Brilio.net - Permasalahan paling umum pada bagian mata adalah kantung mata dan mata panda. Keduanya disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat. Salah satunya jam tidur yang berantakan alias sering begadang.

Tak hanya itu saja, mata panda juga disebabkan oleh peningkatan jumlah melanin di kulit sekitar mata, misalnya akibat paparan sinar matahari berlebihan, dan beberapa masalah lainnya.

Cara membuat masker mata dari lidah buaya freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Mata panda dan kantung mata bisa membuat penampilan menjadi kurang menarik. Mata menjadi tidak bercahaya dan terlihat seperti orang sakit. Untuk mengatasinya, kamu cukup menggunakan bahan-bahan alami, yakni masker lidah buaya.

Cara membuat masker mata dari lidah buaya freepik.com

foto: freepik.com

Gel lidah buaya dapat membantu mengatasi kantung mata yang bengkak dan menghitam. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Kamu bisa menambahkan minyak zaitun untuk hasil yang lebih maksimal. Pasalnya minyak zaitun harus ditambahkan karena memiliki sifat anti-inflamasi, vitamin, dan daya menghidrasi.

Cara membuat masker mata dari lidah buaya freepik.com

foto: freepik.com

Nah buat kamu yang ingin membuatnya sendiri di rumah, berikut caranya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (6/1).

1. Siapkan wadah untuk menampung gel lidah buaya
2. Tambahkan satu sendok teh minyak zaitun ke dalamnya
3. Aplikasikan pada mata selama 30 menit, kemudian bilas bersih
4. Kamu juga bisa mengaplikasikannya sebelum tidur.

Cara menghilangkan mata panda

1. Tomat.

Tomat merupakan solusi yang sangat baik untuk menyingkirkan "mata panda" karena secara alami membantu untuk mengurangi lingkaran gelap dan juga membuat kulit lembut dan lentur. Yang perlu kamu lakukan adalah mencampur satu sendok teh jus tomat dengan satu sendok teh jus lemon dan menerapkannya di bawah matamu.

Biarkan selama sekitar 10 menit dan kemudian cuci dengan air. Ulangi hal ini setidaknya dua kali sehari. Setiap hari kamu juga bisa minum jus tomat yang dicampur dengan jus lemon dan daun mint untuk menyingkirkan mata panda.

2. Kentang.

Parut beberapa kentang mentah dan ekstrak jus yang sama. Kemudian ambil kapas dan rendam dalam jus kentang. Tutup matamu dan menempatkan bola kapas tersebut pada matamu. Pastikan mereka menutupi seluruh area lingkaran hitam di bawah matamu serta kelopak mata. Biarkan selama 10 menit dan cuci dengan air dingin.

3. Kantong teh bekas

Teknik sederhana lain untuk menyingkirkan "mata panda" yakni menggunakan bekas kantong teh yang sudah dingin. Rendam teh celup sebaiknya teh hijau dalam air. Dinginkan dengan di dalam lemari es untuk sementara waktu. Sekarang, letakkan mereka di atas matamu. Gunakan obat ini secara teratur untuk melihat perbedaan yang cukup besar.

4. Susu dingin

Biasa menggunakan susu dingin juga bisa mengurangi lingkaran gelap dan juga menenangkan mata dan kulit. Ambil bola kapas dan tempatkan dalam mangkuk susu dingin atau air es untuk sementara waktu. Kemudian letakkan bola kapas dan pastikan mencakup seluruh mata terkena. Biarkan untuk sementara waktu. Baru cuci dengan air biasa.

5. Jus jeruk

Hal lain lain yang efektif untuk menghilangkan lingkaran hitam adalah jus jeruk. Campur jus jeruk dengan beberapa tetes gliserin dan oleskan campuran ini di area lingkaran hitam. Tidak hanya akan mengurangi lingkaran hitam juga akan memberikan cahaya alami untuk matamu.

6. Ketimun

Cara alami yang mudah lain yaitu dengan ketimun. Iris ketimun dengan potongan yang kira-kira mencakup lingkaran hitam di sekitar matamu kemudian tempelkan dan biarkan beberapa menit.

7. Yoga/meditasi

Salah satu alasan utama yang terulangnya lingkaran hitam di bawah mata adalah karena stres, depresi dan gaya hidup yang sibuk. Tidak akan ada solusi yang bekerja jika pikiranmu tidak sejuk dan tenang. Yoga dan meditasi dipraktekkan secara teratur tidak hanya akan menurunkan lingkaran hitammu juga akan menyeimbangkan jam tubuh sementara menenangkan pikiran, tubuh dan jiwa.