Brilio.net - Wajah glowing didefinisikan sebagai wajah yang cerah, bersih, lembap, tidak berjerawat, komedo dan masalah kulit lainnya. Untuk mendapatkan wajah glowing tentunya dibutuhkan perawatan khusus, baik itu dengan menggunakan produk-produk tertentu atau dengan menggunakan bahan-bahan alami.


Berbicara mengenai bahan alami, sebenarnya jauh lebih aman digunakan jika dibandingkan dengan produk-produk yang dijual di pasaran. Pasalnya bahan alami tidak ada efek samping, sehingga aman untuk kulit. Terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan-bahan alami dalam merawat kecantikan kulit.


Salah satu bahan alami agar membuat wajah menjadi glowing adalah dengan menggunakan masker oatmeal dan kopi. Oatmeal adalah salah satu makanan gandum yang paling bergizi yang bisa dikonsumsi. Selain dapat dimanfaatkan khasiatnya dengan cara dikonsumsi, oatmeal ini juga bisa digunakan untuk masker.

Cara membuat masker oatmeal dan kopi freepik.com

Loading...

foto: freepik.com


Oatmeal kini banyak digunakan produk-produk seperti lulur, sabun, dan krim eksfoliasi. Menggunakan masker oatmeal dipadukan dengan bahan alami lainnya dapat mendukung pertumbuhan kulit yang sehat dan bercahaya.


Sementara kopi kerap dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit dan hadir dalam berbagai bentuk produk kecantikan seperti krim, masker hingga lotion. Kopi bisa menjadi alternatif perawatan kulit, karena antioksidan pada kopi mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Cara membuat masker oatmeal dan kopi freepik.com

foto: freepik.com


Kopi juga menyimpan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, glikosida, mineral, asam amino, protein, kafein, asam karboksilat, trigonelline dan asam klorogenat.


Untuk membuat masker oatmeal dan kopi ini sangat mudah, berikut caranya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (21/1).


Bahan:
- 2 sdm oatmeal
- 1/2 sdm kopi
- 1 sdm madu
- susu murni


Cara Membuat:
1. Hancurkan oatmeal hingga halus dan kemudian masukkan ke dalam mangkuk
2. Selanjutnya, campurkan bubuk kopi, madu, dan susu murni, lalu aduk hingga rata
3. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan
4. Gosokkan secara perlahan selama 2-3 menit
5. Diamkan masker hingga meresap selama 5-10 menit
6. Bilas bersih dengan air hangat dan gunakan pelembap wajah yang biasa kamu gunakan.


Manfaat oatmeal untuk kecantikan serta cara pakainya


1. Mengangkat kulit kering.

Manfaat oatmeal untuk kecantikan yang pertama yakni bisa digunakan untuk mengangkat kulit kering dan sel kulit mati. Kamu dapat menggunakan masker oatmeal yang dapat menjadi eksfolian yang lembut dan tidak memicu timbulnya jerawat. Dengan melakukan eksfoliasi, tidak hanya sel kulit mati yang terangkat, kandungan saponin pada oatmeal dapat secara maksimal membersihkan wajah dari segala kotoran.

Cara penggunaannya pun mudah yakni campurkan oatmeal dengan daging buah pisang yang sudah dihaluskan dan sedikit susu hangat. Manfaatkan sebagai masker wajah dan lulur tubuh. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih


2. Membersihkan kulit.

Manfaat selanjutnya yakni untuk membersihkan kulit. Oatmeal memiliki kandungan saponin, suatu jenis glikosida yang berfungsi sebagai pembersih alami. Karena itu, oatmeal cocok dijadikan untuk pembersih yang ramah terhadap semua jenis kulit. Jika ingin membuat pembersih kulit sendiri, kamu bisa mencampurkan oatmeal dengan madu dan mengoleskannya ke kulit. Aplikasikan pada wajah tunggu hingga masker mengering. Lalu bilas dengan air hangat.


3. Menyembuhkan jerawat.

Selain untuk membersihkan kulit, oatmeal juga mampu menyembuhkan jerawat. Jika berniat mencobanya, kamu bisa memasak sedikit oatmeal, diamkan sebentar sampai hangat, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Setelah didinginkan selama beberapa menit, bilas dengan air hingga bersih.


4. Mencerahkan wajah.

Perpaduan bahan alami antara oatmeal dan madu merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin memiliki wajah cerah. Kandungan hypoallergenic pada oatmeal berfungsi untuk memutihkan, serta madu yang juga mampu berperan sebagai eksfoliator yang sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati penyebab kusam. Sehingga kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan juga cerah alami.


Tambahkan 1 sendok makan madu dan 2 sendok makan oatmeal dan aduk hingga rata. Tambahkan susu hingga membentuk pasta dengan konsistensi yang diinginkan. Oleskan masker wajah pada kulit dan biarkan mengering secara alami di wajah selama sekitar 15 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan.


5. Merawat kulit berminyak.

Bagi kamu yang memiliki kulit dengan produksi minyak berlebih terkadang risih karena menyebabkan kulit kusam, pori-pori tersumbat komedo hingga berjerawat. Caranya, kamu bisa mencampur oatmeal dengan susu murni atau madu, dan menjadikannya sebagai masker wajah. Lakukan perawatan ini secara rutin. Selain untuk kulit wajah, oatmeal juga bisa digunakan untuk merawat kulit kepala berminyak.

Kandungan polisakarida dalam oatmeal merupakan pembersih alami yang lebih efektif dan ramah bagi kulit dibandingkan sabun atau sampo. Kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai sampo, dengan mencampurkan segenggam oatmeal dengan air hangat. Pijat kulit kepala dengan campuran oatmeal, lalu bilas hingga benar-benar bersih.


6. Melembapkan kulit kering.

Untuk melembabkan kulit wajah yang kering dan sensitif kamu dapat mencoba masker alami dari oatmeal. Oatmeal mengandung Betaclugan yang berfungsi sebagai pelembab alami untuk kulit wajah dan mampu menutrisi kulit secara optimal.

Cara menggunakannya yakni siapakan 1/4 cangkir oatmeal yang sudah dihaluskan, 2 sendok makan yogurt tawar dan 1 sdt madu. Campurkan semua bahan dan aduk rata. Oleskan pada wajah dan leher. Biarkan selama 15-20 menit, hingga mengering. Kemudian, basuh hingga bersih dengan air hangat.


7. Membersihkan komedo.

Komedo terkadang menjadi satu hal yang menjengkelkan karena mengganggu penampilan. Umumnya komedo ini diproduksi karena kelebihan sebum. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasinya yakni oatmeal. Oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengobati segala jenis radang dan iritasi pada kulit. Selain itu juga memiliki kandungan saponin yang membantu mengeluarkan kotoran dan mengeksfoliasi kulit.


Nah, cara membersihkan komedo dengan oatmeal ini pertama masak oatmeal agak lunak. Lalu tambahkan 2 sendok makan oatmeal yang sudah dimasak dengan 1 sendok makan madu. Campur kedua bahan lalu oleskan pada area yang berkomedo. Bilas dengan air bersih.


8. Cegah penuaan dini.

Manfaat oatmeal untuk kecantikan yang terakhir yakni Oatmeal non olahan (tidak instan) mengandung vitamin E dan asam amino. Kandungan asam amino pada oatmeal ini, seperti arginine, histidine, methionine, dan lysine, yang membantu meregenerasi lapisan kulit serta meningkatkan produksi kolagen.

Nutrisi tersebut diketahui sangat menyehatkan kulit. Serta mengatasi efek negatif matahari bagi kulit dan menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Konsumsi oatmeal sebagai variasi menu sarapan.