Brilio.net - Saat ini angka kasus penderita Covid-19 tengah mengalami kenaikan. Salah satunya diakibatkan karena adanya varian baru dari virus Covid-19. Adanya kenaikan kasus ini membuat sejumlah rumah sakit penuh pasien Covid-19, sehingga tak sedikit yang direkomendasikan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Dengan banyaknya pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah, berbagai cara menjalani keseharian mesti diperhatikan. Apalagi, jika ada anggota keluarga yang dinyatakan positif Covid-19. Salah satunya tentang mencuci pakaian. WHO Indonesia merilis petunjuk mencuci pakaian jika ada penghuni rumah yang dicurigai, bahkan sudah terjangkit Covid-19.

Berikut cara mencuci pakaian jika ada penghuni rumah yang menjadi pasien Covid-19, sebagaimana brilio.net rangkum dari akun Twitter @WHOIndonesia, Selasa (13/7).

1. Mencuci pakaian, handuk, dan linen mereka secara terpisah.

"Jika memungkinkan, gunakan sarung tangan heavy-duty sebelum memegang cucian mereka," demikian bunyi keterangan unggahan itu.

2. Pakaian kotor tidak boleh disandarkan ke tubuh.

Sebagai ganti, taruh cucian di dalam wadah anti-bocor yang sudah dilabeli agar tidak tertukar atau bercampur dengan pakaian anggota keluarga lain.

"Kikis sisa-sisa kotoran, seperti muntahan, dengan benda yang pipih dan kuat, buang ke toilet yang biasa mereka pakai," sambung tulisan dalam cuitan akun Twitter @WHOIndonesia.

3. Pakaian dimasukkan ke dalam wadah tertutup.

Jika tidak ada toilet di kamar pasien Covid-19, masukkan pakaian ke dalam wadah tertutup sebelum sisa-sisa kotoran dibuang ke toilet. Kemudian, cuci pakaian kotor itu dengan cairan disinfektan.

Loading...

"Gunakan mesin pada suhu 60-90 derajat celcius dan detergen," demikian petunjuk yang tertulis.

Sebagai alternatif, rendam cucian di dalam ember berisi air panas dan sabun. Gunakan tongkat untuk mengaduk rendaman cucian. Selain untuk meratakan, cara ini digunakan supaya airnya tidak terpercik keluar.

4. Merendam cucian dengan klorin 0,05 persen selama kira-kira 30 menit.

Jika tidak ada air panas, disarankan merendam cucian dengan klorin 0,05 persen selama kira-kira 30 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih dan biarkan cucian kering di bawah sinar matahari.

5. Setelah selesai, cucilah tangan dengan sabun di bawah air mengalir.

Setelah selesai mencuci pakaian tersebut, disarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir. Pastikan untuk menjangkau semua bagian tangan. Kira-kira cuci tangan dalam waktu 20 detik supaya lebih bersih menyeluruh.