Brilio.net - Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan. Selain bermanfaat untuk menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit, lidah buaya atau aloe vera juga bermanfaat untuk kesehatan rambut dengan cara menutrisi dan membuat rambut menjadi sehat.

Tanaman ini dapat tumbuh liar di iklim tropis, semi tropis, dan gersang di seluruh dunia. Lidah buaya mungkin menyerupai kaktus. Tetapi, secara taksonomi termasuk dalam famili Asphodelaceae, bukan famili kaktus atau Cactaceae.

Tanaman dengan gel di dalamnya ini dapat membuat rambut menjadi tampak lebih sehat dan berkilau. Dalam dunia kesehatan, sejarah lidah buaya sebagai pengobatan ditemukan pertama kali pada tablet peninggalan Mesopotamia pada tahun 2100 SM, menurut buku Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects. Namun, penjelasan manfaatnya sebagai tanaman obat baru ditemukan dalam dokumen Mesir tertanggal sekitar tahun 1550 SM.

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini berkontribusi dalam meregenerasi sel dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan berkilau. Gel lidah buaya juga mengandung vitamin B12 dan asam folat yang bermanfaat mencegah rambut rontok. Tak

Lidah buaya juga dapat membuat rambut menjadi lebih lebat, lembap, dan lebih halus. Karenanya, lidah buaya kerap dimanfaatkan dalam produk perawatan rambut, seperti sampo hingga hair mask.

Sebenarnya cukup mudah dalam memanfaatkan lidah buaya untuk kecantikan. Kamu pun bisa mengolahnya sendiri untuk membuat masker rambut dengan dikombinasikan bahan-bahan alami lain. Berikut ini sembilan cara membuat hair mask dengan lidah buaya, dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (3/6).

(brl/ola)