Brilio.net - Bengkoang merupakan tumbuhan jenis umbi yang kaya akan manfaat. Jenis sayur ini terkenal mampu membuat wajah jadi bersih dan lebih putih. Hal itu dikarenakan bengkoang mengandung vitamin B dan C yang berperan aktif untuk mencerahkan kulit dan menjaga kulit agar tetap bersih bersinar.


Selain bisa mencerahkan kulit, bengkoang juga dapat merawat kulit dari masalah wajah pada umumnya. Mulai dari flek hitam, jerawat, pori-pori besar, penuaan dini, menghilangkan minyak berlebih, dan lain sebagainya. Maka dari itu, tidak heran jika bengkoang sudah sejak dulu dijadikan masyarakat sebagai salah satu masker andalan untuk wajah.


Sedangkan lidah buaya juga jadi pilihan banyak orang untuk perawatan. Tak hanya dikenal mujarab untuk rambut, gel lidah buaya juga bagus untuk wajah. Nggak mengherankan, karena di dalam lidah buaya atau aloe vera ini kaya vitamin, seperti vitamin A, C, E, dan B12.


Dua bahan alami, bengkoang dan lidah buaya dipercaya ampuh jadi masker wajah. Berikut cara menggunakan masker dari bengkoang dan lidah buaya, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (15/1).

Loading...


1. Bengkoang.

masker bengkoang dan lidah buaya © freepik.com

foto: freepik.com


Dilansir dari dailycurlz, masker bengkoang mampu mengontrol kadar minyak di wajah karena memiliki kandungan air yang cukup banyak. Masker bengkoang yang kaya akan vitamin B dan C ini punya banyak manfaat untuk kulit. Berikut cara membuat masker bengkoang:


Bahan yang dibutuhkan:
- 1 buah bengkoang


Cara membuat masker dari bengkoang:
- Haluskan bengkoang sampai halus (bisa diparut, ditumbuk, atau diblender).
- Peras dan saring bengkoang yang sudah dihaluskan.
- Gunakan air perasan bengkoang sebagai masker.
- Usapkan merata ke seluruh wajah.
- Tunggu hingga mengering dan basuh dengan air.


2. Lidah buaya.

masker bengkoang dan lidah buaya © freepik.com

foto: shutterstock.com


Dikutip dari boldsky, vitamin E pada lidah buaya memiliki sifat antioksidan yang melawan kerusakan akibat radikal bebas dan meremajakan kulit. Membuat masker dari lidah buaya akan membantu mengurangi pigmentasi dan membuat kulit jadi bersih dan bercahaya. Berikut cara membuat masker lidah buaya:


Bahan yang dibutuhkan:
- 1 sdm gel lidah buaya
- 2 kapsul vitamin E
- 1 sdm susu mentah
- 1 sdm air mawar
- 3 tetes minyak almond (untuk kulit kering) / 3 tetes minyak pohon teh (untuk kulit berminyak)


Cara membuat masker:
- Celupkan bola kapas ke dalam susu mentah dingin dan seka wajah dengan lembut.
- Biarkan selama 5 menit.
- Bilas wajah dengan air dan keringkan.
- Ambil air mawar dengan bola kapas lain dan gosokkan dengan lembut ke wajah dan leher.
- Biarkan mengering.
- Ambil gel lidah buaya dalam mangkuk.
- Tusuk dan peras kapsul vitamin E ke dalam mangkuk. Aduk rata hingga jadi pasta yang halus.
- Tambahkan minyak almond jika kulitmu kering atau minyak pohon teh jika kamu punya kulit berminyak. Campur dengan baik.
- Pijat pasta di wajah dan leher dengan gerakan melingkar selama beberapa menit sebelum tidur.
- Biarkan semalaman.
- Bilas di pagi hari menggunakan pembersih ringan.
- Akhiri dengan pelembap.


Manfaat bengkoang untuk kecantikan. 


- Menyehatkan kulit.


Dikutip dari ayurtimes, bengkoang berfungsi untuk melembapkan kulit. Hal itu karena kandungan utamanya yakni vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, sehingga bisa mencegah infeksi pada kulit. Kamu bisa memanfaatkan bengkoang dengan cara dijadikan masker.


- Mencegah penuaan dini.


Menurut organicbeautyaward, cara memakainya dengan menjadikan bengkoang jadi masker wajah. Pemakaian secara teratur, kulit memperoleh dua manfaat sekaligus, kulit cerah, dan anti penuaan.


- Menghilangkan jerawat dan bekasnya.


Menurut HealthBenefitstimes, vitamin E bengkoang bisa mengurangi peradangan untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Ini juga bermanfaat untuk mengurangi jerawat wajah dan menyembuhkan kulit. Sedangkan komponen air yang tinggi menetralkan bagian kulit yang terkena jerawat dengan cepat. Karena itu, jerawat perlahan menghilang.


- Menyegarkan kulit.


Dikutip dari organicbeautyaward, bengkoang bisa membantu kulit agar tetap segar. Kandungan air pada bengkoang bisa mendinginkan kulit sehingga kulit tampak segar. Selain itu, bengkoang menormalkan suhu kulit setelah paparan sinar UV yang intens. Kamu bisa mengaplikasikan bengkoang sebagai masker atau dengan mengonsumsinya secara langsung dan bisa juga dibuat jus.


- Menyamarkan flek hitam.


Dilansir dari Liputan6.com, manfaat bengkoang selanjutnya ialah bisa menyamarkan flek hitam. Kondisi kulit ini berasal dari sisa kotoran yang menempel pada pori-pori, sehingga menyebabkan wajah terlihat ada noda hitam. Kamu bisa memakai masker dari bengkoang untuk menghilangkan flek hitam tersebut.


- Mengontrol minyak pada wajah.


Jika bengkoang bisa mencegah jerawat, tentunya buah ini juga bisa mengurangi kadar minyak yang berlebih pada wajah. Dilansir dari dailycurlz, masker bengkoang mampu mengontrol kadar minyak di wajah karena memiliki kandungan air yang cukup banyak.