1. Home
  2. »
  3. Info
foto: Instagram/@eatfloks

Lola Lolita 06 Juli 2019 04:02

Brilio.net - Indonesia merupakan negara tropis sehingga banyak jenis tanaman yang dapat tubuh di negara kita ini. Seiring dengan perkembangannya zaman, penelitian terhadap suatu hal pun semakin berkembang pesat. Seperti halnya penelitian mengenai manfaat dari berbagai jenis tanaman yang terdapat di Indonesia. Salah satunya adalah daun jati.

Daun jati dikenal dengan manfaatnya yang tinggi. Selain bisa dibuat sebagai ekstrak cairan antiseptik, daun jati juga bermanfaat untuk membungkus makanan. Nasi, tape ketan, bahkan aneka lauk bisa dibungkus dengan daun jati. Umumnya makanan tradisional seperti nasi pecel dan nasi jamblang disajikan dengan dibungkus daun jati.

Jika dibandingkan dengan plastik minyak, kertas minyak, atau styrofoam, tentu saja daun jati bisa menjadi pembungkus makanan yang cukup baik. Daun jati juga sangat ramah lingkungan.

Barikut manfaat daun jati sebagai pembungkus makanan yang dilansir brilio.net dari liputan6.com, Sabtu (6/7).

1. Menjaga kehangatan makanan.

 instasaver.org © 2019 brilio.net

foto: instasaver.org

Jika kamu menggunakan daun jati untuk membungkus makanan, maka makanan akan tahan lama dan terasa masih hangat. Hal ini dikarenakan tekstur daun jati yang tebal dan lebar. Nasi yang dibungkus rapat dengan daun jati bisa bertahan dalam waktu cukup lama dalam keadaan masih hangat.

2. Aroma yang khas.

picbat.com © 2019 brilio.net

foto: picbat.com

Aroma pada makanan yang sangat mengunggah selera seseorang. Jika makanan dibungkus dengan daun jati, maka makanan tersebut akan mengeluarkan aroma khas daun jati.  Aneka menu nasi tradisional yang dibungkus dengan daun jati akan terasa lebih istimewa karena aromanya yang menggugah selera. Aroma tape ketan akan lebih kuat jika menggunakan daun jati sebagai pembungkusnya.

3. Terhindar dari bahan kimia berbahaya.

cooklikececilia.com © 2019 brilio.net

foto: cooklikececilia.com

Jika dibandingkan menggunakan pembungkus dari plastik atau styrofoam, daun jati merupakan pembungkus alami. Jika pembungkus umumnua mengandung bahan kimia apabila tercampur dengan makanan bisa membahayakan kesehatan. Beda halnya dengan daun jati yang justru bisa menghindarkan dari bahan kimia.

(brl/red)

Brilio News Daun jati Manfaat daun jati Makanan Kuliner Indonesia
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    100%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

3 Manfaat membungkus makanan dengan daun jati, menambah aroma .
Daun jati juga sangat ramah lingkungan.
https://brilistyle.brilio.net/info/manfaat-membungkus-makanan-dengan-daun-jati-menambah-aroma--1907057.html
SEND
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

Top BACK TO TOP