Brilio.net - Jeruk merupakan buah yang begitu digemari masyarakat. Tanaman jeruk dapat dijumpai di seluruh dunia. Jeruk memiliki banyak spesies dari enam genus, yakni Citrus, Microcitrus, Fortunella, Poncirus, Cymedia, dan Eremocirus.

Salah satu jeruk yang terkenal banyak manfaat yakni jeruk nipis atau yang biasa di sebut lemon. Jeruk ini tidak dapat dikupas dan termasuk jeruk yang kerap digunakan untuk minuman.

Loading...

Dari karakteristiknya, buah hijau ini memiliki rasa yang asam. Umumnya jeruk nipis ini juga digunakan sebagai tambahan pelengkap pada makanan atau masakan.

Tidak hanya itu jeruk nipis juga sering digunakan untuk perawatan kulit wajah. Hal ini karena jeruk nipis dikenal mengandung vitamin C, A, B, dan E serta anti oksidan yang baik untuk kecantikan wajah.

Tak hanya itu ada pula kandungan zat besi, kalsium, mineral, asam sitrat, asam amino yang terkandung dalam jeruk nipis. Air perasan jeruk nipis mengandung kaya khasiat, jadi bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis perawatan.

Kamu hanya perlu menggunakan air perasan jeruk nipis untuk merawat wajah. Cukup dengan mengoleskannya ke wajah dan membiarkannya beberapa menit, kemudian membilasnya dengan air bersih.

Namun tentunya penggunaan ini harus lah menggunakan aturan yang pas. Sebab jeruk nipis tetap memiliki efek samping jika tidak cocok di wajah. Perlu diperhatikan bahwa terkadang beberapa orang memiliki sifat kulit yang berbeda.

Sehingga efek samping dari penggunaan jeruk nipis ini bisa juga mengakibatkan phytophotodermatitis. Yakni suatu istilah untuk kondisi kulit yang terbakar akibat kandungan kimia yang ada pada beberapa tumbuhan dan buah-buahan, seperti jeruk nipis apabila air perasan tersebut tersengat sinar matahari.

Nah sebelum menggunakanya ada baiknya kamu perlu mencobanya dulu di kulit tangan, agar lebih aman dan maksimal. Lalu apa saja manfaat jeruk nipis pada wajah? Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber, 8 manfaat jeruk nipis untuk wajah yang salah satunya dapat menyamarkan flek hitam, Jumat (17/7).


1. Menyamarkan flek hitam.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah freepik.com

foto: freepik.com

Paparan sinar matahari tak dapat dihindari oleh setiap manusia. Tanpa disadari terkadang karena kerap terpapar sinar matahari membuat wajah menjadi timbul noda atau flek hitam. Nah tentunya flek hitam ini akan mengurangi kecantikan wajah.

Bagi kamu yang tengah merasakan problem ini, solusinya cukup mudah, yakni kamu dapat menggunakan masker jeruk nipis secara teratur. Cukup celupkan cotton bud steril ke air perasan jeruk nipis segar, kemudian usapkan pada bagian yang ternoda flek. Jika kulitmu termasuk sensitif, larutkan air jeruk nipis dengan sedikit air terlebih dahulu.


2. Menyamarkan kantong mata.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah freepik.com

foto: freepik.com

Masalah lain yang juga kerap mengganggu percaya diri seseorang ialah kantung mata. Dengan jeruk nipis kamu dapat memanfaatkan untuk menyamarkan kantung mata dan menyegarkan mata lelah.

Fungsikan sebagai kompres mata alami. Cara penggunaannya yakni dengan mencelupkan kapas ke air perasan jeruk nipis yang sudah diencerkan dengan air biasa. Kemudian tempelkan pada kantung mata.


3. Mengatasi jerawat.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat selanjutnya jeruk nipis pada wajah yaitu mencegah dan juga mengobati jerawat. Kandungan vitamin C dan zat antibakteri yang ada dalam jeruk nipis ini mampu mencegah timbulnya serta mengobati jerawat loh.

Kamu juga bisa menggunakan air jeruk nipis dicampur dengan madu untuk mengatasi jerawat. Dengan menggunakannya secara rutin selama seminggu sekali, kamu bisa mendapatkan wajah bebas berjerawat.


4. Mencegah penuaan dini.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah freepik.com

foto: freepik.com

Berbagai faktor dapat menjadi penyebab wajah menjadi cepat menua, seperti karena polusi udara, makanan yang tak sehat hingga paparan sinar matahari. Terlebih gejala penuaan dini ini terlihat seperti kulit yang keriput, noda hitam dan banyak lainnya. Tentunya hal ini tak diinginkan terlihat di wajah.

Jeruk nipis ini dapat kamu gunakan sebagai anti-aging yang alami dan tentunya murah loh. Dengan menggosokkan kulit jeruk nipis pada wajah, ataupun menggunakan masker yang terbuat dari jeruk nipis, kamu bisa mengatasi penuaan dini pada wajah.


5. Mencerahkan kulit wajah.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah freepik.com

foto: freepik

Jeruk nipis dapat kamu manfaatkan bagi kamu yang ingin mencerahkan kulit wajahmu karena kusam. Sebab sel-sel kulit mati yang masih tertinggal pada wajah sering kali kali membuat wajah menjadi kusam.

Jika sel-sel kulit mati ini semakin menumpuk maka wajah pun akan semakin kusam dan tidak berseri. Kandungan asam sitrat pada kulit jeruk nipis bisa mengelupaskan sel-sel kulit mati tersebut.

Jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C. Bagi kamu yang biasa beraktivitas di luar, terkena sinar matahari, debu, dan kotoran, jeruk nipis bisa menjadi solusinya. Kemampuannya bisa mencerahkan kulit wajah serta dapat meregenerasi sel kulit. Caranya pun cukup dengan menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai masker seminggu dua kali, maka kamu sudah bisa mendapatkan wajah yang lebih cerah.


6. Mengecilkan pori-pori.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah freepik.com

foto: freepik.com

Kamu memiliki pori-pori besar di kulit wajah? Ya bagi sebagian orang yang memiliki pori-pori besar, kondisi ini dapat menimbulkan berbagai macam masalah pada kulit wajah.

Pasalnya pori-pori yang terbuka akan menimbulkan kotoran serta minyak berlebih yang memicu timbulnya jerawat hingga mengakibatkan penuaan dini. Nah dengan menggunakan masker jeruk nipis dua hari sekali, mampu membantu mengecilkan pori-pori.


7. Menjaga kelembapan kulit.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah freepik.com

foto: freepik.com

Terdapat studi yang menunjukkan bahwa vitamin C dapat mencegah kulit kehilangan banyak air sehingga kelembapannya tetap terjaga. Selain itu, air jeruk nipis juga dapat menjadi nutrisi tambahan yang baik untuk membuat kulit wajah tetap lembab.


8. Membuat kulit wajah glowing.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat jeruk nipis yang terakhir yakni dapat mengurangi minyak pada wajah sehingga membuat kulit menjadi bersih. Kamu dapat memanfaatkan jeruk nipis ini dengan dua cara yakni dengan diminum maupun dibuat masker wajah. Air jeruk nipis yang diminum dalam keadaan hangat dan ditambahkan dengan madu akan menimbulkan efek bercahaya pada kulit.

Sedangkan cara yang kedua yaitu campurkan 2 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh kunyit, dan 4 sendok makan air jeruk nipis segar. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 15-30 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hingga bersih.

Campuran masker ini bisa memperbaiki tekstur kulit dan menghindari kekusaman. Lakukan perawatan minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.