Brilio.net - Memiliki rambut indah dan berkilau tentunya menjadi dambaan setiap orang. Sebab rambut adalah mahkota bagi setiap orang khususnya perempuan. Namun jika rambut tipis dan gampang rontok bisa mengakibatkan kebotakan di salah satu sisi. Hal ini mengkhawatirkan karena bisa jadi penghalang untuk memiliki rambut sehat dan lebat. Akibatnya penampilan tersebut bisa mengganggu rasa kepercayaan diri.Faktor-faktor penyebab rambut rusak atau pun rontok ini sangat beragam. Misalnya, padatnya aktivitas, polusi udara, hingga paparan sinar matahari dan pola hidup tak sehat bisa membuat rambut kamu rusak. Bahkan, faktor genetik serta terapi pengobatan tertentu, penggunaan hair dryer dan stres bisa jadi penyebabnya.Nah, siklus pertumbuhan rambut terbagi menjadi tiga fase. Pertumbuhan (anagen) yang lamanya berkisar 2-5 tahun, fase istirahat (katagen) 2-4 minggu, dan fase kerontokan (telogen) sekitar 3-4 bulan. Setelah fase itu akan kembali ke fase pertumbuhan. Meski rambut rontok itu umum terjadi pada setiap orang, namun tetap saja harus diatasi dengan baik, agar saat siklus pertumbuhan rambut bisa tumbuh dengan sehat dan cepat.Cara menumbuhkan rambut dengan bahan alami bisa jadi salah satu solusinya. Selain murah bahan-bahan ini juga mudah didapatkan. Ingin kan tampil prima, mulai dari wajah dan didukung dengan tampilan rambut yang lebat, kuat dan sehat?

Loading...
Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (20/11), berikut 18 cara menumbuhkan rambut dengan bahan alami, cepat, dan aman.
1. Minyak zaitun.

foto: freepik.com



Bahan dapur yang satu ini memang terkenal dengan beragam kegunaannya. Salah satunya untuk menyehatkan kondisi kulit kepala kamu secara alami dan aman. Dengan kulit kepala yang sehat, pertumbuhan rambut akan berjalan dengan baik.

Caranya cukup mudah. Teteskan empat hingga lima tetes minyak zaitun sebelum keramas, lalu pijat kulit kepala terlebih dahulu. Sebaiknya lakukan pada malam hari agar kandungan minyak zaitun meresap pada kulit kepala. Cucilah rambut hingga bersih pada pagi harinya.


2. Lidah buaya.

foto: freepik.com



Lidah buaya memang sering digunakan untuk berbagai obat dan bahan kecantikan, salah satunya untuk perawatan rambut. Hal ini karena kandungan yang ada pada lidah buaya dipercaya dapat merawat kesehatan rambut termasuk melebatkan dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Cara menumbuhkan rambut dengan bahan lidah buaya juga mudah. Caranya dengan mengambil gel yang ada pada daun lidah buaya. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan rambut kamu. Diamkan selama satu jam lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan malam hari sebelum tidur dan bersihkan pada keesokan harinya.


3. Santan kelapa.

foto: freepik.com



Siapa sangka jika santan kelapa yang biasanya dijadikan salah satu bahan masakan ini, bisa bermanfaat untuk menumbuhkan rambut secara cepat dan aman? Nutrisi yang terkandung dalam santan tak hanya bermanfaat dalam menumbuhkan rambut, melainkan juga untuk menghaluskan, menguatkan, dan membuat rambut makin hitam berkilau.

Cara menumbuhkan rambut dengan santan juga sangat mudah. Hangatkan 200 ml santan dari satu butir kelapa. Diamkan kira-kira selama 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.


4. Teh hijau.

foto: freepik.com



Nutrisi yang terkandung dalam teh hijau tak hanya menyehatkan tubuh dan meningkatkan keberhasilan program diet. Pasalnya, nutrisi yang terkandung dalam teh hijau bermanfaat menyuburkan rambut dan juga menguatkan akar rambut.

Nah, penggunaan bahan alami ini cukup mudah. Seduh teh hijau dengan sedikit air panas, diamkan hingga dingin kemudian oleskan secara merata ke rambut. Tutup rambut dengan handuk dan diamkan kira-kira 30 menit. Bilas dengan air bersih.


5. Minyak kemiri.

foto: freepik.com



Jika biasanya minyak kemiri digunakan untuk menebalkan rambut bayi, ternyata minyak kemiri juga dapat digunakan untuk orang dewasa. Minyak kemiri yang mengandung zat aponin, falvonoida dan polyphenol terkenal bermanfaat untuk menguatkan akar rambut, menumbuhkan dan menyuburkan rambut secara cepat.

Caranya cukup oleskan minyak kemiri ke rambut dan kulit kepala sampai rata. Lakukan secara rutin setiap hari sebelum tidur dan bilas di pagi harinya.


6. Seledri.

foto: freepik.com



Ternyata seledri memiliki kandungan yang bermanfaat untuk rambut. Di antaranya kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Seledri mampu menstimulasi pertumbuhan rambut agar sehat, kuat dan berkilau.

Cara menumbuhkan rambut dengan seledri yaitu cukup haluskan seledri yang telah dicuci dan buang akarnya. Lalu aplikasikan layaknya masker rambut selama 30 menit sambil dipijat lembut dan bilas dengan bersih. Kamu dapat mengulangi cara ini selama 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

2 dari 3 halaman


7. Masker telur.

foto: freepik.com



Bahan makanan yang bergizi tinggi ini dapat dimanfaatkan untuk merawat tubuh luar seperti kesehatan kulit dan rambut. Apalagi kuning telur memiliki kandungan vitamin A, E, biotin, folat dan kandungan mineral. Nah, cara menumbuhkan rambut dengan telur ini dapat digunakan untuk masker.

Cukup kocok telur atau boleh ambil bagian kuningnya saja. Jika kamu tak tahan dengan bau amisnya, dapat ditambah dengan perasan jeruk nipis dan juga madu. Usapkan secara merata pada bagian batang rambut dan usapkan tipis di bagian permukaan kulit kepala. Diamkan hingga terasa kamu dan bilas dengan sampo untuk mencuci.


8. Cuka apel.

foto: freepik.com



Nggak hanya ampuh mengatasi permasalahan wajah seperti jerawat, ternyata cuka apel dapat digunakan untuk mengatasi rambut kusam dan rontok. Kandungan asam dalam cuka apel mampu menjaga kestabilan pH kulit kepala serta menetralkan sisa produk perawatan rambut yang rata-rata bersifat basa.

Cara penggunaannya yaitu dengan mencampur tiga sendok cuka apel dengan satu sendok air. Lalu masukkan campuran tersebut ke botol semprotan. Kemudian semprotkan pada rambut setiap kali mandi, tunggu kira-kira 2 menit lalu bilas. Gunakan selam 3 kali dalam seminggu.


9. Alpukat.

foto: freepik.com



Cara lain untuk menumbuhkan rambut bisa juga dengan rutin mengonsumsi alpukat. Alpukat tinggi akan antioksidan dan merupakan sumber vitamin B dan E, yang mampu menguatkan rambut dan mencegah kerusakan.

Alpukat bisa kamu konsumsi sebagai jus, salad atau isian sandwich. Selain itu kamu juga bisa mencoba untuk dijadikan masker rambut buatan sendiri di rumah.


10. Madu.

foto: freepik.com



Bahan alami yang memiliki cita rasa manis ini secara alami dapat menyuburkan rambut. Sebab madu memiliki banyak kandungan vitamin E, vitamin C, vitamin A, kalsium, dan mineral yang akan menutrisi rambut menjadi subur.

Untuk memanfaatkan bahan alami ini caranya mudah, yakni dengan mengoleskan pada rambut layaknya masker rambut. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air.


11. Minyak jarak.

foto: freepik.com



Jika kamu ingin mengatasi masalah rambut tipis atau rontok dan ingin menumbuhkanya kembali, perawatan dengan minyak jarak bisa jadi solusinya. Cukup pijatkan dengan beberapa tetes minyak jarak pada kulit kepala dan rambut, kemudian diamkan selama satu jam agar minyak meresap ke akar rambut.

Bilas dengan air bersih, lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk mendapatkan rambut kuat, subur dan tebal.


12. Yogurt.

foto: freepik.com



Tak hanya untuk memperlancar pencernaan, yogurt juga dipercaya dapat dijadikan sebagai cara menumbuhkan rambut yang cepat dan aman. Campurkan yogurt dengan madu dan lemon atau bahan penyubur rambut lainnya. Gunakan sebagai masker atau untuk creambath. Dengan begitu rambut akan menjadi lebih subur dan kuat.

3 dari 3 halaman




13. Almond.

foto: freepik.com



Selain minyak kemiri dan juga minyak jarak, kamu juga dapat memanfaatkan minyak almond untuk menyuburkan rambut. Cara penggunaannya pun sama seperti layaknya pada minyak murni lainnya. Minyak almond sapat digunakan almond juga dapat digunakan bersama bahan alami penyubur rambut lainnya.


14. Bawang merah.

foto: freepik.com



Bumbu masakan ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penumbuh rambut di daerah kebotakan. Hal tersebut karena bawang merah mempunyai kandungan sulfur yang tinggi, yang menjadi stimulator yang alami. Selain itu bawang juga memiliki antibakteri yang membantu mengobati kebotakan.

Cara mengolahnya dengan menghaluskan satu siung bawang merah dan usapkan di daerah kebotakan secara teratur. Kemudian bilas dengan air bersih.


15. Jeruk nipis.

foto: freepik.com



Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut di kepala. Selain itu jeruk nipis juga dipercaya mampu menghilangkan ketombe yang sering kami menjadi penyebab kulit rontok.

Caranya, ambilah beberapa tetes jeruk nipis dan campurkan dengan sedikit air bersih. Lalu oleskan pada rambut secara merata terutama pada area yang mengalami kebotakan. Diamkan beberapa saat lalu bilas.


16. Daun bunga rosmery.

foto: freepik.com



Rosemary memiliki sifat antiseptik kuat membantu mengobati ketombe dan infeksi yang semuanya bisa menimbulkan risiko pada kerontokan rambut. Kamu bisa mengoleskan minyak rosemary pada rambut, karena mengandung antibakteri dan antioksidan yang unggul sehingga membuat rambutmu cepat tumbuh kembali.

Selain itu kamu bisa menyeduh bunga rosemary menjadi minuman yang bisa membantu mengatur sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Hal ini bisa membantu mengatasi kerontokan akibat sirkulasi darah yang tidak lancar di bagian kulit kepala.


17. Stroberi.

foto: freepik.com



Cara menumbuhkan rambut secara alami lainnya dengan menggunakan buah stroberi. Buah ini mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi alami. Kandungan tersebut akan membantu mengatur pH dan mengontrol produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Caranya cukup gunakan jus stroberi segar, campur dengan minyak kelapa dan madu, oleskan pada kulit kepala. Diamkan beberapa saat sebelum keramas.


18. Daun ketumbar.

foto: freepik.com



Tidak hanya untuk bumbu masakan, ketumbar ternyata bermanfaat pula untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut secara alami. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan memblender daun ketumbar ditambah sedikit air hingga kental. Kemudian bilas jus tersebut ke kepala dan rambutmu secara merata sambil dipijat perlahan. Diamkan hingga 30 menit, bilas hingga bersih.