Brilio.net - Menjaga penampilan kini sudah menjadi hal yang sangat lumrah. Tak hanya perempuan saja, para pria juga melakukan hal serupa. Dengan memiliki penampilan menarik, mereka bisa lebih percaya diri. Hal ini jelas mempengaruhi kesehatan fisik dan mental pula.


Untuk bisa tampil sempurna, tak jarang orang melakukan perawatan rutin, baik itu di klinik kecantikan maupun di rumah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa tampil lebih menarik, misalnya dengan rajin berolahraga, menggunakan produk-produk kecantikan, merawat diri dengan bahan-bahan alami, dan masih banyak lainnya lagi.


Berbicara mengenai bahan-bahan alami, kamu bisa lho menggunakan kopi sebagai masker. Manfaat masker kopi ini didapat berkat kandungan antioksidannya yang kuat. Antioksidan fenol pada kopi membantu menjaga kulit dari kerusakan. Cara membuat masker kopi juga sangat mudah dan kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.


Kamu bisa membuat masker kopi sesuai kebutuhan wajah, misalnya untuk membantu mengatasi jerawat, kulit kusam, kering, hingga mata panda. Berikut cara membuatnya, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (7/12).

Loading...


1. Cara membuat masker kopi untuk jerawat.

Cara membuat masker kopi untuk wajah di rumah freepik.com

foto: freepik.com

Jerawat merupakan masalah wajah yang paling umum dialami banyak orang. Ada banyak penyebabnya, mulai dari pola makan yang tak sehat, tidak menjaga kebersihan kulit, polusi, dan masih banyak lainnya lagi. Jika kamu mengalaminya, kamu bisa menggunakan masker kopi untuk mengatasinya.


Cara membuat:
- Campur 2 sendok makan bubuk kopi, 3 sendok makan yogurt (atau susu murni), 1 sendok makan madu.
- Oleskan campuran di wajah.
- Diamkan selama 10 menit atau hingga kering.
- Bilas dengan air bersih dan keringkan.


2. Cara membuat masker kopi untuk mata panda.

Cara membuat masker kopi untuk wajah di rumah freepik.com

foto: freepik.com

Lingkaran hitam di bawah mata memang dapat merusak penampilan. Penyebab dari mata panda sendiri beragam, mulai dari pola tidur yang tak sehat, dehidrasi, alergi, dan juga genetika.


Senyawa lain dalam kopi, seperti asam klorogenik, juga dapat mengurangi peradangan di sekitar mata. Sifat anti-inflamasi pada kopo membuatnya bermanfaat dalam mengurangi bengkak dan peradangan yang terkait dengan lingkaran hitam.


Cara membuat:
- Campurkan 1 sendok makan bubuk kopi dengan 2 sendok makan minyak kelapa
- Oleskan campuran kopi dan minyak kelapa di bawah mata
- Diamkan selama 15 menit
- Pijat bagian bawah mata dengan jari manis dengan lembut selama sekitar 3 hingga 4 menit dan kemudian bersihkan minyaknya
- Bilas dengan air dan keringkan dengan handuk bersih.


3. Cara membuat masker kopi untuk mencerahkan kulit.

Cara membuat masker kopi untuk wajah di rumah freepik.com

foto: freepik.com

Buat kamu yang memiliki wajah kusam, kamu bisa menggunakan masker kopi untuk mencerahkannya sekaligus menghaluskan kulit. Kebaikan kafein yang dikombinasikan dengan asam laktat pada susu murni dapat mencerahkan wajah secara alami.


Cara membuat:
- Campur 1 sendok makan bubuk kopi dan 1 1/2 sendok makan susu murni dalam mangkuk
- Oleskan masker wajah pada wajah dan leher yang telah dibersihkan
- Diamkan selama 10-15 menit
- Bilas dengan air bersih dingin dan keringkan.


4. Cara membuat masker kopi untuk kulit kering.

Cara membuat masker kopi untuk wajah di rumah freepik.com

foto: freepik.com

Kerap beraktivitas di luar rumah, dan sering terpapar sinar matahari akan membuat kulit menjadi kering. Bahkan bisa menyebabkan kemerahan dan iritasi. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan masker kopi secara rutin.


Cara membuat:
- Campurkan 1 sendok makan bubuk kopi dengan 1 sendok makan gel lidah buaya
- Oleskan merata pada pada wajah
- Diamkan selama 10 menit
- Bilas dengan air bersih dan keringkan.


5. Cara membuat masker kopi untuk mencegah penuaan dini.

Cara membuat masker kopi untuk wajah di rumah freepik.com

foto: freepik.com

Asam caffeic dan antioksidan dalam kopi dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini sel. Kopi juga dapat membantu melindungi kulit dari beberapa tanda penuaan yang terkait dengan paparan sinar matahari.


Cara membuat:
- Campur bubuk kopi, bubuk cokelat, yogurt dan madu sampai mengental dengan rata
- Aplikasikan ke wajah sebagai masker secara merata
- Diamkan hingga kering
- Bilas dengan air bersih dan keringkan
- Terapkan 1-2 kali dalam seminggu.


Cara mengatasi jerawat dengan mudah

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Masalah jerawat seringkali dialami para remaja. Biasanya masalah ini membuat kamu merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri untuk menjalankan aktivitas.

Jerawat biasanya akan hilang seiring dengan pertumbuhan hormon. Namun jerawat batu atau Cystic acne, memiliki waktu yang lama untuk hilang.


Penyebab munculnya jerawat kemungkinan karena perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak kulit. Perubahan hormonal lainya dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat seperti saat menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.


Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan mudah.


1. Menggunakan lidah buaya.

Lidah buaya memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai cara menghilangkan jerawat batu. Cara untuk dapat manfaat lidah buaya dengan mengupas kulitnya. Kemudian, kamu dapat mengoleskan gel yang dihasilkan di seluruh wajah. Dengan cara ini, jerawat batu akan mengelupas dan mengering selama tiga hari. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukanlah pada pagi dan malam hari secara rutin.


2. Menggunakan pepaya.

Pepaya memiliki vitamin C yang tinggi dan berguna untuk kulit wajah dan bagian kulit lainya. Yang perlu kamu lakukan adalah membuat pepaya menjadi masker wajah. Cara membuatnya cukup mudah, hanya membuat pepaya menjadi pasta. Kemudian campurkan masker pepaya tersebut dengan air, dan masker pepaya pun siap untuk digunakan. Kamu tetap dapat menggunakan masker pepaya, walaupun wajah sudah bersih dari jerawat.


3. Menggunakan es batu.

Biasanya es batu hanya menjadi pelengkap untuk minuman. Namun, es batu juga memiliki manfaat untuk wajah loh! Kamu hanya perlu mengompres jerawat batu dengan es batu, hal ini dapat mengurangi peradangan pada jerawat dan menyembuhkan secara perlahan. Selain itu, es batu juga akan mengurangi pembengkakan pada area sekitar jerawat.


4. Menggunakan jeruk nipis.

Cara menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan jeruk nipis adalah cara paling efektif. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis memiliki vitamin C yang sangat tinggi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu hanya perlu rajin melakukan perawatan menggunakan jeruk nipis. Caranya hanya dengan mengoleskan cairan dari jeruk nipis ke wajah dan rasakan manfaatnya.


5. Menggunakan bawang putih.

Pada dasarnya cara menghilangkan jerawat batu hampir sama dengan cara menghilangkan jerawat biasa. Perbedaannya hanya terdapat pada seberapa lama perawatan tersebut dilakukan.

Bawang putih dapat digunakan dengan cara mengoleskannya pada bagian yang ditumbuhi yang jerawat. Setelahnya, tunggu beberapa menit, kemudian bilas. Bawang putih memiliki antioksidan yang tinggi. Sehingga dapat membantu membunuh bakteri yang ada pada jerawat.


6. Menggunakan mengkudu.

Mengkudu adalah tanaman obat yang mudah ditemui di indonesia. Mengkudu memiliki antioksida tinggi yang dapat membantu menyembuhkan jerawat. Caranya, dengan membuat mengkudu menjadi pasta. Setelahnya, bubuhkan pasta mengkudu pada jerawat, dan tunggu beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, lakukan ini secara rutin sehingga jerawat sembuh dengan cepat.


7. Madu.

Madu memiliki banyak manfaat untuk perawatan wajah, termasuk untuk menghilangkan jerawat. Banyak produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan utamanya.

Cara menggunakan madu hanya dengan mengoleskan madu di wajah sebagai masker. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu harus rutin menggunakan masker madu ini.


8. Menguap wajah.

Jerawat batu ataupun jerawat biasa, biasanya terjadi karena minyak yang berlebihan pada wajah. Cara menghilangkan jerawat batu dengan penguapan wajah adalah cara yang mudah untuk dilakukan.

Kamu hanya perlu menyiapkan air hangat, diamkan posisi wajah di atas air selama beberapa menit dan kemudian cuci wajah dengan air dingin. Cara ini berfungsi untuk membuka pori-pori yang menyimpan minyak berlebihan dan mengeluarkannya.


9. Menggunakan tanaman mahkota dewa.

Walau banyak orang mengatakan tanaman mahkota dewa memiliki rasa yang pahit, namun tanaman ini memiliki manfaat yang beragam. Tanaman mahkota dewa dapat membantu menghilangkan jerawat batu, karena memiliki khasiat anti peradangan dan anti iritasi.


Cara menggunakan tanaman mahkota dewa untuk menyembuhkan jerawat pun tidak terlalu sulit dilakukan. Kamu hanya perlu menghaluskannya, kemudian letakan ramuan itu pada bagian yang berjerawat.


10. Perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin dapat membantu menghilangkan jerawat. Tidak hanya menghilangkan jerawat batu, vitamin yang banyak dihasilkan sayur dan buah tersebut dapat membantu pencegahan jerawat muncul kembali. Contoh buah dan sayur yang dapat membantu mencegah jerawat batu, seperti tomat, wortel, jeruk, serta sayuran berdaun hijau.


11. Menggunakan kentang.

Ketang adalah salah satu jenis umbi-umbian yang sangat berguna bagi tubuh, karena memiliki nilai gizi yang tinggi. Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan kentang sebagai obat penghilang jerawat secara alami. Caranya, cuci bersih kentang terlebih dahulu, kemudian parut atau blender kentang, lalu gunakan sebagai masker pada wajah, setelah itu cuci wajah menggunakan air hangat.


12. Pasta gigi.

Fluoride, triclosan, hidrogen peroksida adalah beberapa bahan aktif dalam pasta gigi yang dapat mencegah iritasi kulit dan mengeringkan jerawat. Caranya, kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada jerawat dan hindari mengoleskan pasta gigi ke seluruh area kulit.

Setelah itu biarkan selama kurang lebih 2 jam atau semalaman. Selanjutnya, kamu dapat membilas wajah dengan air dingin dan keringkan. Sebaiknya hindari penggunaan pasta gigi jika kulit kamu sensitif.