Brilio.net - Kuman memang berada di sekitar kita.  Itu sebabnya tak bisa 100 persen bebas kuman di kehidupan kita. Agak beruntung karena kita tak bisa melihatnya secara kasat mata. Bayangkan jika bisa melihat kerumunannya ada di mana-mana, kita akan merasa jijik saat makan.

Hal yang terpenting adalah menjaga kebersihan tubuh dan menjaga makanan tetap higienis.  Kamu bisa mengontrol kebersihan ketika ada di rumah, lain cerita jika sedang ada di tempat umum, seperti stasiun, terminal, kereta api, bus, angkutan kota, ataupun pesawat terbang, akan sangat sulit. Kita tak bisa sepenuhnya mengandalkan petugas kebersihan. Kita perlu melakukan hal-hal yang mengurangi kuman dari tubuh, semisal mencuci tangan setelah dari toilet dan sebelum makan, lalu mengeringkannya dengan hand dryer.

Dan tahukah kamu tempat paling kotor dari bandara dan pesawat? Fakta berikut ini akan membuatmu tercengang. Kamu pasti berpikir bahwa toilet adalah tempat paling kotor. Jika iya, kamu keliru. Lalu di bandara dan bagian pesawat mana yang paling kotor? Nah berikut ini tempat-tempat di mana kuman paling banyak berkerumun mengintai yang dirilis brilio.net dari lifebuzz pada Rabu (10/8). Sebagai informasi, tempat-tempat ini disebut paling kotor indikatornya berdasarkan colony-forming units (CFU) atau unit pembentuk koloni.

6. Apakah kamu menduga kamar mandi?

kotor bandara  © 2016 brilio.net

foto: lifebuzz


Kamar mandi hanya menempati posisi keenam sebagai yang paling kotor dari bandara dan pesawat terbang. Kamar mandi memiliki angka 70 CFU per inci persegi.


5. Seatbelt berada di nomor lima.

Loading...

kotor bandara  © 2016 brilio.net

foto: travelingyuk


Di sini terdapat 230 CFU per inci persegi. Ini dikarenakan seatbelt disentuh minimal dua kali setiap penerbangan, akan tetapi sering tidak dibersihkan.


4. Tombol siram kloset hanya sedikit kotor dari seatbelt.

kotor bandara  © 2016 brilio.net

foto: lifebuzz


Sebagai informasi, ada 265 CFU per inci persegi di sini.




Berikutnya adalah 3 teratas bagian yang paling kotor, nomor 1 kamu akan terkejut. KLIK NEXT