Brilio.net - Kamu yang hobi makeup, masih ingat kapan terakhir kali membersihkan brush dan alat lainnya? Memang sih rada malas membersihkannya, tapi kamu patut waspada lho. Ternyata banyak bakteri yang sembunyi di kosmetik dan brush makeupmu. Ada bahaya yang siap mengancammu kapan saja.

Nggak heran kalau banyak makeup artist atau beauty professional mengajakmu untuk membersihkan kosmetik dan brush. Alasannya adalah kosmetik dan brush makeup adalah tempat berkembang biak paling sempurna bagi sejumlah bakteri, bahkan yang mematikan sekalipun.

Seperti brilio.net lansir dari BT, Minggu (12/3), penelitian baru-baru ini menemukan sebanyak enam jenis bakteri yang berkembang biak di kosmetik kedaluarsamu dan brush makeup. Termasuk bakteri mematikan yang dapat menyebabkan meningitis.

Rakesh Aggarwal, CEO escentual.com mengatakan bahwa,"Kebanyakan wanita kurang waspada dengan kosmetik mereka yang berpotensi tempat berkembang biak bakteri mematikan.

"Penelitian ini bahkan mengejutkan kami dan menunjukkan risiko kesehatan yang sangat serius. Ibu hamil atau ibu dengan bayi butuh perhatian ekstra setelah bakteri mematikan meningitis bernama Enterococcus Faecalis/Faecium ditemukan pada beberapa makeup kedaluarsa," ungkap Rakesh.

6 Jenis bakteri yang ditemukan dalam produk kecantikan antara lain:



1. Enterococcus faecalis, salah satu bakteri penyebab infeksi meningitis.

2. Eubacterium, yang menyebabkan infeksi bakteri pada vagina.

3. Aeromonas, salah satu bakteri yang menyebabkan gastroenteritis dan infeksi luka.

4. Staphlyoccocus epidermidis, bakteri jahat yang tahan antibiotik dan sangat mematikan. Biasanya ditemukan pada orang-orang yang di rumah sakit, seperti orang yang dipasang kateter atau bedah implan.

5. Propionibacterium, salah stu bakteri yang menyebabkan jerawat dan kondisi kulit lainnya.

6. Enterobacter, bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih dan pernafasan.