Brilio.net - Indonesia adalah salah satu Negara yang kaya dengan tumbuhan bambu. Meski tak disebut sebagai Negeri Tirai Bambu seperti China, tapi bambu-bambu Indonesia tak kalah dengan China. Jika kamu beranggapan bambu hanya digunakan untuk aneka kerajinan semata, buru-buru deh menarik asumsi itu.

Sebab, di tangan perajin kreatif yang tergabung di Bamboo Studio, bamboo bisa disulap menjadi berbagai produk fashion seperti kaos, sepatu, dan kaos kaki. Ternyata bambu juga bisa dijadikan bahan baku benang lho.     

 
Menurut Susilo, salah satu pengelola Bamboo Studio, baju serat bambu bisa dipakai tanpa harus dicuci, selama tidak kotor. Malah keringat dan bau bisa hilang dengan sendirinya. Tuh unik kan? “Jika sudah penuh keringat, baju serat bambu tinggal dibuka dan diangin-anginkan lalu dipakai lagi dan itu bisa dilakukan selama 4 minggu. Sementara untuk kaos kaki bisa tahan 3 minggu,” kata Susilo kepada Brilio.net.

Hebatnya lagi, baju serat bambu punya keunggulan yang tak dimiliki kain biasa. Mau tahu kehebatannya. Yuk kita telisik satu per satu.

Antibakteri alami

Baju serat bambu © 2016 brilio.net



Bambu mengandung “penny quinone” yang memiliki sifat anti bakteri. Sifat anti bakteri ini tidak akan hilang walaupun dicuci.

Menghilangkan bau

Baju serat bambu © 2016 brilio.net



Struktur pori-pori serat bambu dapat menyerap formaldehyde, toluene dan ammonia sehingga menghilangkan bau tak sedap

Daya serap keringat



Baju serat bambu © 2016 brilio.net



Kapasitas serat bambu yang sangat tinggi mudah menyerap dan menguapkan air

Efek antiultraviolet

Baju serat bambu © 2016 brilio.net



Daya tembus ultra violet di serat bambu hanya 0,6%, menjadikan serat bambu mampu menahan efek panas

Lebih sehat dan nyaman

Serat bamboo mengandung asam amino yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat menjaga kelembaban kulit