Brilio.net -

Menikmati waktu bersantai dengan camilan lezat menjadi momen favorit kebanyakan orang. Camilan yang dapat dinimati pun beraneka ragam, mulai dari makanan ringan dengan rasa gurih maupun manis. Beberapa camilan ringan yang dapat dinikmati oleh masyarakat Tanah Air yakni seperti Cheetos dan Lays.

Namun belum lama ini muncul kabar bahwa deretan camilan ringan tersebut akan hengkang dari Indonesia. Dilansir dari Liputan6.com, Sabtu (7/8) PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) telah memborong saham Fritolay Netherlands Holding BV, afiliasi PepsiCo pada 17 Februari 2021 sebanyak 49 persen.

Total kepemilikan saham ICBP di perusahaan patungan PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) menjadi 99,99 persen. Dengan begitu, baik Fritolay, PepsiCo maupun pihak afiliasi lainnya dilarang memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia. Adapun merek makanan ringan yang diproduksi Indofood Fritolay Makmur ada Lays, Doritos, dan Cheetos.

Loading...

Berikut rangkuman terkait rencana hengkangnya produk Lays, Doritos, dan Cheetos yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/8).

1. Akan berhenti produksi pada 18 Agustus.

Fakta menarik hengkangnya Cheetos © berbagai sumber

foto: Instagram/@laysindonesia

Dilansir dari Liputan6.com, General Manager Corporate Communication ‎PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Stefanus Indrayana mengatakan, IFL akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan Pepsico dengan masa transisi 6 bulan, terhitung sejak tanggal transaksi.

"IFL akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan Pepsico dan saat ini ada masa transisi 6 bulan terhitung sejak 17 Feb 2021. Setelah 18 Agustus akan menghentikan produksi, pengemasan, pemasaran, penjualan dan pendistribusian produk-produk makanan ringan dengan merek milik PepsiCo di Indonesia,” ujar Stefanus.

2. Kerja sama sejak 30 tahun lalu.

Fakta menarik hengkangnya Cheetos © berbagai sumber

foto: Liputan6.com

IFL merupakan divisi makan ringan milik ICBP. Sejarah kerja sama ICBP dengan PepsiCo dimulai sejak 30 tahun lalu, atau sekitar 1990an. Saat itu, perseroan mengembangkan kegiatan usaha ke sektor makanan ringan, dengan menggandeng Fritolay Netherlands Holding BC yang merupakan afiliasi PepsiCo.

3. Berkontribusi 30 persen pendapatan ICBP.

Fakta menarik hengkangnya Cheetos © berbagai sumber

foto: Liputan6.com

ICBP menyatakan, kontribusi produk-produk merek milik PepsiCo menyumbang sekitar 30 persen terhadap total pendapatan dan laba PT Indofood Fritolay Makmur (IFL). Kontribusi di bawah merek PepsiCo itu antara lain Lays, Doritos dan Cheetos.

"Kontribusi dari produk-produk dengan merek milik PepsiCo adalah sekitar 30 persen,” ujar Sekretaris Perusahaan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), Gideon A. Putro dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

4. Strategi usai pecah kongsi.

Fakta menarik hengkangnya Cheetos © berbagai sumber

foto: Liputan6.com

Gideon mengatakan, pihaknya akan terus mengembangkan produk makanan ringan dengan merek-merek yang sudah ada dan dikenal oleh masyarakat, seperti Chitato, Qtela, Chiki dan Jetz.

"Chitato dan Qtela menjadi pemimpin dalam kategori keripik kentang, dan telah memperoleh kepercayaan dan loyalitas konsumen selama lebih dari 30 tahun. Qtela juga memiliki posisi pasar yang kuat dalam kategori tradisional snacks dan telah berada di pasar selama lebih dari satu dekade,” ujar Gideon.

5. Reaksi warganet.

Fakta menarik hengkangnya Cheetos © berbagai sumber

foto: Instagram/@laysindonesia

Warganet pun turut memberikan reaksi atas hengkangnya tiga camilan favorit masyarakat Tanah Air ini. Ada yang mengungkapkan bahwa akan mengungsikan produk lays yang tersisa di warung ibunya.

“Dis! Puas puasin dulu sana makannya,” tulis akun @AREAJULID dengan menyertakan foto yang bertuliskan bulan Agustus menjadi bulan terakhir Lays, Cheetos dan Doritos.

“Bukannya emang udah lama ya mau stop produksinya? Kok tiba-tiba muncul lagi? Udah kaya youtuber mau tutup channel pake pamitan segala. Taunya nanti balik lagi,” tulis akun @fanuelwendy.

“Di warung mamah sisa 3 ciki lays mending cepat kita ungsikan ke kamar wkwkwk,” tulis akun @_cwandies.