Brilio.net - Di kalangan milenial saat ini, melihat orangtua mengunyah daun sirih mungkin membuat risih. Tapi sebelum kamu menyatakan tidak suka pada daun sirih, kamu harus tahu jika daun yang satu itu sangat berguna. Daun sirih punya banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang luar biasa. Dengan lebih dari 100 varietas, daun sirih menjadi pengobatan tradisional orang India dan Cina sejak dulu.Dilansir dari stylecraze.com, daun sirih termasuk keluarga Piperaceae (keluarga lada hitam). Ada sekitar 100 varietas sirih tersebar di dunia. Ekstrak daunnya mengandung senyawa yang dapat membantu mengelola diabetes, infeksi gigi, dan efek samping kanker. Menurut Ayurveda (pengobatan kuno India), daun sirih sudah jadi obat mereka sejak 400 SM silam dan di sana daun sirih dilambangkan sebagai daun 'emas'. Terlihat sederhana tapi ternyata punya segudang manfaat bagus untuk tubuh.  Seolah alam tidak pernah gagal mengejutkan manusia. Daun sirih juga sangat bagus dimanfaatkan untuk kecantikan. Kandungan minyak atsiri yang ada pada daun sirih, membuatnya jadi punya sifat antibakteri, antiprotozoal, dan antijamur. Kamu bisa mengaplikasikan daun sirih ini untuk wajah, rambut, atau pun seluruh tubuhmu. Kendati punya banyak manfaat, namun daya jual daun sirih ini masih tergolong murah. Kamu bisa membeli daun sirih ini di pasar tradisional atau di supermarket terdekat.Nah, apa saja manfaat daun sirih untuk kecantikan? Simak rangkumannya di bawah ini, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (26/12).

Loading...

1. Mengatasi rambut rontok.

foto: freepik.com



Daun sirih digunakan dalam praktek Ayurveda untuk masalah yang berkaitan dengan rambut rontok. Kamu dapat menggunakannya di rumah untuk menangani masalah rambut rontok.

Kamu membuat ramuan perawatan ini sendiri dengan cara menggiling daun sirih dengan minyak wijen sampai halus. Lalu jadikan sebagai masker rambut anti rontok. Oleskan ke semua bagian kulit kepala dan biarkan selama satu jam. Setelah itu cuci bersih menggunakan sampo ringan dan keringkan rambutmu seperti biasa.


2. Mengusir bau mulut.

foto: freepik.com



Kecantikan tidak hanya berasal dari luar tubuh saja, melainkan juga dari dalam. Hal ini berkaitan juga dengan masalah bau mulut. Alasan mengapa daun sirih dimakan setelah makan malam ternyata untuk mengusir bau mulut.

Daun sirih adalah penyegar mulut alami. Kamu bisa terlepas dari bau mulut dengan cepat dan menyembuhkan masalah mulut lainnya juga. Pada zaman kuno, itu digunakan untuk mencegah rongga dan pendarahan gusi.


3. Obat anti-jerawat.

foto: freepik.com



Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dalam daun sirih sangat bagus untuk mengobati gejala jerawat. Cara menggunakannya mudah, kamu hanya perlu mencuci wajah dengan rebusan air sirih.

Atau oleskan pasta daun sirih dan kunyit ke wajahmu. Tunggu beberapa menit, lalu bersihkan wajah sampai bersih. Lakukan ini dua kali sehari, terutama setelah kamu sampai di rumah.


4. Menghilangkan bau badan.

foto: freepik.com



Nggak hanya bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut, daun sirih juga bisa membantu menghilangkan bau badan secara alami. Caranya, blender halus daun sirih. Lalu tuangkan jus daun sirih ke air mandi.

Setelah mandi, badanmu akan terasa sangat segar karena kuman penyebab bau badan sudah mati. Selain dengan cara tadi, kamu juga bisa mengonsumsi minuman yang dibuat dari rendaman beberapa daun sirih dalam air matang secara teratur. Daun sirih dapat mendetoksifikasi tubuh dan membunuh semua jenis bau badan yang tidak menyenangkan.


5. Mengatasi penumpukan air di bawah kulit.

foto: freepik.com



Mengonsumsi makanan yang tidak sehat secara berlebihan seperti alkohol dan garam, dapat membentuk penumpukan air di bawah kulit. Akibatnya perutmu akan terlihat lebih buncit dan pipi lebih tembem dari biasanya.

Untuk mengatasi masalah ini secara alami, kamu bisa memanfaatkan daun sirih. Karena daun sirih sendiri bersifat diuretik yang dapat membantu meluruhkan cairan. Caranya tumbuk sedikit daun sirih, peras airnya, lalu campur dengan air hangat secukupnya.


6. Membersihkan vagina.

foto: freepik.com



Masalah pada bagian intim wanita, dapat mengganggu rasa kepercayaan diri seseorang. Adanya bau tak sedap, rasa gatal, keputihan, dan masalah lainnya dapat diatasi dengan daun sirih.

Sudah lama daun sirih dipercaya dapat membuat kesan vagina. Cara menggunakannya mudah, rebus beberapa daun sirih. Tunggu hingga air rebusan dingin. Lalu gunakan air tersebut untuk membilas vagina setelah buang air kecil atau mandi.

2 dari 2 halaman




7. Pereda gatal.

foto: freepik.com



Khasiat daun sirih yang lainnya adalah memberikan efek 'tenang' bagi kulit. Kamu bisa terhindar dari rasa gatal akibat alergi atau gigitan serangga.

Caranya rebus 10 daun sirih, lalu angkat dari api tepat saat daun sudah layu. Campurkan air rendaman daun sirih ke dalam bak mandi. Lalu berendamlah di dalam air tersebut. Sifat antiinflamasi daun ajaib akan mengurangi rasa gatal dan bengkak.


8. Menurunkan berat badan.

foto: freepik.com



Banyak wanita ingin mendapatkan tubuh cantik dan ideal. Kamu bisa mendapatkan hasil itu menggunakan daun sirih. Dengan mengonsumsi daun sirih, dapat bermanfaat meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Sehingga sistem sekresi pencernaan akan lancar, buang air besar pun juga bisa setiap hari. Dengan begitu, racun yang ada di dalam tubuh akan hilang, badan pun akan lebih langsing.


9. Mencegah komedo.

foto: freepik.com



Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri pada daun sirih memang ampuh untuk mengatasi segala masalah kulit. Komedo menjadi salah satu masalah yang umum dan sering terjadi. Tak perlu pusing, kamu bisa mengandalkan daun sirih untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini.

Caranya rebus beberapa lembar daun sirih, lalu tunggu sampai airnya dingin. Kemudian gunakan air rendaman tersebut untuk membasuh wajahmu.


10. Memudarkan flek hitam dan bekas jerawat.

foto: freepik.com



Jerawat membandel memang masalah yang menyebalkan untuk semua orang. Namun saat ini kamu bisa mengatasi sisa flek hitam dan bekas jerawat hanya dengan daun sirih. Karena senyawa yang ada pada daun sirih dapat memudarkan hiperpigmentasi akibat sinar ultraviolet, jerawat, maupun pemakaian kosmetik.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menumbuk beberapa daun sirih, lalu tambahkan air jeruk nipis. Rendam handuk atau kain lembut, lalu kompres wajah menggunakan rendaman campuran daun sirih dan air jeruk nipis tadi.


11. Mempercantik dan menyehatkan mata.

foto: freepik.com



Daun sirih punya sifat anti bakteri dan antiinflamasi. Kamu bisa mendapatkan mata sehat, jauh dari berbagai penyakit gatal hanya dengan memanfaatkan daun sirih ini.

Caranya mudah, cuci bersih dan rebus 20 lembar daun sirih hijau atau merah, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci mata.


12. Membunuh bakteri penyebab bisul di wajah.

foto: freepik.com



Selain mencegah jerawat dan dapat menghilangkan bekasnya, daun sirih juga dapat mengangkat kotoran dan debu pada wajah. Gunakan daun sirih untuk membasuh wajahmu secara alami.

Caranya campurkan perasan air daun sirih dengan sedikit air kunyit kental. Kemudian oleskan pada wajah, diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu bilas wajah seperti biasa sampai bersih.