Brilio.net - Memiliki kulit wajah bersih dan berseri merupakan impian semua orang, terutama kaum wanita. Bukan tanpa alasan, kulit wajah bersih dan berseri akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Dengan demikian, orang tersebut akan santai menjalani hari-harinya.

Namun wajah bersih, putih, dan berseri tak dimiliki semua orang. Hanya beberapa orang saja yang memiliki kulit tersebut. Tak jarang, mereka yang menginginkan kulit bersih berseri menggunakan beberapa krim yang dipercaya mampu mengatasi kekusaman kulit.

Namun tahukah kamu bahwa menggunakan suatu produk pemutih membuat seseorang ketergantungan? Seseorang akan merasa cantik ketika menggunakan krim tersebut. Namun jika berhenti menggunakan, maka kulitnya kembali ke kondisi semula sehingga turun rasa percaya diri. Bahkan dari efek samping suatu produk, ada yang justru merusak kulit orang tersebut.

Belum lagi jika mengingat berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk melakukan perawatan. Terkadang, itu sungguh tidak ramah dengan kondisi keuangan seseorang. Lalu bagaimanakah cara mengatasi kulit kusam agar terlihat bersih dan putih natural? Kamu nggak perlu khawatir mengenai hal itu.

Loading...

OLAY Whips dengan formula whip yang diperkaya dengan vitamin dan antioksidan serta teknologi Active Rush dapat membantu optimisasi hidrasi pada kulit wajah. Semua kebaikan OLAY pun telah diformulasikan khusus ke dalam OLAY Whips supaya wajah terasa ringan dan tidak gampang berminyak seharian.

30 Cara memutihkan wajah secara alami ini ampuh banget berbagai sumber

Presented by Olay

Selain itu, formula dan teknologi pada OLAY Whips juga dapat membantu melawan 7 (tujuh) tanda penuaan kulit, serta membantu meratakan warna kulit wajah. Dapatkan OLAY Whips di sini dan gunakan secara teratur untuk hasil yang optimal.

Selain tips di atas, ada beberapa cara alami yang bisa membuatmu tampak cantik natural. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membuat kulit wajah dan tubuhmu jadi lebih cerah merata. Berikut 40 cara memutihkan wajah dan tubuh, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada (30/6).

Cara memutihkan wajah

Cara memutihkan wajah dan tubuh © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Jeruk nipis.

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang hingga ratusan ribu atau jutaan rupiah untuk perawatan wajahmu. Cukup dengan jeruk nipis saja, yang bisa kamu gunakan 2-3 kali dalam satu minggu.

Namun, bagi kamu pemilik kulit sensitif, ada yang perlu diperhatikan. Berhenti menggunakannya jika kulitmu mengalami iritasi. Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa mengikuti caranya sebagai berikut:

a. Belah jeruk menjadi dua bagian.
b. Oleskan pada wajah secara merata.
c. Diamkan selama 30 menit, sampai terasa benar-benar mengering.
d. Tahap terakhirnya adalah membasuh muka atau membilas wajah hingga bersih.

2. Cuka apel.

Cuka apel memang terkenal dengan keasamannya. Justru ini baik untuk regenerasi kulit, serta bisa mengangkat sel kulit mati. Selain itu, cuka apel dikenal bisa mengatasi minyak yang berlebih pada kulit wajah. Kamu bisa menggunakannya dengan mengikuti cara berikut ini:

a. Campurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air.
b. Celupkan kapas pada cairan tersebut.
c. Kemudian oleskan pada wajahmu secara merata.

3. Daun jambu biji.

Daun jambu biji memiliki kemampuan menghilangkan bintik hitam pada kulit. Hal ini disebabkan kandungan sifat pengencang dan antibakteri dalam daun jambu biji.

Fungsi daun jambu untuk kulit sangat bagus. Daun jambu bisa mengatasi gatal dan kemerahan pada kulit. Kamu bisa menggunakannya jika kamu mengalami masalah tersebut pada wajahmu. Berikut caranya:

a. Pilihlah daun jambu yang sudah kering, lalu tumbuk hingga halus.
b. Campurkan ke dalam air dan aduk secara merata, hingga campuran tersebut seperti bubur.
c. Kemudian kamu bisa oleskan daun jambu biji ke area kulitmu yang bermasalah.

4. Kunyit.

Kunyit merupakan salah satu zat pencerah kulit yang populer. Tak hanya memutihkan lho, kunyit juga mampu menghilangkan flek hitam pada wajah. Kunyit juga memiliki kemampuan memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas dan mengurangi pigmentasi kulit.

Kamu mau mencoba? Berikut caranya:

a. Sediakan dua sendok kunyit, tambahkan sedikit susu dan perasan air jeruk lemon.
b. Oleskan pada area kulit yang mengalami masalah.
c. Diamkan beberapa menit, kemudian basuh wajahmu hingga bersih.

5. Soda kue.

Wajah yang terdapat flek hitam atau bekas jerawat terasa begitu menyebalkan bukan? Sekarang kamu bisa menggunakan soda kue untuk mengatasinya. Memang tidak bisa hilang begitu saja, namun cukup membantu dan butuh beberapa kali tahapan. Cara menggunakannya sebagai berikut:

a. Campur soda kue dengan sedikit air, hingga tampak kental seperti masker.
b. Oleskan masker soda kue tersebut ke wajahmu secara merata, kecuali bagian mata dan bibir.
c. Diamkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air.

6. Pepaya.

Pepaya dikenal dapat mencerahkan kulit serta menghilangkan flek hitam. Sifat pembersihannya mampu membantu membersihkan kulit dari kotoran dan bahkan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Berikut cara penggunaannya:

a. Hancurkan buah pepaya hingga menjadi bubur.
b. Oleskan buah pepaya yang telah hancur tersebut ke wajahmu dan tunggu hingga 20 menit.
c. Kamu bisa menggunakannya 3-4 kali seminggu.

7. Kayu cendana.

Jika mengalami kondisi wajah berjerawat, kamu bisa menggunakan kayu cendana untuk mengatasinya. Kandungan minyak yang terdapat pada kayu cendana bisa membantu membersihkan flek hitam secara alami. Berikut cara penggunaannya:

a. Siapkan 1 sendok makan kayu cendana, 1 sendok makan gliserin, dan 3 sendok makan air mawar (selain air mawar, kamu bisa menggunakan susu atau madu).
b. Oleskan masker tersebut pada area wajah dan biarkan beberapa menit.
c. Kemudian cuci muka hingga bersih dengan air hangat.

8. Jeruk lemon.

Jeruk dikenal kaya antioksidan dan vitamin C. Jeruk lemon mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas pada kulit.

Jika kamu mengalami kulit bermasalah, kamu bisa gunakan lemon untuk mengatasinya. Usai menggunakannya, kamu bisa rasakan sendiri kulit menjadi lebih segar dan ringan. Cara penggunaannya:

a. Oleskan perasan lemon pada wajah.
b. Diamkan selama 15 menit.
c. Kemudian bilas wajah hingga bersih.

9. Buah pisang.

Pisang mengandung vitamin C. Hal ini bisa membantu mencerahkan kulit wajahmu. Berikut cara penggunaannya:

a. Haluskan 1 buah pisang hingga menjadi lembut.
b. Tambahkan 1 sendok makan madu.
c. Campur hingga rata dan oleskan pada wajah.
d. Diamkan selama 20 menit dan kemudian bilas hingga bersih.

10. Alpukat.

Alpukat mengandung karotenoid antioksidan, vitamin E dan C. Alpukat sangat baik untuk mengatasi kulit kering dan keriput.

Vitamin E yang terdapat dalam alpukat membantu mencegah penuaan dini, sedangkan vitamin C membantu kulit agar tetap kenyal.

Untuk mendapatkan kulit sempurna, berikut ini cara penggunaannya:

a. Haluskan alpukat hingga lembut.
b. Oleskan pada wajah secara merata layaknya masker.
c. Diamkan selama 25 menit dan kemudian basuh dengan air hingga bersih.

11. Kentang.

Kentang dapat membantu meremajakan kulit. Antibiotik alami yang terdapat pada kentang mampu mengatasi penuaan pada wajah dan membantu regenerasi kulit. Berikut cara penggunaannya:

a. Rebus kentang, kemudian tumbuk hingga halus.
b. Campurkan dengan 2 sendok makan susu, lalu aduk merata.
c. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit dan kemudian bilas hingga bersih.

12. Tomat.

Tomat mampu menangkal radikal bebas pada kulit. Selain itu senyawa antioksidan yang terdapat pada tomat yaitu lycopene, mampu mencerahkan wajah. Tomat pula dapat menjadi tabir surya alami untuk mengatasi kerusakan akibat sinar UV. Berikut ini cara penggunaannya agar kulit cerah dan sehat:

a. Tumbuk halus tomat.
b. Oleskan pada wajah layaknya masker.
c. Diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

13. Timun.

Timun dikenal kaya mineral dan vitamin yang dapat menyegarkan kulit. Jika kamu mengalami wajah kusam, maka timun menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasinya. Berikut cara penggunaannya:

a. Iris timun tipis-tipis.
b. Tempelkan pada wajah secara merata.
c. Diamkan selama 30 menit dan basuh wajah hingga bersih.

14. Bengkoang.

Tak asing lagi bukan dengan bengkoang sebagai salah satu cara ampuh untuk membersihkan wajah? Bahkan banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar bengkoang untuk dijadikan produk pemutih.

Bengkoang kaya vitamin B dan C yang berperan penting dalam memutihkan wajah. Kamu dapat menggunakan bengkoang secara rutin. Berikut cara penggunaannya:

a. Parut bengkoang hingga lembut.
b. Peras dengan menggunakan sedikit air.
c. Gunakan sarinya untuk masker wajah.
d. Diamkan selama 20 menit, kemudian basuh wajah hingga bersih.

15. Tepung beras.

Tepung beras tumbuk kaya akan vitamin B, allantoin, dan tirosinase yang dapat menjadikan kulit tampak lebih cerah berseri secara alami. Berikut cara penggunaannya:

a. Aduk 1 sendok makan tepung beras dengan tambahan susu full cream.
b. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit.
c. Bilas wajah hingga bersih.

16. Lobak putih.

Lobak putih mengandung vitamin C, B complex, fosfor dan zinc yang mampu menjaga kesehatan kulit. Kandungan air yang cukup banyak pada lobak sangat membantu melembapkan kulit. Berikut cara penggunaannya:

a. Haluskan 1 buah lobak putih.
b. Campurkan 2 sendok makan minyak zaitun lalu gunakan sebagai masker.
c. Diamkan selama 30 menit kemudian basuh wajah hingga bersih.

17. Teh hijau.

Tahukah kamu bahwa teh hijau sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit? Antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu menangkal radikal bebas, sehingga kulit dapat beregenerasi dengan cepat serta dapat mengangkat sel kulit mati. Berikut cara penggunaannya:

a. Rendam daun teh dalam air panas selama 15 menit.
b. Tunggu sampai agak dingin lalu oleskan wajah.

18. Susu.

Susu mengandung vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6. Kedua kandungan pada susu tersebut dapat menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap. Berikut cara penggunaannya:

a. Campur 2 sendok makan susu segar dengan 1 sendok makan madu.
b. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit.
c. Bilas wajah hingga bersih.

19. Kopi dan gula.

Apa kamu pernah berpikir sebelumnya bahwa kopi dan gula bisa memutihkan wajah? Cara menggunakannya, kamu jadikan kopi dan gula sebagai scrub wajah. Tujuannya adalah agar kulit mati bisa terangkat. Berikut cara penggunaannya:

a. Campurkan 1 sendok makan kopi dan 1 sendok makan gula.
b. Berikan sedikit air, dan aduk secara merata.
c. Gosok pada wajah secara perlahan agar kulit mati terangkat.

20. Yogurt.

Selain dimakan atau diminum, yogurt mengandung kalsium dan zinc. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi, sedangkan zinc berperan mengatasi masalah kulit.

Ada juga vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan kulit dan membuatnya bersinar alami. Berikut tips penggunaan yogurt untuk kulit sempurna:

a. Sediakan yogurt segar tanpa rasa.
b. Gunakan sebagai lulur pada tubuh.

21. Oatmeal.

Oatmeal kaya antioksidan guna menjaga tubuh dari radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan internal maupun eksternal, terutama bagi kulitmu. Berikut cara penggunaan oatmeal demi kulit sehat dan cantik:

a. Sediakan oatmeal secukupnya.
b. Buat oatmeal menjadi bubur.
c. Bisa juga ditambahkan madu.

22. Madu.

Cara memutihkan kulit secara alami selanjutnya adalah dengan madu. Madu berfungsi sebagai pelembap alami sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan antioksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati. Berikut cara penggunaannya:

a. Sediakan madu secukupnya.
b. Oleskan madu pada seluruh tubuh.
c. Diamkan selama 30 menit.
d. Bilas dengan air bersih sembari mandi.
d. Jadikan lulur.

23. Strawberry.

Ellagic dalam buah strawberry ternyata bagus mengatasi flek hitam pada kulit dan dapat mencerahkan kulit Anda secara alami. Cara memutihkan kulit secara alami dengan menggunakan strawberry adalah:

a. Siapkan buah strawberry.
b. Haluskan.
c. Campur dengan susu hingga mengental.
d. Gunakan sebagai lulur.

24. Putih telur.

Protein yang tinggi akan membantu regenerasi kulit agar sel kulit mati segera hilang dan tergantikan dengan sel kulit baru yang lebih sehat. Meski amis, banyak wanita Korea dan Jepang yang menggunakan putih telur sebagai cara memutihkan kulit secara alami. Caranya adalah:

a. Pisahkan putih dan kuning telur.
b. Putih telur dikocok hingga berbusa.
c. Anda bisa menambahkan madu dan jeruk nipis agar bau amis dapat tersamarkan.
d. Diamkan selama 30 menit.
e. Bilas dengan air hangat.

25. Lidah buaya.

Zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat kulit menjadi gelap yakni aloesin. Zat ini ada dalam lidah buaya. Itulah sebabnya banyak jenis produk pencerah kulit memasukkan lidah buaya dalam komposisinya. Maka lidah buaya pun tidak salahnya dicoba sebagai cara memutihkan kulit secara alami. Caranya pun mudah saja:

a. Petik daun lidah buaya secukupnya.
b. Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah.
c. Oleskan secara merata pada tubuh Anda.
d. Diamkan selama 15 menit.
e. Bilas dengan air bersih.
f. Lakukan dengan rutin setelah mandi.

26. Minyak zaitun.

Kandungan zat linoleic acid dalam minyak zaitun akan menjaga kadar air pada kulit. Selain itu, minyak zaitun juga banyak mengandung antioksidan bernama polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Caranya:

a. Campurkan 4 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm madu.
b. Gunakan sebagai lulur setiap kali setelah mandi.

27. Air beras.

Beras mengandung asam ferulic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan memutihkannya. Begini caranya menjaga kulit sehat dengan memanfaatkan beras:

a. Saat mencuci beras, jangan buang airnya.
b. Biarkan air beras agar mengendap.
c. Gunakan endapan air beras sebagai lulur alami.

28. Bawang merah.

Bawang merah mampu mengatasi kulit kusam dan flek hitam. Ada dua cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan bawang merah. Berikut caranya:

Cara 1:

a. Haluskan bawang merah dengan menggunakan blender.
b. Celupkan kapas ke dalam jus bawang.
c. Oleskan pada bagian wajah yang terkena flek hitam dan biarkan kering secara alami.

Cara 2:

a. Setelah bawang dihaluskan, oleskan pada wajah dan kemudian tambah dengan olesan madu.
b. Biarkan hingga 20 menit.
c. Jika kulitmu berminyak, kamu bisa tambahkan beberapa tetes cuka ke dalam bawang yang sudah dihaluskan tersebut.

29. Castor oil.

Castor oil kaya omega-3 dan vitamin E yang berkhasiat untuk kulit. Tak hanya itu, castor oil juga mengandung vitamin E yang meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru. Jenis minyak ini juga dapat menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Berikut cara penggunaannya:

a. Oleskan castor oil langsung pada area kulit yang bermasalah.
b. Diamkan selama 1 jam, lalu bilas menggunakan air bersih
c. Lakukan secara rutin sebelum tidur.

30. Almond.

Almond sangat membantu dalam mencerahkan kulit sekaligus menghilangkan flek hitam. Almond mengandung vitamin E, antioksidan, dan lemak sehat. Almond juga bisa membantu membersihkan wajah hingga terlihat cerah dan bersih. Berikut cara penggunaannya:

a. Ambil 8-10 biji almond, lalu rendam ke dalam susu semalaman.
b. Keesokan harinya, kupas kulit dan giling kacang almond.
c. Tambahkan satu sendok teh bubuk cendana dan satu sendok teh madu aduk sampai rata.
d. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga 30 menit kemudian bersihkan dengan air.

Cara memutihkan tubuh

Cara memutihkan wajah dan tubuh © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

31. Madu.

Antioksidan yang terdapat dalam madu dipercaya mampu melawan radikal bebas. Selain itu madu juga dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit. Berikut cara mengaplikasikannya:

a. Bersihkan kulit menggunakan air hangat.
b. Keringkan kulit dan oleskan madu asli.
c. Oleskan tipis saja namun merata.
d. Tunggu 15-20 menit.
e. Jika sudah meresap di kulit, bersihkan dengan mengusap dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.
f. Kemudian basuh menggunakan air dingin untuk mengunci pori-pori kulit.

32. Susu.

Selain dikenal sebagai minuman yang menyehatkan, susu juga dikenal dapat memutihkan kulit tubuh. Terbukti dari beberapa klinik kecantikan yang menawarkan perawatan dengan mandi susu. susu juga bermanfaat untuk membersihkan kulit dan membuat kulit terasa kenyal. Untuk menambahkan khasiatnya, kamu bisa menambahkan oatmeal dan madu. Berikut cara penggunaannya:

a. Campur susu murni dengan oatmeal/madu.
b. Oleskan pada kulit secara merata.
c. Diamkan hingga mengering (sekitar 30 menit).
d. Basuh dengan air dingin.

33. Kopi.

Sudah banyak bodyscrub yang menggunakan kopi sebagai bahan utama. Kita pun bisa membuat sendiri scrub kopi yang banyak manfaat ini. Cara pembuatan:

a. Siapkan bubuk kopi kurang lebih 2 sendok makan.
b. Campurkan dengan minyak zaitun dan gula.
c. Aduk hingga berbentuk pasta.
d. Oleskan pada tangan dan kaki dengan merata.
e. Tunggu hingga setengah kering.
f. Gosok perlahan hingga scrub berjatuhan.
g. Bilas dengan air hingga bersih.

34. Garam laut.

Garam laut kaya akan kandungan mineral dan bahan eksfoliasi yang membantu menjaga kulitmu terlihat muda dan sehat. Garam laut juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mengurangi masalah seperti jaringan parut. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, berikut cara penggunaan garam laut untuk kulit tubuh:

a. Campurkan 1/2 cangkir minyak zaitun ke dalam 1 cangkir garam laut.
b. Teteskan 5 hingga 15 tetes minyak esensial
c. Aduk rata, balurkan ke tubuh dengan menggosoknya secara memutar.
d. Bilas dengan air hingga bersih.

35. Minyak kelapa dan gula pasir.

Lulur ini tidak hanya merupakan bahan eksfoliasi yang sangat baik, tetapi juga membantu membersihkan dan melembapkan kulit. Cara pembuatan:

a. Tambahkan 1/4 hingga 1/2 cangkir gula pasir ke dalam 1/2 cangkir minyak kelapa.
b. Kemudian oles dan pijatkan pada kulit sebelum gula pasir mencair.
c. Bilas dengan air hingga bersih.

36. Saffron.

Saffron banyak dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk mengembalikan warna kulit secara alami. Penelitian juga menunjukkan bahwa ia memiliki efek melembapkan pada kulit dan menghilangkan kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar UV matahari. Cara penggunaannya sebagai berikut:

a. Rendam beberapa helai saffron bersama 1/4 cup susu segar selama 2 jam.
b. Rendam beberapa helai saffron bersama 1/4 cup susu segar.
c. Terakhir, cuci bersih dengan air biasa setelah 10-15 menit.
d. Lakukan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu.

37. Kulit jeruk.

Manfaat lainnya bisa kamu dapatkan juga dari kulit jeruk lho. Studi menunjukkan bahwa kulit jeruk mengandung senyawa yang dapat menekan melanogenesis atau pembentukan melanin dan mengembalikan kulit dari efek paparan sinar matahari pada kulit. Caranya yakni sebagai berikut:

a. Campur 1 sdt bubuk kulit jeruk.
b. 1 sdt madu serta 1 jumput bubuk kunyit.
c. Aplikasikan pada kulit dan biarkan selama 15 menit.
d. Lalu bilas dengan air bersih.
e. Gunakan ramuan ini 2 kali dalam seminggu.

38. Gula dan minyak zaitun.

Lulur dengan bahan dasar gula dan minyak zaitun kan menutrisi, melembapkan, dan mengangkat sel-sel mati dari kulit. Sehingga campuran ini dapat mencerahkan warna kulit terutama pada lutut dan siku. Cara penggunaan:

a. Campurkan 1 sdm gula pasir dan 1 sdm minyak zaitun.
b. Oleskan ke lutut dan siku dan pijat dengan gerakan memutar selama sekitar 5 menit, bilas dengan air bersih.
c. Ulangi ini setiap satu minggu sekali.

39. Lidah buaya dan susu.

Lidah buaya mengandung zat yang membantu melembapkan kulit dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata. Ia juga memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur. Kombinasi lidah buaya dan susu adalah cara sederhana dan bermanfaat untuk mencerahkan kulit secara alami. Cara penggunaan:

a. Campurkan gel lidah buaya dan 1 sdm susu dalam jumlah yang sama.
b. Oleskan campuran tersebut ke kulit lutut dan siku.
c. Biarkan semalaman dan kemudian bersihkan keesokan paginya.
d. Cara lainnya, kamu bisa mengekstrak gel dari daun lidah buaya dan mengoleskannya ke tubuh.
e. Biarkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

40. Lemon dan baking soda.

Lemon adalah bahan pencerah kulit yang sangat baik. Ini dikemas dengan antioksidan dan vitamin C yang meningkatkan regenerasi kulit dan memperbaiki corak kulit. Soda kue berfungsi sebagai pembersih yang lembut dan efektif untuk memutihkan area kulit yang gelap. Cara penggunaan:

a. Ambil 1 buah lemon dan potong menjadi 2 bagian.
b. Taburkan 1 sdm baking soda di atas lemon.
c. Gosok siku dan lutut selama 1 menit menggunakan campuran tersebut.
d. Biarkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.
e. Ulangi sekali setiap 2 hari untuk efek yang diinginkan.