Brilio.net - Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang sudah sangat populer. Tidak hanya dikenal dapat melezatkan makanan saja, namun juga bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Dilansir dari healthline.com, sepanjang sejarah kuno, penggunaan utama bawang putih adalah untuk kesehatan di beberapa negara, seperti Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi, dan Cina.

Para ilmuwan sekarang tahu bahwa sebagian besar manfaat kesehatannya disebabkan oleh senyawa belerang yang terbentuk ketika siung bawang putih dicincang, dihancurkan atau dikunyah. Beberapa senyawa yang memiliki peran penting dalam bawang putih adalah allicin, diallyl disulfide, dan s-allyl cysteine.

Satu siung (3 gram) bawang putih mentah mengandung:
- Mangan: 2% dari Nilai Harian (DV)
- Vitamin B6: 2% dari DV
- Vitamin C: 1% dari DV
- Selenium: 1% dari DV
- Serat: 0,06 gram
- Jumlah kalsium, tembaga, kalium, fosfor, zat besi, dan vitamin B1 yang cukup
Ini 4,5 kalori, 0,2 gram protein dan 1 gram karbohidrat.

Bawang putih juga mengandung sejumlah kecil nutrisi lainnya. Bahkan hampir semua yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah ada banyak cara mengolah bawang putih, salah satunya direbus. Air rebusan bawang putih itulah nantinya yang akan dikonsumsi secara rutin untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Loading...

Berikut ini manfaat bawang putih untuk kesehatan, seperti diansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (13/7).

1. Obati batuk dan flu.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Flu dan batuk kerap datang beriringan, kondisi ini bisa membuat tubuh menjadi lemas dan ada pula yang sampai demam. Untuk mengatasinya, kamu cukup meminum rebusan bawang putih, pasalnya senyawa yang terdapat pada bawang putih terbilang sangat efektif dalam membasmi kuman dan bakteri penyebab flu dan batuk.

2. Menjaga kesehatan paru-paru.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Bawang putih rebus dapat menjaga kesehatan paru-paru. Hal ini dikarenakan kandungan antibakteri dan antimikrobanya pada bawang putih mampu membunuh patogen atau sumber penyakit asma hingga infeksi paru-paru. Ada baiknya bagi penderita asma mengonsumsi rebusan bawang putih dan menjaga pola hidup sehat.

3. Meningkatkan stamina.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Stamina dan daya tahan tubuh sangat dibutuhkan setiap orang agar bisa menjalani aktivitas dengan baik. Bawang putih rebus memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa kelelahan berlebih yang dialami seseorang setelah beraktivitas berat.

4. Mencegah alzheimer.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Jangan meremehkan alzheimer meski kamu masih muda, karena penyakit ini tidak hanya menyerang para lansia saja. Oleh karenanya dari sekarang kamu harus terus mengasah kemampuan otak mu dan menjaga kesehatannya dengan mengonsumsi rebusan bawang putih. Perlu kamu ketahui, ketika merebus jangan menambahkan bahan lainnya, rebusan alami akan memiliki manfaat besar.

5. Mencegah kanker.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Sembuh dari kanker merupakan sebuah keajaiban, ini berarti tingkat kesembuhannya sangat kecil. Kamu harus berhati-hati dengan kanker, mulai sekarang terapkan pola hidup sehat, pilih makan makanan sehat.

Kandungan sulfur bioaktif pada bawang putih bisa mencegah pembentukan sel kanker pada tubuh kita. Jadi mengonsumsi rebusan bawang putih secara rutin akan menghindari kamu dari kanker.

6. Menjaga kesehatan jantung.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Jantung merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting di dalam tubuh. Kadar kolesterol dan tekanan darah di dalam tubuh memiliki pengaruh besar bagi kesehatan jantung. Oleh karenanya. kolesterol dan tekanan darah yang stabil juga dapat membantu jantung untuk bekerja secara maksimal.

Untuk itu kamu bisa mengonsumsi rebusan bawang putih, karena dapat menekan kadar kolesterol dan tekanan darah akan stabil. Sehingga jantung terjaga kesehatannya.

7. Mengobati keputihan.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: freepik.com

Keputihan menjadi masalah bagi banyak perempuan, sebenarnya ini bukan masalah besar. Namun jika keputihan sesudah menyebabkan rasa gatal maka harus diwaspadai. Kandungan zat antijamur, antimikroba, dan antibakteri yang terkandung dalam satu jenis umbi tersebut bisa menyembuhkan keputihan. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih dengan cara direbus.

8. Mengatasi kolesterol.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: freepik.com

Mengonsumsik rebusan bawang putih dapat mengatasi kolesterol. Kolesterol jahat diketahui dapat menyebabkan aliran darah terganggu hingga menimbulkan berbagai macam penyakit. Untuk itu penting menjaga pola hidup sehat dan rutin konsumsi bawang putih rebus.

9. Menjaga kesehatan pencernaan.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Bawang putih mengandung zat antimikroba yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Mengonsumsi bawang putih rebus dapat mengatasi wasir.

10. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: pexels.com

Bagi penderita hipertensi dan hipotensi mengonsumsi bawang putih rebus sangat baik. Menurut healthline.com bawang putih rebus terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Seseorang yang mengonsumsi bawang putih rebus akan memiliki tekanan darah stabil dalam waktu 24 minggu setelah mengonsumsi dalam jumlah 600 hingga 1.500 mg.