Brilio.net - Para pejabat dan tokoh yang datang ke Gorontalo biasanya tidak melewatkan untuk mendapatkan baju Karawo. Karawo merupakan kain tradisional khas Gorontalo yang dibuat dengan cara menyulam.

Ada sejumlah gerai yang menawarkan kain ini, di antaranya adalah Rumah Karawo yang  hanya menjual satu motif untuk satu baju. Dipastikan, baju atau kain Karawo yang didapatkan dari Rumah Karawo tidak akan sama satu dengan yang lainnya. “Kami hanya membuat satu model untuk satu baju. Begitu juga dengan kain yang semua eksklusif,” kata Agus Lahinta pemilik Rumah Karawo.

Di antara produk Rumah Karawo dipakai oleh Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke daerah tersebut pada Desember 2014 silam. Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mempunyai kain karawo yang berasal dari Rumah Karawo tersebut. Sejumlah tokoh lainnya seperti Sandiaga S Uno dan produknya juga biasa dipakai pejabat saat pelantikan.

Harga kain dan baju Karawo di Rumah Karawo ini berkisar Rp 700 ribuan hingga jutaan rupiah. Harga yang cukup mahal ini sesuai dengan kualitasnya yang bagus serta cara pembuatannya yang membutuhkan satu 2-3 minggu untuk satu kain.

Loading...