Brilio.net - Kaki merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki peran yang sangat penting. Pasalnya kaki memengaruhi tubuh kita sehari-hari untuk berjalan dan juga beraktivitas.

Menjaga kaki memang tak hanya dengan perawatan, tapi juga harus menggunakan alas kaki yang sesuai. Pemilihan alas kaki ini memang harus mempertimbangkan kenyamanan dan modelnya. Apalagi, alas kaki yang dipakai setiap hari berpengaruh pada postur tubuh kita.

Dokter Spesialis Fisik Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Luh Karunia Wahyuni mengatakan banyak orang menggunakan alas kaki agar terlihat stylist tapi tidak memperhatikan kesehatan kaki.

"Misalnya sering memakai sepatu hak tinggi. Struktur kaki di bagian bawah akan bekerja sangat berat dan badan terlempar ke belakang untuk memberi kesan anggun. Sakit kakinya akan menjalar sampai ke pinggang di usia tua nanti," ujar Luh Karunia Wahyuni di launching gerai Dr Kong di Jakarta.

Menurutnya, efek dari dalah memilih alas kaki yang tidak sesuai dengan jenis kaki akan memicu perubahan bentuk kaki seperti bengkok dan membengkak. Nah, berikut tips memilih sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki, seperti dirangkum brilio.net pada Minggu (31/8).


1. Kaki normal
Kaki normal terdiri dari 26 tulang serta kombinasi otot, sendi dan ligamen yang membentuk lengkungan (foot arch).

"Lengkungan ini berfungsi sebagai peredam pada saat berjalan. Bentuknya tidak boleh terlalu rata atau melengkung agar tekanan ketika melangkah tersebar dengan baik," kata Yulia Permata, Senior Merchandising Manager Dr Kong.

Kaki jenis ini dapat memakai alas kaki jenis manapun karena sifatnya yang kuat, sehat, tidak cepat pegal dan jarang cedera.


2. Flat foot (lengkungan datar)
Kaki dengan jenis flat foot cenderung memiliki kelainan pada bagian foot arch, di mana lengkungan terlalu datar menyebabkan penyebaran tekanan kaki tidak merata yang membuatnya bisa lebih cenderung merasa pegal.

Ketika kamu memiliki kaki jenis flat foot, diharuskan menggunakan tambahan bantalan yang lebih tinggi untuk mendorong pembentukan foot arch. Bantalan ini juga akan membuat kaki lebih nyaman ketika dipakai berjalan jauh.


3. High arch
Nah, untuk kaki jenis high arch memiliki bentuk lengkungan yang terlalu bengkok. Foot arch terlalu tinggi dapat menyebabkan kaki mudah sakit karena rendahnya daya redam.

Tekanan akan lebih besar pada tumit dan bagian depan, sama saja ketika menggunakan sepatu hak tinggi. Untuk itu pemakaian wedges, disarankan agar tekanannya lebih merata.





Loading...