Brilio.net - Padmavati merupakan salah satu film paling kontroversial selama tahun 2017 ini. Sejak pengumuman, dalam proses pembuatan film ini telah banyak mengalami berbagai permasalahan dari berbagai kelompok komunal. Bahkan yang paling baru ada ancaman pemenggalan kepala Deepika Padukone dan Sanjay Leela Bhansali. Akhirnya, pihak rumah produksi film ini pun harus terus menggeser jadwal tanggal perilisannya.

Nah, ternyata Padmavati bukan lah film pertama yang dicampurin oleh politik, tetapi ada beberapa lainnya. Film-film ini ternyata ikut dilarang dan diprotes karena dianggap menyinggung pihak-pihak tertentu. Bahkan sekelas partai penguasa di India pun tak tinggal diam atas perilisan film-film ini. Penasaran film apa saja?

Yuk, simak 6 film Bollywood yang juga dilarang karena tuai kontroversi seperti dilansir brilio.net dari laman Bollyworm, Selasa (28/11).


1. Ae Dil Hai Mushkil.

film bollywood tuai kontroversi selain padmavati  © 2017 brilio.net

foto: imdb.com


FIlm Karan Johar yang dirilis tahun lalu ini juga ternyata tak luput dari masalah. Ae Dil Hai Mushkil menghadapi banyak tentangan dari partai politik pasca serangan Uri.

Setelah serangan tersebut, IMPPA melarang para seniman Pakistan untuk bekerja di India. Film ini mendapat banyak kritik dan pertentangan karena aktor Pakistan Fawad Khan adalah bagian dari drama romantis ini.

Setelah mendapat banyak kritik, Karan Johar harus merilis video klarifikasi dengan mengatakan, "Dia tidak dikaitkan dengan seniman dari Pakistan."


2. OMG – Oh My God!.

Loading...

film bollywood tuai kontroversi selain padmavati  © 2017 berbagai sumber

foto: amazon.com


Akshay Kumar dan Paresh Rawal bermain di drama komedi satir di mana malah menuai banyak kontroversi. Dalam film tersebut terdapat penggambaran dewa-dewa Hindu terkemuka dan tradisi spiritual India.

Wakil Presiden Kongres Jalilhar Mahila Nimisha Mehta mengajukan keberatannya kepada Akshay Kumar dan Paresh Rawal karena telah menyakiti sentimen keagamaan umat Hindu. Pemutaran film tersebut dihentikan di Ludhiana, Amritsar, Nawanshahr, Hoshiarpur dan tempat-tempat lain di Punjab.


3. Goliyon Ki Rasleela: Ram-Leela.

film bollywood tuai kontroversi selain padmavati  © 2017 berbagai sumber

foto: rediff.com


Film karya Sanjay Leela Bhansali ini juga ditentang oleh berbagai kelompok politik karena judulnya yang kontroversial. Sebuah petisi diajukan terhadap film tersebut di Pengadilan Gujarat oleh Rajput Samaj dari Ahmedabad karena salah menafsirkan sejarah komunitas Rajput dan Rabari.

Kelompok Hindu bahkan mempermasalahkan judul, dan berujung diubah dari Ramleela menjadi Ram-Leela.


4. My Name Is Khan.

film bollywood tuai kontroversi selain padmavati  © 2017 berbagai sumber

foto: imdb.com


Film My Name Is Khan juga dihadapkan permasalahan dari partai politik setelah Shah Rukh Khan mengkritik bahwa para pemain Pakistan tidak dibeli oleh klub untuk bermain IPL. Partai politik tersebut menginginkan permintaan maaf dari raja Bollywood itu karena pernyataannya dan mereka bahkan mengancam akan menghentikan perilisan film tersebut.


5. Bajirao Mastani.

film bollywood tuai kontroversi selain padmavati  © 2017 berbagai sumber

foto: empirecinemas.co.uk


Seperti drama kolosal sejarah Padmavati, film karya Sanjay Leela Bhansali ini pun sama nasibnya. Film ini ditentang oleh berbagai kelompok politik karena mengubah sejarah. Ada demonstrasi di Pune yang dilakukan oleh keturunan keluarga Peshwa dan Chhatrasal.


6. PK.

film bollywood tuai kontroversi selain padmavati  © 2017 berbagai sumber

foto: imdb.com


Film Aamir Khan ini pun juga dikelilingi oleh kontroversi karena melukai sentimen agama kelompok Hindu dan Islam. Akibatnya Anggota Dewan Hukum Personal Seluruh Masyarakat India Muslim meminta dewan sensor untuk menghapus adegan yang menyinggung. Bahkan The Vishwa Hindu Parishad menuntut pelarangan film tersebut.