Brilio.net - Akhir-akhir ini banyak produk kecantikan yang mencantumkan tea tree oil sebagai komposisi utama. Tak hanya terkandung dalam produk kecantikan, tea tree oil juga dijual dalam bentuk minyak murni yang dapat diaplikasikan langsung untuk kecantikan.

Tea tree oil atau minyak pohon teh sendiri merupakan minyak yang berasal dari tanaman Melaleuca Alternifolia yang hanya ada di Australia. Dengan demikian, tidak semua pohon teh dapat dimanfaatkan sebagai tea tree oil di dunia kecantikan.

Tea tree oil ini memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit, kuku, hingga kulit kepala. Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/6), inilah manfaat dari tea tree oil untuk kecantikan.

1. Mengobati eksim.

tea tree oil untuk kecantikan © 2021 brilio.net

Loading...

foto: pexels.com

Dikutip dari healthline.com, tea tree oil dapat mengatasi eksim. Penderita eksim sering kali mengalami masalah kulit kering, gatal, dan iritasi. Masalah tersebut dapat diatasi dengan tea tree oil yang mengandung zinc oxide dan clobetasone butyrate. Untuk mengatasi eksim, campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan lotion. Kemudian oleskan campuran tersebut ke bagian kulit yang membutuhkan.

2. Mengatasi jerawat.

tea tree oil untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Melansir healthline.com, tea tree oil memang dikenal ampuh mengatasi jerawat karena memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba. Kedua sifat itu sangat baik untuk menenangkan kulit kemerahan, pembengkakan, atau peradangan akibat jerawat. Bahkan, tea tree oil juga mampu mencegah dan mengurangi terjadinya bekas jerawat.

3. Mengurangi bau badan.

tea tree oil untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Selain jerawat, sifat antibakteri pada tea tree oil juga dapat berfungsi untuk meminimalisir bau badan yang berasal dari keringat. Mengutip healthline.com, sebenarnya keringat tidaklah berbau. Akan tetapi, sekresi dari kelenjar keringat yang tercampur dengan bakteri akan menghasilkan bau tak sedap, terutama pada bagian ketiak. Dengan sifat antibakteri dari tea tree oil, maka minyak tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menjadi deodoran maupun antiperspiran alami.

4. Menghilangkan jamur kuku.

tea tree oil untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Meskipun tidak berbahaya, jamur kuku membuat tak sedap dipandang. Masalah jamur kuku pun dapat diatasi dengan menggunakan tea tree oil. Cara menggunakan tea tree oil pada jamur kuku adalah mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke bagian kuku yang terkena jamur. Diamkan beberapa saat, lalu bilas kuku dengan air hingga bersih.

5. Menyerap minyak berlebih pada wajah.

tea tree oil untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Pemilik kulit berminyak tentu saja merasa kurang nyaman dengan minyak berlebihan pada wajah. Meskipun kondisi kulit berminyak dapat lebih terhindar dari keriput dan garis halus, minyak berlebih pun dapat membuat kulit menjadi kusam dan rentan terhadap jerawat. Untuk mengatasi minyak berlebih pada kulit dan membuatnya tetap sehat, gunakan tea tree oil pada wajah yang berfungsi untuk mengontrol produksi minyak berlebih.

6. Mengatasi ketombe.

tea tree oil untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Tak hanya berguna untuk mengatasi masalah kulit saja, tea tree oil juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala. Dengan menggunakan tea tree, maka kulit kepala dapat tetap lebih sehat dan lembap sehingga terhindar dari ketombe.

Cara menggunakan tea tree oil untuk mengatasi ketombe adalah mencampurkan tea tree oil dengan minyak rambut atau conditioner. Kemudian oleskan campuran tersebut ke bagian kulit kepala dan rambut, lalu diamkan selama 20 menit dan pijat-pijat sebentar. Terakhir, bilas rambut dan kulit kepala hingga bersih.

7. Mengurangi kerontokan.

tea tree oil untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Terlalu banyak menggunakan produk, styling, hingga terkena paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan rambut menjadi rusak dan rontok. Untuk mencegah dan mengatasi kerontokan, dapat digunakan tea tree oil.

Dikutip dari healthline.com, untuk mengatasi kerontokan rambut dapat menggunakan sedikit tea tree oil yang diencerkan. Tea tree oil ini berfungsi untuk mencegah penumpukan bahwan kimia dan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Dengan kulit kepala yang bersih, maka rambut akan tumbuh dengan sehat, lembap, dan kerontokan pun berkurang.

8. Mengatasi ingrown hair.

tea tree oil untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Ingrown hair merupakan kondisi rambut yang tumbuh dengan menggulung ke dalam, sehingga di bagian permukaan terlihat sebagai benjolan kecil. Biasanya ingrown hair sangat gatal, sakit, bernanah, hingga meradang seperti jerawat. Ingrown hair sering kali muncul setelah mencukur atau mencabut rambut di area wajah maupun ketiak, sehingga dapat mengganggu penampilan.

Masalah ingrown hair ini pun dapat diatasi oleh tea tree oil yang berfungsi untuk menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari bakteri yang menjadi salah satu penyebab ingrown hair.

9. Menghilangkan kutu rambut.

tea tree oil untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Kutu rambut sering kali menjadi masalah yang dialami anak-anak yang aktif berkeringat maupun bermain di tempat yang kurang bersih. Kutu rambut menyebabkan penampilan menjadi tidak bersih, gatal pada kulit kepala, serta dapat menularkan kutu tersebut pada orang lain.

Dikutip dari Mayo Clinic, pengunaan tea tree oil yang dicampurkan dengan minyak lavender terbukti efektif menghilangkan kutu rambut. Tak hanya menghilangkan kutunya saja, tea tree oil juga mampu mengatasi telur kutu yang sering kali susah dihilangkan dari rambut.