerawat sering menjadi permasalahan yang dapat mengganggu penampilan. Tidak hanya bagi wanita, jerawat juga sering membuat kepercayaan diri laki-laki terganggu. Jerawat dapat muncul di berbagai bagian tubuh. Namun jerawat di area wajah menjadi bagian yang paling sering terkena jerawat, terutama di T-zone spot.

T-zone merupakan sebutan untuk area dahi, hidung, dan dagu. Area inilah yang sering memproduksi minyak berlebih yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Terkadang beberapa orang merasa tidak sabar dalam mengatasi permasalahan jerawat, lalu kemudian berusaha mencongkel jerawat yang muncul. Padahal, tindakan ini bukanlah hal yang tepat.

Mencongkel jerawat dapat menimbulkan permasalahan baru dari tangan yang tidak bersih. Selain itu juga dapat meninggalkan bekas jerawat berupa warna yang menggelap hingga tekstur yang tidak rata. Selain muncul di wajah, jerawat juga bisa muncul di punggung. Untuk kaum hawa yang gemar memakai busana dengan model backless, hal ini tentu akan membuat kesal.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan cara dan bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat yang tumbuh di wajah maupun di punggung. Berikut 35 cara menghilangkan jerawat di wajah dan punggung secara alami, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (29/6).

Loading...

Cara menghilangkan jerawat di wajah.

Cara menghilangkan jerawat di wajah dan punggung © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Membersihkan wajah secara tepat.

Membersihkan wajah menjadi hal yang wajib dilakukan dalam merawat kulit. Karena polusi dan berbagai kotoran yang dihasilkan setelah seharian beraktivitas dapat memicu permasalahan baru jika tidak dibersihkan secara tepat.

Cara membersihkan wajah dengan tepat bisa dengan memilih produk perawatan kulit yang disesuaikan dengan kondisi kulit. Produk perawatan untuk kulit berminyak, kulit kering, atau kulit kombinasi sudah dapat banyak ditemukan di supermarket dengan berbagai harga.

2. Kompres dengan air hangat.

Jika jerawat muncul di area hidung, kamu dapat mengompres hidung menggunakan air hangat menjadi salah satu cara mudah dan juga hemat dalam menghilangkan jerawat di hidung. Dengan mengompres hidung, dapat mengurangi nyeri akibat peradangan jerawat. Cara mengompres hidung tidaklah sulit. Cukup dengan mengompres air hangat dengan kain bersih, kemudian tempelkan ke atas jerawat sekitar 20 menit.

3. Perawatan jus lemon.

Mengoleskan beberapa tetes jus lemon juga menjadi cara menghilangkan jerawat yang praktis dilakukan. Tetesan jus lemon hanya perlu di teteskan di atas kapas dan ditempelkan pada bagian yang jerawat. Setelah 15 menit, jangan lupa bilas dengan air bersih untuk hasil yang maksimal.

4. Mengoleskan tea tree oil.

Tea tree oil menjadi primadona di kalangan para pembasmi jerawat. Karena selain kandungan anti mikrobanya yang memiliki komponen yang bisa membunuh bakteri dan jamur, produk tea tree oil juga sudah mudah ditemukan dalam berbagai kandungan produk kecantikan. Oleskan sedikit saja tea tree oil di atas jerawat, biarkan sepuluh menit dan bilas dengan air. Perawatan ini dapat dilakukan sampai tiga kali sehari.

5. Menggunakan cuka apel.

Cuka apel juga tidak kalah menjadi salah satu tren cara menghilangkan jerawat. Banyak orang yang sudah berhasil dengan mengaplikasikan cuka apel pada jerawat. Cukup teteskan cuka sari apel pada jerawat sebanyak 1-2 tetes, lalu diamkan hingga kering selama 15 menit dan bilas sampai bersih.

Cuka sari apel akan bekerja dalam mengurangi peradangan jerawat dan juga menyeimbangkan pH kulit. Namun penggunaan cuka apel disarankan tidak lebih dari satu kali sehari ya.

6. Menggunakan jeruk nipis.

Selain lemon, jeruk nipis juga bisa kamu gunakan. Jeruk nipis dipercaya dapat menghilangkan jerawat. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah, bersihkan wajah terlebih dahulu. Lalu oleskan jeruk nipis tersebut pada area yang berjerawat, tunggu hingga 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Namun perlu diperhatikan, kandungan asam yang terdapat pada jeruk nipis akan membuat perih. Jangan lakukan lagi jika kulitmu mengalami peradangan. Hal ini dikarenakan kulit seseorang tak semuanya sama, ada sebagian orang yang memiliki kulit sensitif.

7. Mengoleskan lidah buaya.

Lidah buaya kaya akan kandungan zat aktif yang dipercaya mampu menghilangkan jerawat. Lidah buaya bekerja cepat dalam menghilangkan jerawat. Dalam sekejap saja, wajahmu kembali bersih. Usai memakai lidah buaya, pastikan untuk mencuci wajahmu dengan bersih ya. Lidah buaya memiliki aroma sedikit tidak sedap.

8. Masker minyak zaitun.

Minyak zaitun memang sangat baik untuk merawat kesehatan kulit. Minyak zaitun memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya peradangan pada wajah yang berjerawat. Ketika kamu menggunakan minyak zaitun maka wajahmu akan terasa lebih lembab.

Sebelum menggunakannya, pastikan wajahmu dalam kondisi bersih, alias tanpa makeup. Setelah itu oleskan minyak zaitun di bagian wajah yang berjerawat. Diamkan hingga semalam. Keesokan harinya kamu bersihkan wajahmu. Lakukan secara rutin agar wajah tampak bersih.

9. Daun sirih yang dihaluskan.

Daun sirih kaya akan anti-oksidan hal ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu obat jerawat alami. Daun sirih pula bersifat antibakteri, sehingga sangat ampuh untuk membasmi bakteri pada jerawat di wajahmu.

Cara memakainya sangat sederhana, daun sirih kamu haluskan terlebih dahulu, kemudian tambahkan air hangat, diamkan sejenak kemudian kamu bisa langsung menggunakannya. Sangat praktis bukan?

10. Masker soda kue.

Bukan hanya berfungsi untuk membuat kue, namun soda kue bisa dijadikan alat untuk membasmi jerawat. Sebelum menggunakan pastikan wajahmu sudah bersih. Kemudian oleskan soda kue yang sudah kamu campurkan air tersebut kebagian wajahmu yang berjerawat. Tunggu beberapa saat, kurang lebih 15-20 menit. Lalu bilas wajahmu hingga bersih.

11. Masker bengkoang.

Bengkoang mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kamu cukup melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara menggunakannya juga sangat sederhana, kamu haluskan terlebih dahulu bengkoang tersebut, saring dan ambil endapan airnya. Kemudian kamu oleskan pada bagian yang berjerawat. Tunggu sesaat dan bilas hingga bersih.

12. Uap air panas.

ika kamu menggunakan es batu dapat menutup pori-pori, justru dengan uap pori-pori mu akan terbuka. Justru dengan cara ini akan sangat membantu kamu dalam mengatasi jerawat. Dengan pori-pori terbuka maka akan membuat kulit bernapas, bisa menghilangkan minyak dan mudah dibersihkan dari kotoran yang terperangkap di dalamnya.

Kamu bisa melakukannya di saat kamu sudah tidak begitu sibuk dengan aktivitas. Siapkan air panas di dalam wadah mangkuk, lalu letakkan wajahmu sekitar 30 cm dari wadah tersebut. Tutup wajahmu dengan handuk dan biarkan selama 5-10 menit. Kemudian bersihkan wajahmu.

13. Masker kentang.

Kentang juga menjadi cara ampuh dalam mengatasi jerawat. Kentang dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat. Cara penggunaannya, kamu haluskan terlebih dahulu kentangnya, kemudian oleskan pada pada wajahmu atau bisa kamu jadikan masker. Tunggu hingga 30 menit, lalu bilas bersih.

14. Mengoleskan stroberi.

Jika kamu menyukai buah ini, kali ini kamu harus merelakannya untuk dioleskan di wajahmu ya. Stroberi dipercaya mampu membersihkan dan mencerahkan wajah. Nah jika kamu sedang mengalami wajah berjerawat, kamu bisa oleskan stroberi yang sudah kamu belah. oleskan secara perlahan lalu biarkan 1-3 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

15. Mengoleskan putih telur.

Putih telur mengandung khasiat yang sangat baik untuk merawat kesehatan wajah. Masker putih telur bisa membuka pori-pori tertutup dan mengurangi jerawat di wajah. Caranya, kamu siap putih telur, lalu oleskan putih telur itu ke wajahmu, bisa kamu jadikan masker. Diamkan semalam, lalu keesokannya kamu bilas hingga bersih.

16. Mengoleskan minyak lavender.

Minyak lavender memiliki aroma yang menenangkan, ternyata minyak harum ini bisa dijadikan untuk menghilangkan jerawat. Caranya cukup mudah, teteskan pada wajah yang berjerawat, diamkan sampai meresap. Lebih baiknya kamu melakukan hal ini pada pagi hari dan malam hari untuk hasil yang maksimal.

17. Tomat yang dihaluskan.

Tomat mengandung vitamin C dan A serta lycopene yang dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Caranya, haluskan buah tomat, lalu jadikan masker, tunggu hingga 15-30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

18. Masker pepaya.

Selain dapat membersihkan wajah, pepaya juga bisa berfungsi untuk menghilangkan jerawat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa menggunakan pepaya sebagai masker wajah. Caranya, haluskan terlebih dahulu pepaya, kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat atau bisa juga kamu jadikan masker. Tunggu 15-30 menit, kemudian bilas dengan air. Hal ini bisa kamu lakukan 1-3 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

19. Mengoleskan madu.

Madu bisa kamu jadikan sebagai pembersih wajah secara alami, karena mengandung zat antibiotik yang dapat membunuh bakteri, mencegah infeksi dan membersihkan kotoran pada wajah. Cara menggunakanya, cukup oleskan madu pada bagian yang berjerawat lalu diamkan selama 30-60 menit, setelah itu cuci bersih dengan air hangat.

20. Bawang putih yang dihaluskan.

Bawang putih merupakan antiseptik alami, antijamur, antioksidan, serta dapat mengurangi minyak pada tubuh. Cara penggunaannya, haluskan terlebih dahulu bawang putih, kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan 5-10 menit, lalu bilang dengan air dingin.

Cara menghilangkan jerawat di punggung.

Cara menghilangkan jerawat di wajah dan punggung © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

21. Minyak kelapa.

Minyak kelapa terdiri dari asam lemak rantai menengah seperti asam laurat. Asam laurat menunjukkan sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang memerangi bakteri yang menyebabkan jerawat. Kamu cukup menyiapkan 1 sendok makan minyak kelapa murni. Caranya ambil satu sendok makan minyak kelapa murni. Pijatkan secara merata di punggung sebelum mandi.

Biarkan minyak bekerja selama 30 menit sebelum dibilas. Kamu juga dapat mengkonsumsi satu sendok makan minyak kelapa murni setiap pagi untuk manfaat tambahan. Lakukan cara ini sekali atau dua kali dalam sehari.

22. Yogurt.

Yoghurt kaya akan probiotik, yang merupakan bakteri baik atau sehat yang hidup di usus. Yogurt dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Siapkan 1 mangkuk yogurt polos. Kemudian oleskan pada jerawat ke area yang sakit di punggung. Selain dioleskan, kamu juga bisa mengkonsumsi setiap hari yogurt agar punggung bebas dari jerawat.

23. Teh hijau.

Teh hijau bermanfaat untuk mengobati jerawat, baik dikonsumsi secara oral atau dioleskan. Hal ini disebabkan adanya kandungan polifenol yang membantu mengurangi sekresi sebum dan jerawat. Siapkan 1 sendok teh hijau, 1 gelas air, dan kapas.

Caranya campur satu sendok teh hijau ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama 5 hingga 7 menit lalu saring teh. Setelah teh sedikit dingin, celupkan kapas ke dalamnya. Oleskan dengan lembut di punggung. Biarkan selama 15 hingga 20 menit, lalu cuci dengan air. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali sehari.

24. Gula lulur.

Tekstur gula kasar dapat digunakan untuk membantu mengelupas punggung dengan lembut. Pengelupasan kulit dapat membantu menghilangkan akumulasi sel-sel kulit mati di pori-pori yang mungkin menyebabkan jerawat punggung.

Siapkan 1/2 cangkir gula, 1/2 cangkir minyak kelapa atau minyak zaitun. Caranya campurkan cangkir gula dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian gunakan campuran itu sebagai scrub untuk mengelupas punggung dengan lembut saat mandi. Lakukan ini sekali sehari.

25. Kunyit.

Komponen utama kunyit adalah kurkumin. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat membantu mengobati lesi jerawat. Siapkan 2 sendok teh bubuk kunyit dan air (sesuai kebutuhan).

Caranya campurkan dua sendok teh bubuk kunyit dan sedikit air, aduk hingga kental seperti pasta. Oleskan ke punggung secara merata. Biarkan selama 20 hingga 30 menit. Lalu cuci bersih dengan air. Lakukan cara ini sekali sehari.

26. Oatmeal Bath.

Karena sifat anti-inflamasi yang kuat, oatmeal adalah bahan yang dicari dalam dermatologi untuk mengobati kondisi peradangan seperti jerawat. Caranya tuangkan 1-2 cangkir oatmeal ke dalam bak yang sudah berisi air. Rendam badanmu dalam rendaman oatmeal tadi sekitar 20 hingga 30 menit. Mandi oatmeal setiap hari akan mengurangi jerawat punggung seiring waktu.

27. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin D.

Selain dengan cara mengoleskan pada tubuh, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D. Di antaranya adalah unggas, daging, telur, ikan, dan almond. Kamu juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin D setelah berkonsultasi dengan dokter.

Individu yang rawan jerawat sering ditemukan kekurangan vitamin D. Karena itu, mengembalikan kadar vitamin ini dapat membantu mengobati gejala lesi jerawat.

28. Hidrogen Peroksida.

Hidrogen peroksida adalah disinfektan alami. Ini dapat digunakan untuk mengelupas kulit dan mengobati jerawat. Siapkan 3 persen larutan hidrogen peroksida dan kapas. Kemudian terapkan di seluruh punggung, biarkan sampai mengering. Lakukan cara ini 1 hingga 2 kali sehari.

29. Minyak pohon teh.

Sifat anti-inflamasi dan antimikroba dari minyak pohon teh mengurangi jerawat sambil memerangi akar masalahnya, yaitu Propionibacterium acnes.

Siapkan 7 tetes minyak pohon teh dan 1 sendok teh minyak kelapa. Campurkan tujuh tetes pohon teh dengan satu sendok teh minyak. Oleskan campuran ini ke seluruh punggung.

Biarkan semalaman dan bersihkan keesokan paginya. Kamu bisa melakukan cara ini rutin setiap hari setidaknya satu minggu.

30. Lidah buaya.

Gel lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Siapkan 1 sendok teh gel lidah buaya. Kemudian aplikasikan pada punggung yang berjerawat. Biarkan selama 30 menit sebelum dicuci. Kamu bisa melakukan cara ini 2 sampai 3 kali sehari.

31. Lemon.

Sifat bakterisida dan anti-inflamasi lemon membantu memerangi jerawat. Siapkan ½ lemon dan kapas. Caranya peras jus dari setengah lemon. Rendam kapas dan oleskan ke bagian jerawatmu.

Kamu juga dapat menggosok setengah lemon langsung di punggung. Biarkan jus lemon dingin selama sekitar 30 menit, setelah itu kamu bisa mencucinya.

32. Cuka sari apel.

Cuka sari apel memiliki efek anti-inflamasi dan menenangkan pada lesi jerawat. Siapkan 1 sendok makan cuka sari apel, 1 gelas air, dan bola kapas. Caranya tambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air. Kemudian aduk rata dan rendam bola kapas di dalamnya.

Setelah itu oleskan bola kapas yang direndam dengan lembut dan perlahan ke seluruh punggung. Biarkan selama 20 hingga 30 menit sebelum dibilas. Efektifnya kamu bisa lakukan cara ini setiap hari.

33. Baking soda.

Selain untuk mengobati jerawat di wajah, baking soda juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat punggung. Sifat alkali dari soda kue (natrium bikarbonat) dapat mengembalikan pH normal kulit, sehingga mengurangi gejala jerawat. Selain itu, baking soda juga dapat mengelupas kulit, menyingkirkan sel-sel mati yang terkumpul di dalam pori-pori. Siapkan 1 sendok makan soda kue dan air (sesuai kebutuhan). Caranya campur satu sendok makan soda kue, tambahkan air, aduk hingga kental.

Kemudian oleskan merata baking soda ke punggung. Biarkan campuran mengering di kulit setidaknya selama 20 menit. Kalau sudah cuci punggung sambil dengan lembut sambil digosok. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali sehari, tetapi pastikan kamu hanya menggosok sekali.

34. Bawang putih.

Bawang putih mengandung allicin, yang menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang kuat yang tidak hanya membantu mengurangi peradangan dan gatal-gatal yang disebabkan oleh jerawat punggung tetapi juga mengurangi kekambuhannya.

Siapkan beberapa siung bawang putih. Caranya cincang beberapa siung bawang putih tadi. Kemudian aplikasikan pada punggungmu. Biarkan selama sekitar 30 menit, lalu bersihkan. Lakukan setidaknya dua kali dalam sehari.

35. Madu.

Madu sangat bisa membantu mengobati jerawat yang meradang dan berisi nanah. Madu memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba alami yang dapat membantu mengurangi jerawat. Siapkan madu sesuai kebutuhan. Caranya oleskan madu ke seluruh punggung. Biarkan selama 20 hingga 30 menit sebelum dicuci. Lakukan ini 2 hingga 3 kali sehari.