Brilio.net - Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan minyak zaitun. Minyak zaitun adalah minyak yang berasal dari pohon zaitun. Pohon zaitun berasal dari mediterania ini minyaknya paling populer digunakan untuk memasak. Tapi selain untuk memasak, banyak juga yang memanfaatkan minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan.

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan dan untuk wajah, minyak zaitun ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat untuk rambut. Bahkan, minyak zaitun juga dapat mengatasi berbagai masalah rambut. Minyak zaitun memang digunakan wanita sejak zaman dahulu untuk membuat rambut mereka sehat.

Kandungan yang ada pada minyak zaitun adalah vitamin E, vitamin K, serta asam lemak. Minyak zaitun juga berfungsi untuk melembapkan, ini yang membuatnya baik digunakan untuk rambut. Jangan heran jika minyak zaitun dapat digunakan sebagai kondisioner. Selain mengandung vitamin, minyak zaitun juga mengandung elemen kimia seperti asam oleat, asam palmitat, dan squalene. Ketiga elemen tersebut adalah emolien yang menawarkan fungsi kualitas kelembutan.

Nah, jika kamu sudah sering menggunakan minyak ini untuk memasak atau sebagai produk skin care, sekarang kamu dapat mencoba manfaat minyak zaitun untuk kesahatan rambut.

Loading...

Berikut 13 manfaat minyak zaitun untuk rambut dan cara menggunakanya, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (28/10).

1. Minyak zaitun untuk menyuburkan rambut.

minyak zaitun untuk rambut istimewa

foto: freepik.com

Kamu dapat memanfaatkan minyak zaitun sebagai masker alami untuk membuat rambut tumbuh subuh dan sehat. Penggunaan minyak zaitun tidak mengandung efek samping. Cara menggunakan minyak zaitun untuk menyuburkan rambut agar tumbuh lebat cukup mudah. Hangatkan minyak zaitun sebelum digunakan, lalu oleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut. Beri pijatan ringan dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih.

2. Manfaat minyak zaitun untuk rambut beruban.

minyak zaitun untuk rambut istimewa

foto: freepik.com

Rasa kepercayaan diri akan berkurang jika ada uban atau rambut putih yang terlihat pada rambut. Minyak zaitun dapat menjadi bahan alami yang efektif untuk menghilangkan uban. Cara pemakaiannya pun mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke seluruh rambut, pijat sebentar, dan bungkus dengan handuk kering. Setelah itu, diamkan selama semalaman dan segera cuci rambut dengan menggunakan sampo pada pagi harinya. Jadi kamu bisa mencoba menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi uban pada malam hari sebelum tidur.

3. Manfaat minyak zaitun untuk menyehatkan rambut bayi.

minyak zaitun untuk rambut istimewa

foto: istimewa

Minyak zaitun adalah bahan alami, sehingga tentu saja tidak menyebabkan efek samping pada rambut bayi. Minyak ini dapat bermanfaat untuk membuat rambut si bayi jadi lebih sehat, hitam, dan lebat. Kamu dapat mengoleskan minyak zaitun ke rambut bayi maupun balita. Selanjutnya, beri pijatan yang sangat lembut, setelah itu diamkan selama 30 menit. Kamu dapat mencuci rambutnya dengan menggunakan sampo khusus bayi. Cuci rambut bayi hingga bersih dan tidak ada sisa minyak yang tertinggal.

4. Manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok.

minyak zaitun untuk rambut istimewa

foto: freepik.com

Masalah rambut rontok bisa dialami siapa saja. Mungkin kamu sudah mencoba berbagai jenis sampo, tapi kerontokan rambut tak kunjung berhenti? Kamu bisa coba menggunakan minyak zaitun. Cara menggunakannya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampur 1 sendok makan minyak kelapa dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Kemudian, oleskan ke kulit kepala sembari dipijat selama 15 menit. Bungkus rambut menggunakan handuk dan diamkan semalaman. Keesokan harinya segera bersihkan rambut dengan sampo dan air bersih.

5. Manfaat minyak zaitun untuk rambut kering.

minyak zaitun untuk rambut istimewa

foto: freepik.com

Salah satu manfaat populer dari minyak zaitun adalah untuk melembapkan rambut yang kering. Pasalnya, minyak zaitun mengandung vitamin dan protein yang dapat berperan sebagai pelembap rambut alami. Jadi, tak ada salahnya bila kamu mencoba perawatan rambut kering dengan minyak ini. Cara menggunakannya sangat sederhana, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut, beri pijatan lembut, dan tutup dengan handuk bersih selama 20 menit. Setelah itu, bilas dan cuci rambut sampai bersih.

6. Manfaat minyak zaitun untuk rambut bercabang.

minyak zaitun untuk rambut istimewa

foto: freepik.com

Rambut kering dan bercabang adalah permasalahan yang hampir sama. Menggunakan sampo saja terkadang tidak cukup untuk mengatasi masalah ini. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut bercabang. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke bagian rambut yang bercabang. Namun jika ingin hasil yang lebih maksimal, kamu dapat mengoleskan minyak ini ke seleruh bagian rambut. Kemudian diamkan selama 30 menit, dan bilas dengan menggunakan air hangat.

7. Manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe.

minyak zaitun untuk rambut istimewa

foto: freepik.com

Ketombe adalah kulit kepala yang terkelupas, terkadang ketombe juga disertai dengan rasa gatal yang sangat menggangu. Terkadang perawatan dengan sampo saja tidak cukup untuk mengatasi ketombe. Kamu memerlukan bahan alami lain yang dapat mengatasi ketombe, yakni minyak zaitun. Kamu hanya perlu membuat masker untuk rambut berketombe dengan mencampurkan 4 sendok makan minyak almond. Oleskan masker ke seluruh bagian rambut dan pijat-pijat selama 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air dan sampo dengan bersih.

8. Manfaat minyak zaitun untuk meluruskan rambut.

minyak zaitun untuk rambut istimewa

foto: Unsplash.com

Bagi kamu yang memiliki rambut keriting atau bergelombang. Kamu bisa mencoba menggunakan minyak zaitun untuk meluruskan rambut secara alami. Caranya, campurkan minyak zaitun dengan 2 butir telur. Kemudian campuran minyak zaitun dan telur tadi digunakan sebagai masker untuk rambut. Diamkan kurang lebih selama 2 jam. Setelah itu, bilas rambut dengan air dan keramas menggunakan sampo.

9. Manfaat minyak zaitun untuk rambut kasar dan kusam.

minyak zaitun untuk rambut istimewa

foto: Unsplash.com

Mungkin kamu menjadi kurang percaya diri dengan tipe rambut yang kasar dan mudah kusam. Namun jangan khawatir, kamu dapat menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi rambut kasar dan kusam. Cara menggunakannya cukup mudah, setelah keramas, teteskan sedikit minyak zaitun ke rambut, lalu sisir rambut sampai rapih. Minyak zaitun akan menjadi serum alami untuk mengatasi rambut kasar dan kusam.

10. Minyak zaitun untuk mengatasi kutu rambut.

minyak zaitun untuk rambut istimewa

foto: Unsplash.com

Kutu rambut adalah parasit yang sangat menggangu yang dapat menyebabkan rasa gatal yang berlebihan. Nah, sembari memberikan terapi dengan obat kutu, kamu bisa mencoba mengaplikasikan minyak zaitun. Cara menggunakannya, oleskan minyak zaitu dari dari akar sampai ujung rambut setiap malam. Lakukan hal ini selama 1 minggu, karena minyak zaitu akan melemaskan dan mematikan kutu.

11. Manfaat minyak zaitun untuk rambut mengembang.

minyak zaitun untuk rambut istimewa

foto: Unsplash.com

Rambut yang mengembang dan sulit diatur adalah masalah yang dialami sebagian besar wanita. Nah, minyak zaitun ternyata mampu mengatasi permasalahan rambut mengembang. Hanya dengan mengoleskan minyak zaitun ke rambut dan diamkan selama 15 menit, rambut akan kembali mudah diatur. Lakukan perawatn ini setiap hari sampai rambut tidak mengembang lagi.

12. Manfaat minyak saitun untuk mengembalikan kilau alami rambut.

minyak zaitun untuk rambut istimewa

foto: Unsplash.com

Selain kelemababan rambut kembali, hasil akhir yang bisa kamu dapatkan adalah rambut terlihat sehat dan berkilau. Selain vitamin E dan K, minyak zaitun juga kaya akan vitamin A dan antioksidan. Kandungan tersebut dapat melindungi keratin pada rambut dan menahan kelembapannya. Kamu cukup menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner.

13. Manfaat minyak zaitun untuk menguatkan rambut.

minyak zaitun untuk rambut istimewa

foto: Unsplash.com

Minyak zaitun mengandung berbagai vitamin yang berkhasiat untuk mengunci keratin yang tersimpan pada akar rambut. Penggunaan minyak zaitun secara rutin dapat menguatkan rambut yang baru tumbuh.

reporter: mgg/gusti ridani