Brilio.net - Rambut adalah aset penampilan bagi sebagian orang terutama bagi kaum hawa. Bahkan, mungkin kamu rela untuk bangun lebih pagi demi punya waktu untuk menata rambut agar terlihat memukau. Tapi, cuaca lembap dan panas malah bikin semua usaha terlihat sia-sia. Sudah susah payah mem-blow rambut di pagi hari, baru sebentar beraktivitas, rambut sudah terlihat lepek.

Tampilan rambut lepek rupanya bisa menjadikan penampilan seseorang jadi tidak maksimal. Selain itu, rambut yang lepek pun akan terasa lengket, sehingga dapat membuat para wanita merasa kurang nyaman saat beraktivitas. Kamu tahu enggak, penyebab utama rambut lepek adalah produksi sebum berlebih yang dihasilkan kelenjar minyak alami di kepala.

Dikutip dari Healthline, minyak di rambut adalah bagian dari sistem pertahanan tubuhmu untuk kulit kepala yang sensitif. Minyak ini bercampur dengan keringat dan kotoran, melapisi kulit kepalamu. Ini adalah kondisi yang normal dan sebagian besar tidak dapat dihindari. Rambut berminyak disebabkan oleh produksi kelenjar minyak berlebih di kulit kepala. Hal ini dapat dipengaruhi oleh frekuensi keramas, jenis rambut, hingga perubahan hormon.

Penyebab rambut lepek sangat beragam, seperti pengaruh iklim dan cuaca, tingkat polusi tinggi yang membuat kulit kepala mudah berkeringat dan gatal, kelenjar minyak yang terlalu aktif di kulit kepala, cara keramas yang salah, hingga penggunaan hijab yang kurang baik.

Ciri-ciri rambut lepek yang paling mudah terlihat adalah kulit kepala berminyak, akar rambut kempis dan kehilangan volumenya. Tipe rambut lurus dan helaian yang tipis juga semakin ‘membantu’ rambut menjadi mudah lepek. Namun kini tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan berbagai bahan alami di sekitarmu.

Selain aman untuk digunakan, bahan alami juga dinilai lebih mudah ditemukan dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Seperti sembilan cara mengatasi rambut lepek secara alami berikut ini yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (28/5).

(brl/lin)