1. Home
  2. »
  3. Beauty
foto: verywellhealth.com

Lola Lolita 13 Maret 2019 19:28

Brilio.net - Jerawat memang selalu menjadi masalah kulit yang tak ada habisnya. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga membuat kepercayaan diri seseorang berkurang atau menurun.

Pastinya berbagai cara dilakukan seseorang untuk menghilangkan jerawat, mulai dari cara alami hingga mengandalkan kemampuan medis. Meski jerawat dapat diatasi, bekasnya kerap menjadi permasalahan kedua yang dihadapi seseorang. Bekas jerawat juga sangat mengganggu dan merusak penampilan.

Jika kamu mengalami wajah berjerawat dan sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasinya, namun tak kunjung hilang, mungkin ada yang salah dengan cara kamu mengatasi jerawat tersebut.

Jerawat juga bisa muncul karena kesalahan yang kerap dilakukan para wanita saat menggunakan makeup. Pasalnya banyak orang yang menutupi jerawatnya menggunakan makeup dan salah memiliki produk untuk makeup, serta pengaplikasian makeup yang salah.

Tanpa disadari seseorang, penggunaan makeup terlalu tebal dapat memicu jerawat. Ditambah lagi jika memang wajah kamu sedang jerawatan.

Nah, buat kamu yang doyan makeup dan tak ingin mengalami masalah jerawat, hindari beberapa kesalahan saat menggunakan makeup. Apa saja kesalahan yang kerap dilakukan orang saat bermakeup sehingga berujung berjerawat? Berikut ulasannya dihimpun Brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (13/3).

1. Menutupi jerawat dengan banyak foundation.

kesalahan makeup istimewa

foto: beautybargainista.com

Kebiasaan buruk ini kerap dilakukan sebagian besar wanita saat bermakeup. Mereka yang berjerawat selalu ingin menutup jerawatnya menggunakan foundation, padahal ini akan memperburuk keadaan wajah. Pasalnya jerawat akan semakin meradang dan bahkan bisa memperparah iritasi.

Tebalnya penggunaan foundation membuat kulit tidak bisa bersentuhan dengan udara. Hal ini jelas akan memperburuk keadaan jerawat dan akan sulit sembuh. Jadi pastikan saat menggunakan makeup, kamu tidak mengaplikasikan foundation terlalu tebal.

2. Mengaplikasikan makeup dengan jari.

kesalahan makeup istimewa

foto: adorebeauty.com

Sebagian besar wanita melakukan hal ini. Bahkan mereka lupa membersihkan terlebih dahulu tangannya. Ada baiknya untuk tidak mengaplikasikan makeup menggunakan jari karena tanpa kamu sadari ada banyak kuman yang bersarang di sana. Jika kamu menggunakan spons, pastikan untuk rajin membersihkannya agar tetap bersih dan terhindar dari kuman.

3. Tidak menggunakan pelembap.

kesalahan makeup istimewa

foto: pixabay.com

Biasanya wanita suka lupa bahkan malas menggunakan pelembap wajah. Padahal pelembap sangat baik digunakan karena dapat membuat wajah tampak lembap dan halus, serta terhindar dari kekeringan. Selain itu menggunakan pelembap saat sebelum mengaplikasikan makeup dapat membuat makeup lebih menempel dan produk makeup tidak langsung mengenai wajah.

4. Menggunakan produk berbahan minyak.

kesalahan makeup istimewa

foto: pixabay.com

Seperti diketahi bahwa wajah yang berminyak dapat memicu munculnya jerawat. Lebih teliti untuk memilih produk makeup, jangan memilih yang berbahan dasar minyak. Namun pilihlah produk makeup yang memiliki label oil-free dan non-comedogenic.

5. Menggunakan foundation yang salah.

kesalahan makeup istimewa

foto: rd.com

Untuk merias wajah, pastikan untuk memilih produk-produk terpercaya. Jangan asal murah langsung beli dan diaplikasikan ke wajah. Salah satu yang kerap membuat wajah berjerawat adalah foundation yang digunakan tidak sesuai. Pilih foundation dengan label non-comedogenic (tidak menimbulkan komedo), tidak menyebabkan alergi, dan mineral-based sehingga mengurangi iritasi kulit atau penyumbatan pori-pori.

6. Menggunakan peralatan makeup yang kotor.

kesalahan makeup istimewa

foto: pixabay.com

Pernahkah kamu mengecek satu per satu peralatan makeup yang kamu punya? Seperti kuas, spons, dan peralatan makeup lainnya. Tanpa kamu sadari, peralatan makeup yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang kuman. Hal inilah yang menjadikan wajah berjerawat. Ada baiknya untuk sedikit peduli dengan barang-barang yang kerap kamu gunakan. Rajinlah untuk membersihkan peralatan makeup-mu.

7. Jarang membersihkan wajah.

kesalahan makeup istimewa

foto: shape.com.sg

Rasa malas memang kerap menyelimuti banyak orang usai beraktivitas seharian. Tak jarang mereka membiarkan makeup yang masih menempel di wajah dan memilih langsung tidur. Hal ini sangat salah.

Harusnya kamu langsung membersihkan wajah dengan baik setiap kali habis beraktivitas. Lakukan secara benar dengan menggunakan cleansing milk, cleansing balm, cleansing oil, atau micellar water untuk membersihkan makeup. Lalu gunakan sabun pembersih wajah.

(brl/tin)

Jerawat Make-up Wajah Berjerawat Tips Kecantikan Kecantikan
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

Sering dilakukan, 7 kesalahan makeup ini bisa bikin jerawatan.
Terjadi padamu yang sudah mengupayakan banyak cara tapi masih saja berjerawat.
https://brilistyle.brilio.net/beauty/sering-dilakukan-7-kesalahan-makeup-ini-bisa-bikin-jerawatan-190313n.html
SEND
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

Top BACK TO TOP