Brilio.net - Kehidupan sekitar dapat memberi inspirasi siapa saja untuk berkarya. Drama yang dekat kehidupan siapa saja akan mudah diterima dan menjadi sesuatu yang diperbincangkan orang di manapun.

Biasanya ada sesuatu yang tak umum dari karakter dalam suatu karya sehingga membuat orang tertarik mengamati lebih dekat. Karakter atau tokoh dalam karya tenar berikut ini ternyata diilhami dari karakter orang di dunia nyata.

Beberapa diantaranya berupa film, ada pula novel maupun komik. Berikut diantaranya, seperti dirilis brilio.net dari ranker, Selasa (15/11).

1. Ed Gein: Norman Bates, Buffalo Bill, Leatherface.

Loading...

karakter nyata -foto: ranker

Norman Bates (Psycho), Buffalo Bill (The Silence of the Lambs), dan Leatherface (The Texas Chainsaw Massacre) adalah sosok pembunuh yang amat tenar.

Ed Gein telah melakukan aksi pembunuhan sadis seperti yang dilakukan tiga sosok di atas. Duh! Gein menyimpan kulit dan tulang korban-korbannya. Dia juga tak segan-segan menguliti mayat yang diambil dari kuburan. Gein tinggal di Wisconsin, AS dan hidup pada 1906-1984.

2. Hiram Bingham III: Indiana Jones.

karakter nyata -foto: ranker

Indiana Jones adalah pengembara jenius yang punya sense petualang. Karakter ini diciptakan oleh George Lucas.

Hiram Bingham III adalah seorang petualang akademis. Dia pernah menjadi dosen, profesor, arkeolog, hingga menjadi politisi. Sosoknya diakui sebagai inspirasi Indiana Jones. Bingham hidup pada 1875-1956 di Hawai, AS.

3. Palle Huld: Tintin.

karakter nyata -foto: ranker

Tintin adalah petualang muda yang keliling dunia dengan anjingnya, Snowy. Sosok Tintin dalam dunia nyata yaitu Palle Huld, seorang aktor dan penulis yang pada umur 15 tahun berkeliling dunia setelah memenangkan kontes Jules Verne.

Huld berasal dari Denmark dan hidup pada 1912-2010. Dia menginspirasi Kartunis belgia Georges Prosper Remi untuk menciptakan karakter Tintin pada tahun 1920an.

4. John Gray: Dorian Gray.

karakter nyata -foto: ranker

Dorian Gray adalah sosok pria narsis yang diabadikan dalam lukisan minyak dalam novel Oscar Wilde, Lukisan Dorian Gray.

John Gray adalah penulis puisi Inggris yang menjalin hubungan dengan Oscar Wilde. Pria yang hidup antara 1866-1934 adalah inspirasi utama Oscar Wilde.

5. Forest Yeo-Thomas: James Bond.

karakter nyata -foto: ranker

James Bond adalah mata-mata karismatik yang selalu punya cara untuk dekat dengan wanita. Karakter ini diciptakan Ian Fleming pada 1953. Dia menjadi sosok fenomenal di seluruh dunia setelah difilmkan.

Forest Yeo-Thomas adalah pelaksana Operasi Khusus di Perang DUnia II. Fleming menyebut inspirasi karakter Bond adalah seorang yang campuran antara semua agen rahasia yang ditemui dalam perang. Yeo-Thomas yang hidup dalam rentang 1902-1964 diyakini sebagai salah satunya.

6. Joaquin Murrieta: Zorro.

karakter nyata -foto: ranker

Zorro adalah seorang ahli pedang. Karakter ini diciptakan oleh Johnston McCulley pada 1919.

Joaquin Murrieta dikenal sebagai Robin Hood Meksiko selama peristiwa California Gold Rush. Dia diyakini menjadi inspirasi dari karakter Zorro. Dia hidup pada 1829-1853.

7. Joseph Bell: Sherlock Holmes.

karakter nyata -foto: ranker

Sherlock Holmes adalah detektif yang kuat dalam logika dan analisis untuk memecahkan kasus kriminal. Karakter ini diciptakan oleh Sir Arthur Conan Doyle.

Joseph Bell adalah seorang ahli bedah yang menggunakan kemampuan observasi untuk mendiagnosa pasien. Dia hidup antara 1837-1911 di Inggris.

8. Frank 'Rocky' Fiegel: Popeye.

karakter nyata -foto: ranker

Popeye adalah pelaut yang makan bayam sangat banyak untuk meningkatkan kemampuan demi menyelamatkan gadisnya Oliv. Karakter in diciptakan oleh Elzie Crisler Segar.

Frank Fiegel adalah seorang pria penikmat cerutu yang hidup di kota tempat tinggal Segar. Segar mengakui pria ini adalah inspirasi utama menciptakan Popeye.

9. William Randolph Hearst: Charles Foster Kane.

karakter nyata -foto: ranker

Charles Foster Kane adalah orang penerbitan media cetak kaya dari dalam film garapan Orson Welles, Citizen Kane (1941).

William Randolph Hearst merupakan orang penerbitan media cetak berpengaruh di dunia pada masanya. Dia adalah warga Amerika Serikat yang hidup pada 1863-1951. Biografinya memngaruhi penulisan cerita Citizen Kane.

10. Stan Lee: Funky Flashman.

karakter nyata -foto: ranker

Funky Flashman adalah pebisnis karismatik yang tak punya kekuatan khusus. Dia tampil dalam komik yang ditulis Jack Kirby.

Stan Lee adalah pembuat karakter-karakter superhero. Sesekali dia tampil sebagai cameo. Dia adalah inspirasi Kirby membuat Funky Flashman.

11. Alice Liddell: Alice in Wonderland.

karakter nyata -foto: ranker

Alice in Wonderland adalah gadis kecil yang penuh keingintahuan. Dia terjebak di lubang kelinci dalam novel karya Lewis Carroll berjudul Alice's Adventures in Wonderland.

Alice Liddell adalah putri dari teman Carroll, Henry Liddell. Novel ini diilhami ketika Alice Liddell meminta Carroll untuk bercerita.