Brilio.net - Salah satu masalah wajah paling umum adalah komedo. Yap, tak hanya mengganggu kesehatan kulit saja, komedo juga bisa merusak penampilan seseorang. Wajah menjadi tidak halus dan bersih. Oleh karenanya, jika kamu mengalami hal ini, kamu harus segera menemukan solusi tepat.


Cara yang cukup aman dan terbilang ampuh adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah lidah buaya dan campuran baby oil.


Seperti diketahui, lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang dikenal memiliki banyak manfaat. Tanaman ini kaya akan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, dan polisakarida yang baik untuk kesehatan. Lidah buaya sangat baik bagi kesehatan kulit, khususnya wajah karena mampu merangsang pertumbuhan sel baru. Kulit berjerawat akan meregenerasi menjadi sel baru.

Cara membuat masker lidah buaya dan baby oil Instagram

Loading...

foto: freepik.com


Nah, kandungan yang sehat pada lidah buaya bisa kamu padukan dengan baby oil. Tak hanya digunakan untuk bayi saja, minyak serbaguna ini ternyata dapat digunakan oleh orang dewasa untuk berbagai hal, termasuk untuk wajah.

Cara membuat masker lidah buaya dan baby oil Instagram

foto: freepik.com


Baby oil adalah produk sampingan dari minyak yang sudah disuling atau melalui proses tertentu. Kandungan baby oil terdiri dari 98 persen minyak mineral dan 2 persen zat pewangi.


Buat kamu yang ingin menghilangkan komedo, berikut cara membuat masker lidah buaya dan baby oil, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (20/1).


- Sediakan 2 sdm baby oil

- Siapkan gel lidah buaya yang sudah dihaluskan

- Kemudian oleskan lidah buaya ke bagian wajah yang berkomedo dan diamkan beberapa saat, agar jaringan disekitarnya membeku

- Lalu oleskan baby oil sambil memijat wajah perlahan

- Jika komedo tidak parah, maka bisa dikeluarkan dengan mudah tanpa harus menggunakan alat. Namun jika kamu ingin menggunakan alat agar lebih memudahkan, tidak jadi masalah

- Bilas dengan air dingin agar pori-pori kembali menutup

- Lakukan pembersihan komedo secara rutin agar wajah menjadi lebih bersih dan sehat.


Cara menghilangkan komedo


1. Lemon dan jeruk nipis.


Menghilangkan komedo dengan lemon maupun jeruk nipis, terbilang cukup ampuh dan caranya juga sangat mudah. Tinggal campurkan perasan air lemon maupun jeruk nipis dan campurkan dengan madu dan oleskan ke seluruh wajah terutama di area komedo hitam. Diamkan sampai kering dan bilang menggunakan air. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.


2. Lidah buaya.


Untuk soal kecantikan, lidah buaya memang bisa diandalkan. Lidah buaya bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan bisa menutup pori-pori. Tak hanya itu saja, komedo juga bisa terangkat dan benar-benar bersih.

Caranya cukup mudah, Oleskan gel yang ada di lidah buaya pada kulit wajah yang berkomedo. Diamkan sampai gel terasa kering, lalu bilas sampai bersih.


3. Madu.


Madu dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Ketika wajah berminyak, kamu bisa menggunakan madu untuk mengatasinya, komedo juga bisa diatasi dengan cepat. Madu membantu kulit Anda senantiasa terhidrasi dan mengencangkan pori-pori sehingga kulit terlihat lebih mulus.


Cara menggunakannya, oleskan madu pada area komedo dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.


4. Kulit jeruk.

Kulit jeruk bisa menjadi scrub yang bisa menghaluskan wajah sekaligus menghilangkan komedo. Cara membuatnya sangat mudah, yang kamu butuhkan hanyalah kulit jeruk dan gula pasir.


Pertama-tama steam wajah agar pori-pori terbuka untuk memaksimalkan proses scrubbing. Kemudian gunakan uap air hangat atau bisa juga menggunakan waslap yang telah dibasahi air hangat.


Haluskan kulit jeruk dan campurkan dengan gula, kemudian gunakan sebagai scrub. Jangan terlalu kencang menggosok ke wajah, lakukan secara perlahan. Setelah itu bilas bersih dengan air.


5. Pepaya.


Tak hanya melancarkan pencernaan saja, pepaya juga bisa digunakan untuk manfaat kecantikan. Kandungan enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit.


Vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Juga dapat menyapu kulit mati dan membersihkan komedo membandel.


Caranya, haluskan daging buah pepaya matang. Kemudian gunakan sebagai masker wajah selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.