Brilio.net - Selama pandemi virus corona atau Covid-19, setiap orang dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan diri, yakni dengan rajin mencuci tangan. Tak hanya itu, social distancing dan penggunaan masker juga diberlakukan bagi setiap orang. Hal ini bertujuan untuk memutuskan rantai penyebaran virus.

Kerap mencuci tangan ternyata memberikan dampak pada kulit, yakni terjadi kulit kering. Hal ini lantaran penggunaan sabun terlalu sering. Parahnya lagi tak hanya kering saja, namun juga terkelupas pecah-pecah, melepuh, bahkan timbul ruam dan luka.

Biasanya bagian tangan yang jadi kering adalah punggung tangan dan sela jari karena kulit pada bagian tersebut lebih tipis dari pada area kulit di telapak tangan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (1/6).

1. Pilih sabun cuci tangan yang tepat.

Loading...

Cara mengatasi kulit kering karena sering mencuci tangan Istimewa

foto: web24.news

Mencuci tangan berulang kali dapat mengurangi minyak alami sehingga membuat kulit menjadi kering. Pilihlah sabun cuci tang yang tepat.

Misalnya dengan kandungan shea butter atau aloe vera. Kamu juga bisa menggunakan sabun cair yang memiliki lebih rendah, sehingga tidak merusak kulit tangan.

2. Hindari penggunaan air panas.

Cara mengatasi kulit kering karena sering mencuci tangan Istimewa

foto: carwashboilers.com

Saat mencuci tangan cukup menggunakan air mengalir saja, tidak perlu menggunakan air hangat atau panas, walaupun katanya air panas atau hangat dapat menghilangkan kuman.

Air hangat atau panas karena malah bisa menghilangkan kandungan minyak alami yang ada di kulit tangan. Kandungan minyak tersebut berguna untuk menjaga kandungan air yang ada di lapisan kulit dan membuat kulit tetap lembap.

3. Keringkan tangan dengan benar.

Cara mengatasi kulit kering karena sering mencuci tangan Istimewa

foto: cmmonline.com

Penting bagi kamu untuk selalu mengeringkan tangan dengan benar usai mencuci tangan. Gunakan tisu atau handuk bersih untuk mengeringkan tangan. Jangan menggosoknya terlalu kencang. Cukup usap dengan halus untuk mencegah lecet pada kulit.

4. Gunakan sarung tangan.

Cara mengatasi kulit kering karena sering mencuci tangan Istimewa

foto: infectioncontroltoday.com

Jika kamu tidak ingin terus-terusan cuci tangan, maka solusinya adalah menggunakan sarung tangan. Namun penggunaan sarung tangan juga perlu diperhatikan, jangan terlalu lama, cukup 1-2 jam saja. Hal ini agar kulit tidak panas karena bisa menyebabkan iritasi.

5. Menggunakan pelembap.

Cara mengatasi kulit kering karena sering mencuci tangan Istimewa

foto: independent.co.uk

Usai mencuci tangan, ada baiknya untuk mengusapkan pelembap pada tangan. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kelembapan kulit.

Jika kamu memiliki waktu luang bisa menggunakan hand mask agar kulit tangan tetap lembut dan mulus.

6. Gunakan pelembap ketika hendak tidur.

Cara mengatasi kulit kering karena sering mencuci tangan Istimewa

foto: prevention.com

Sebelum tidur biasakan menggunakan pelembap untuk kulit tubuh kamu, terutama tangan jika ingin tetap halus dan lembab. Kamu bisa memilih pelembap seperti petroleum jelly, atau bahan alami seperti aloe vera. Lakukan secara rutin agar kulit tangan tetap terjaga.