Brilio.net - Sebagian orang mungkin masih belum mengetahui khasiat dari daun sambiloto. Tak hanya baik untuk kesehatan, daun sambiloto ternyata juga berkhasiat untuk kecantikan. Salah satunya pada wajah, daun sambiloto dapat menyembuhkan jerawat yang membandel.

Tanaman bernama latin Andrographis paniculata ini dikenal dengan rasanya yang sangat pahit. Namun, dibalik rasa pahitnya sambiloto memiliki sejuta manfaat yang baik untuk tubuh. Tanaman ini sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Sambiloto banyak ditemukan di wilayah Asia dan India. Rasa pahit pada daun sambiloto berasal dari zat andrographolide yang ada di dalamnya. Kandungan zat andrographolide itulah yang membuat daun ini memberi berbagai manfaat untuk kecantikan.

Jika ingin memiliki kulit yang sehat, dianjurkan untuk mengonsumsi ramuan daun sambiloto secara rutin. Semua vitamin, mineral dan elemen baik lainnya pada daun sambiloto sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan tersebut mampu melawan radikal bebas, memperlambat efek penuaan dan membuat kulit wajah terlihat lebih muda.

Loading...

Nah, penasaran apa saja manfaat daun sambiloto untuk kecantikan? Berikut brilio.net rangkum manfaat daun sambiloto untuk kecantikan dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (28/7).

1. Menjaga kesehatan kulit.

daun sambiloto untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Daun sambiloto kerap digunakan sebagai bahan campuran jamu yang pahit. Ternyata jamu ini memiliki khasiat yang baik untuk wajah. Mengonsumsi ramuan herbal ini dapat membersihkan darah yang kotor. Sehingga kulit akan terjaga dari penyakit kulit seperti gatal-gatal dan jerawat.

2. Mengatasi masalah kulit.

daun sambiloto untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Daun sambiloto memiliki sifat antibakteri dan anti peradangan yang ampuh untuk digunakan sebagai obat berbagai masalah kulit. Diantaranya mampu mengatasi iritasi, meredakan gatal-gatal, mengobati bisul, hingga mengatasi gigitan ular dan gigitan serangga.

3. Mengatasi jerawat.

daun sambiloto untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Daun sambiloto mengandung senyawa bioaktif seperti minyak esensial, alkaloid, flavonoid, dan senyawa fenolik yang bersifat anti jerawat.
Sifat anti jerawat ini efektif untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Selain itu, daun ini juga bersifat anti bakteri yang mampu menekan pertumbuhan bakteri, termasuk debu yang menyebabkan jerawat.

4. Menghilangkan flek hitam di wajah.

daun sambiloto untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat daun sambiloto untuk kecantikan berikutnya yaitu mampu menghilangkan flek hitam di wajah. Umumnya, flek hitam muncul akibat kulit terlalu sering terpapar sinar matahari. Tak perlu khawatir, masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami daun sambiloto.
Kandungan vitamin dan antioksidan pada daun sambiloto diyakini mampu menghilangkan flek hitam di wajah.

5. Mencerahkan kulit.

daun sambiloto untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kandungan ekstrak pahit pada daun sambiloto juga berperan untuk mencerahkan kulit. Selain itu, daun sambiloto memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menutrisi kulit agar terlihat putih bercahaya. Gunakan lulur yang terbuat dari daun tanaman sambiloto untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah.

6. Menghaluskan kulit.

daun sambiloto untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain mencerahkan kulit, ekstrak pahit daun sambiloto juga berkhasiat membuat kulit menjadi halus. Daun sambiloto mengandung vitamin yang mampu membuat elastin dan kolagen sehingga kulit tetap kenyal dan juga halus. Khasiat ini bisa didapat dengan memanfaatkan daun sambiloto untuk masker atau scrub.

7. Mengurangi tanda penuaan kulit.

daun sambiloto untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Garis halus di sekitar mata, flek hitam di kulit, dan keriput-keriput merupakan tanda seseorang sudah mengalami penuaan. Bagi sebagian orang kondisi ini tentu mengganggu penampilannya. Namun, kini hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan daun sambiloto. Penggunaan daun sambiloto sebagai salep atau krim dapat memperbaiki kurang baiknya kualitas ketebalan kulit, elastisitas, adanya keriput, dan berkurangnya kadar air yang disebabkan oleh sinar UV.

8. Menyembuhkan luka bakar.

daun sambiloto untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Terakhir, daun sambiloto populer di kalangan masyarakat sebagai salah satu obat yang ampuh sebagai penyembuh luka bakar. Hal ini bisa didapatkan dengan cara menumbuk dan mencampur daun sambiloto dengan minyak zaitun.

Cara penggunaan daun sambiloto untuk kecantikan.

daun sambiloto untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Khasiat daun sambiloto dapat dirasakan dengan mengolahnya menjadi beragam cara. Mulai dari digunakan sebagai masker, lulur, krim atau bahkan dikonsumsi sebagai ramuan herbal. Cara penggunaan daun sambiloto ini pun bisa dipraktikkan di rumah dengan mudah.

1. Dijadikan masker.

Jika memiliki alat khusus, daun sambiloto dapat diubah menjadi bubuk. Setelah dijadikan bubuk, daun sambiloto dapat digunakan menjadi masker. Namun, jika tidak memiliki alatnya, gunakan jus daun sambiloto lalu oleskan ke wajah untuk masker.

2. Menggunakan krim daun sambiloto.

Krim daun sambiloto kini bisa didapatkan dengan mudah di apotek dan toko online. Sudah banyak yang menjual krim ekstrak daun sambiloto, mulai dari krim malam dan krim pagi.

3. Dijadikan jamu atau ramuan herbal.

Cara mengolah daun sambiloto yang sudah banyak dilakukan masyarakat yaitu dijadikan jamu. Minum jamu dari daun tanaman sambiloto merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Saat diminum, zat aktif dengan sifat antibakteri akan mengatasi bakteri yang menginfeksi di kulit wajah melalui darah.

Caranya dengan mengonsumsi air rebusan daun sambiloto secara rutin dua kali sehari. Namun, jika tidak kuat dengan rasa pahitnya, konsumsi kapsul atau tablet ekstrak daun sambiloto yang sudah banyak tersedia di apotek atau toko obat terdekat.

Efek samping mengonsumsi daun sambiloto.

Daun sambiloto aman dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu, imbangi pola hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai masalah kulit pada wajah.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, daun sambiloto menimbulkan berbagai efek samping. Diantaranya kehilangan nafsu makan, mual, muntah, sakit kepala, pilek, dan kelelahan.

Konsumsi daun sambiloto dengan memperhatikan beberapa kondisi berikut ini:

1. Tanaman sambiloto tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, serta bagi seseorang yang memiliki masalah kesuburan.

2. Bagi penderita darah rendah juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun sambiloto. Hal ini karena daun sambiloto dapat menurunkan tekanan darah.

3. Selanjutnya, penderita penyakit imun juga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi daun sambiloto karena dapat meningkatkan gejala autoimun.

4. Bagi anak usia balita, sambiloto aman diminum dalam jangka waktu yang pendek yaitu kurang dari satu bulan.