Brilio.net - Garam tak hanya bisa digunakan sebagai penyedap rasa pada masakan, namun juga memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Air garam atau larutan garam merupakan campuran garam dengan air yang dalam ilmu kedokteran disebut juga dengan larutan Natrium Klorida (NaCl). Manfaat larutan air garam ini begitu besar, salah satunya meredakan sinusitis.

Tak hanya untuk mengatasi beberapa penyakit saja, garam juga digunakan untuk mempercantik kulit. Namun ketika menggunakannya harus dalam kadar wajar dan bila perlu konsultasi ke dokter, karena akan menimbulkan berbagai reaksi pada setiap orang.

Pada intinya, air garam sangat diperbolehkan dikonsumsi setiap hari untuk meredakan beberapa masalah kesehatan tapi tetap harus dalam kadar wajar dan tidak boleh berlebihan.

Berikut ini beberapa manfaat berkumur dengan air garam seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (13/8).

Loading...

1. Mengobati radang tenggorokan.

Manfaat berkumur dengan air garam © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ketika kamu merasakan radang di bagian tenggorokan, seperti sakit dan gatal, berkumur dengan air garam akan sangat membantu. Selain radang tenggorokan, beberapa masalah tenggorokan lain yang bisa diobati dengan berkumur air garam antara lain tonsillitis dan laringitis.

Larutan air garam bekerja dengan cara menyerap cairan berlebih di dalam mulut sehingga bagian dalam mulut tidak terlalu lembap.

2. Mengatasi sakit gigi.

Manfaat berkumur dengan air garam © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Salah satu manfaat berkumur dengan air garam yang cukup terkenal adalah mampu mengatasi sakit gigi. Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mencobanya. Natrium klorida yang terkandung pada garam efektif untuk mengatasi infeksi bakteri penyebab sakit gigi dan juga peradangan. Berkumur dengan air garam juga membantu mengatasi gusi bengkak.

Kamu cukup larutkan garam ke dalam air, kemudian berkumur. Namun jika sakit gigi tak kunjung membaik, sebaiknya periksakan ke dokter.

3. Mengatasi hidung tersumbat dan sinus.

Manfaat berkumur dengan air garam © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat air garam juga dapat mengatasi hidung tersumbat dan sinus. Hidung tersumbat dan sinus ini biasanya disebabkan alergi, flu, ataupun pilek.

Jika mengalami kondisi ini, kamu bisa berkumur atau mencuci hidung dengan air garam. Hal ini dapat membantu menjaga saluran hidung terbuka, menghilangkan lendir kental atau yang sudah mengering, membersihkan sinus, mencegah penyebaran infeksi, hingga membuat hidung terasa lebih nyaman dan lega.

4. Meringankan gejala sariawan.

Manfaat berkumur dengan air garam © 2020 brilio.net

foto: hometowndental.org

Sariawan merupakan masalah mulut yang sangat menyiksa. Pasalnya orang yang memiliki sariawan akan sulit untuk makan. Sariawan adalah lesi atau luka yang timbul di selaput lendir di mulut. Sariawan bisa tumbuh di mana saja sekitar mulut, seperti gusi, lidah, atau selaput bagian dalam mulut.

Jika kamu mengalaminya, atasi segera dengan air garam. Berkumurlah secara rutin agar mempercepat proses penyembuhan.

5. Mengatasi bau mulut.

Manfaat berkumur dengan air garam © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bau mulut atau halitosis merupakan masalah mulut yang sangat mengganggu dan dialami hampir semua orang. Bau mulut bisa mengindikasikan bahwa kebersihan mulut sangat rendah.

Di samping harus rajin gosok gigi, cara lain mengatasinya adalah berkumur dengan air garam yang dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Tak hanya itu saja, garam membantu menetralisir pH di dalam mulut sehingga bakteri sulit berkembang.