Brilio.net - Kadang-kadang kita sering tertipu iklan dari berbagai media. Supaya menjadi cantik, kita membeli banyak produk kecantikan yang sebenarnya tak ada gunanya, lho. Mulai dari krim, masker, sampai serum yang menjanjikan efek-efek kecantikan yang kita inginkan.

Nyatanya, tim dari Brightside sudah mengulas apakah produk-produk kosmetik yang ada di pasaran benar-benar memberi efek seperti yang diiklankan. Kamu bakal kaget melihat faktanya seperti dihimpun brilio.net, Selasa (2/5).

1. Serum rambut bercabang

Tak ada produk kosmetik apa pun yang bisa mengobati rambut bercabang. Serum hingga 'balm' hanya akan memberi efek visual sementara saja. Satu-satunya yang bisa menghilangkannya adalah dengan memotongnya.

2. Krim tangan, krim kaki dan body lotion

Mitos lain yang diciptakan para penjual adalah orang butuh krim berbeda untuk bagian tubuh yang berbeda. Wajah memang butuh perawatan khusus. Nyatanya, dalam hampir semua kasus, kita bisa menggunakan satu produk untuk seluruh tubuh. Segala krim pelembab dan lotion fungsinya sama saja dan bisa dipakai untuk tangan dan tubuh.

3. Sampo anti-ketombe

Jika kelenjar minyak kamu tak bekerja dengan baik, maka jamur yang biasa kita sebut sebagai ketombe akan mulai merajalela. Sampo biasa tak akan bisa membantu menghilangkan masalah itu. Alasannya, selain sampo akan mengeringkan kulit kepala, kamu juga butuh sampo medis khusus yang harus dibeli di apotek.

4. Toner wajah

Sabun wajah nyatanya lebih efektif dibanding toner. Alasannya karena sabun tak mengandung alkohol sehingga tak akan mengeringkan kulit dan juga memiliki level PH yang netral.

5. Lip balm



Hampir semua produsen bilang kalau satu-satunya cara melembabkan bibir adalah dengan menggunakan lip balm. Nyatanya, beberapa lip balm memang bisa membantu tapi kebanyakan justru mengandung alkohol yang dapat membuat bibir kering. Pilihan yang murah dan mudah adalah pakai vaseline atau lilin lebah dengan setetes minyak kelapa.

6. Krim cukur

Sebelum munculnya shower gel, krim cukur mungkin sangat berguna karena melembutkan folikel rambut sehingga memudahkan pisau cukur meluncur di kulit. Tapi nyatanya shower gel mengandung banyak gliserol dan kandungan pelembab dibanding krim cukur.

7. Krim selulit

Krim selulit bisa mengatasi selulit adalah mitos. Hanya ada dua cara yang benar-benar ampuh menangkal selulit di pantat: gaya hidup aktif dan asupan makanan sehat.

Kamu juga bisa mencoba berbagai jenis pijatan dan menggunakan scrubs karena akan menstimulasi sirkulasi darah. Krim selulit hanya akan melembutkan kulit dan memberi efek jangka pendek.

8. Minyak kutikula

Memakai beberapa tetes minyak spesial saat manikur sepertinya bagus. Tapi tahukah kamu, sekali minyak terserap kulit, efeknya akan langsung hilang dan tak ada gunanya. Kalau memang ingin melapisi kuku, pakai saja vaseline atau minyak alami biasa.

9. Masker wajah berbahan tisu

Sebenarnya kamu tak butuh masker wajah berbahan tisu. Alasannya mereka cuma bisa melembabkan dan menyerap minyak. Kamu bisa mendapat efek yang sama dengan memakai krim.