Brilio.net - Garam merupakan bumbu dapur yang terkenal memiliki beberapa kegunaan dengan berbagai macam manfaat yang ditawarkan. Salah satu kegunaan garam selain untuk memasak yang sebagai campuran air untuk mandi atau berendam.

Setelah seharian melakukan berbagai aktivitas di luar rumah, tubuh menjadi kotor karena terpapar debu dan polusi maupun polutan lain. Setelah itu perlu membersihkan tubuh dengan tujuan agar menjadi segar dan bersih kembali. Nah, kamu dapat mencoba mandi dengan air yang sudah dicampur dengan garam karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat mandi dengan air garam bisa didapatkan karena adanya kandungan mineral pada garam seperti kalsium, potasium, silikon, sodium, dan lain sebagainya. Di mana mineral tersebut merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh kulit dan tubuh.

Mandi air garam dapat membantu menjaga tubuh kita tetap bersih sekaligus meredakan nyeri otot, menenangkan pikiran, dan menghilangkan patogen sekaligus. Mineral seperti magnesium dan kalium yang ditemukan dalam garam Epsom dan garam laut dapat ditarik ke dalam aliran darah selama mandi air hangat untuk menghilangkan racun dan menyeimbangkan seluruh tubuh.

Loading...

Adapun manfaat yang dapat dirasakan dari mandi air garam yaitu sebagai berikut, dilansir brilio.net dari healthline dan sumber lainnya pada Rabu (26/8)


1. Mengobati rematik.

Manfaat mandi garam © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Menurut tinjauan sistematis yang diterbitkan dalam jurnal Seminars in Arthritis and Rheumatism, mandi garam laut terbukti bermanfaat dalam mengobati penyakit rematik, termasuk artritis reumatoid, radang sendi psoriatis, spondilitis ankilosa, dan osteoartritis lutut.


2. Mendetoks tubuh.

Manfaat mandi garam © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mandi detoks umumnya terbuat dari garam Epsom atau garam inggris. Mineral dalam mandi detoks dipercaya dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh untuk meningkatkan kesehatan, menghilangkan stres, mengatasi sembelit, dan membantu penurunan berat badan.

Penyerapan magnesium adalah manfaat penting lainnya dari mandi detoks garam Epsom. Sebuah studi tahun 2004 terhadap 19 peserta menemukan bahwa 17 dari mereka mengalami peningkatan kadar magnesium dan sulfat dalam darah setelah mandi garam Epsom.


3. Meredakan nyeri otot.

Manfaat mandi garam © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mandi dengan air garam dapat membantu meredakan nyeri otot dengan mengendurkan otot yang tegang dan mengurangi peradangan. Gunakan 2 cangkir garam Epsom atau garam inggris untuk bak mandi air hangat ukuran standar.

Tuang garam Epsom ke dalam air mengalir untuk membantunya larut lebih cepat. Mengaduk air dengan tangan akan membantu melarutkan butiran yang tersisa. Kemudian rendam tubuh setidaknya selama 12 menit.

Menambahkan beberapa tetes minyak esensial kulit kayu manis yang diencerkan juga dapat membantu meredakan nyeri otot. Minyak kayu manis memiliki efek menghangatkan pada kulit yang beberapa orang dapat meredakan nyeri otot. Sebuah studi tahun 2017 juga menemukan itu sebagai agen anti-inflamasi yang menjanjikan.


4. Meredakan iritasi kulit.

Manfaat mandi garam © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mandi dengan air garam dapat digunakan untuk meredakan peradangan dan iritasi kulit yang disebabkan oleh eksim, psoriasis, dermatitis kontak, dan kutu air. National Eczema Association merekomendasikan untuk menambahkan 1 cangkir garam meja ke dalam bak mandi. Kamu juga dapat menggunakan garam Epsom atau garam laut untuk mengatasi iritasi dan peradangan kulit.


5. Mengatasi insomnia.

Manfaat mandi garam © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kandungan magnesium yang terdapat dalam garam Inggris dipercaya dapat merangsang seseorang untuk segera tidur. Hal ini karena magnesium dapat membantu tubuh memproduksi hormon yang menimbulkan rasa kantuk, yaitu melatonin.

Di samping itu, magnesium dalam garam Epsom juga dapat membantu mengurangi stres, sehingga dapat membuat seseorang jadi lebih relaks dan mudah tertidur. Beberapa orang mengklaim bahwa mandi garam Epsom dapat membalikkan masalah ini dengan membiarkan tubuh akan menyerap magnesium melalui kulit.


6. Membangun kekebalan tubuh.

Manfaat mandi garam © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Rutin memanjakan diri dengan mandi garam laut, berarti kita mengekspos diri kita untuk menyerap mineral ke dalam tubuh yang akan meningkatkan ketahanan tubuh. Mirip dengan efek latihan fisik, mandi air garam hangat juga ditemukan memicu respons anti-inflamasi yang penting untuk meningkatkan kemampuan tubuh kita dalam menangkal dan melawan penyakit.


7. Meningkatkan kesehatan kulit.

Manfaat mandi garam © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mineral di dalam larutan garam membuat kulit lebih sehat dan awet muda. Saat kita keluar dari air garam setelah berendam, kulit kita akan menjadi halus. Mandi air garam juga membantu membersihkan kotoran dari kulit dan menyeimbangkan tingkat kelembapan kulit.

Garam tidak hanya baik untuk kulit kering, gatal, dan jerawat. Penelitian telah menunjukkan bahwa soda kue dalam larutan garam mungkin berguna sebagai agen antijamur untuk kulit dan kuku.


8. Melancarkan sistem pernapasan.

Manfaat mandi garam © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Alergi dan infeksi dapat menyebabkan penumpukan lendir pada saluran pernapasan. Mandi garam tidak hanya membantu menghilangkan penumpukan lendir yang ada, tetapi juga membantu mencegahnya. Sehingga mandi air garam hangat dapat melancarkan sistem penapasan.


9. Mengurangi stres.

Manfaat mandi garam © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Salah satu manfaat garam inggris adalah dapat mengurangi stres. Caranya, kamu dapat mencampurkan dua cangkir garam inggris ke dalam air hangat untuk berendam. Hal ini terjadi karena magnesium dikenal untuk mengurangi stres dan memperbaiki gangguan neuropsikiatri.


10. Mengobati arthritis.

Manfaat mandi garam © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

The Arthritis Foundation merekomendasikan untuk berendam dan melakukan peregangan ketika mandi garam hangat untuk membantu meredakan sendi yang kaku dan sakit. Mandi garam hangat juga bisa meredakan nyeri otot setelah berolahraga.