Brilio.net - Perawatan kecantikan nggak hanya milik perempuan. Laki-laki pun juga boleh merawat berbagai permasalahan kulit yang dialaminya. Pasalnya, kaum adam pun juga bisa mengalami permasalahan jerawat, komedo, ataupun penuaan dini.

Nah untuk kamu yang mengalami kondisi tersebut, coba untuk mulai memberikan perawatan dengan bahan-bahan alami. Salah satu yang nggak boleh kamu lewatkan manfaatnya adalah daun pegagan.

Daun ini merupakan salah satu tanaman herbal yang mudah ditemukan di kawasan Asia. Sebagian orang memanfaatkan daun pegagan dengan cara ditumbuk dan dijadikan masker, namun ada pula yang memilih menggunakan skincare dengan kandungan daun pegagan.

Daun pegagan atau Centella asiatica dikenal mengandung madecassoide, yang menjadi salah satu bahan perawatan kulit. Bahkan, daun pegagan kini kerap dimasukkan dalam sejumlah skincare untuk memberikan manfaat yang maksimal untuk kulit.

Loading...

Nah kenali lebih dalam yuk, apa saja manfaat daun pegagan untuk kecantikan. Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (9/6) berikut ini.

1. Melembapkan kulit.

Manfaat daun pegagan untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Memiliki kulit yang lembap, memberikan kenyamanan tersendiri bagi pemiliknya. Rawat kulit dengan bahan yang tepat agar kelembapannya tetap terjaga.

Kamu bisa memanfaatkan daun pegagan untuk mendapatkan kulit yang lembap. Pasalnya, daun pegagan kaya akan asam amino, beta karoten, asam lemak, dan fitokimia yang memberikan nutrisi kuat untuk kulit. Asam amino adalah bahan pelembap yang bagus untuk menenangkan kulit yang kasar dan teriritasi.

2. Memperkuat kulit.

Manfaat daun pegagan untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Daun pegagan atau centella asiatica selanjutnya adalah menguatkan kulit. Daun dengan bentuk mungil ini mengandung madecassoside yang meningkatkan aktivitas antioksidan di lokasi luka, memperkuat kulit dan meningkatkan sirkulasi darah.

3. Mengatasi selulit.

Manfaat daun pegagan untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Daun pegagan juga kerap dimasukkan dalam bahan kosmetik yang sering digunakan dalam mengatasi selulit dan striae. Permasalahan yang kerap terjadi pada wanita ini biasanya ditemukan pada area pinggul, bokong, perut, paha, dan lengan.

Selulit merupakan perubahan noninflamasi dalam jaringan adiposa subkutan yang disebabkan peningkatan volume sel lemak atau peningkatan pembelahan jaringan ikat, yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah kecil. Sehingga, gangguan metabolisme pada jaringan adiposa subkutan, yang mengakibatkan sel lemak yang 'membengkak' di jaringan ini.

4. Cegah penuaan dini.

Manfaat daun pegagan untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami beberapa perubahan, termasuk untuk urusan kekenyalan. Garis-garis halus dan kerutan juga menjadi tanda penuaan yang mudah terlihat.

Sebagai bahan yang mengandung flavonoid dan senyawa aktif yang disebut madecassoside, daun pegagan bisa menjadi solusinya. Senyawa tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang membantu menetralkan kerusakan akibat radikal bebas akibat sinar matahari dan paparan polusi.

Daun pegagan kaya akan asam amino, beta karoten, asam lemak, dan fitokimia. Campuran nutrisi super ini memberikan manfaat besar untuk kulit, termasuk sifat antipenuaan yang kuat.

5. Menenangkan kulit.

Manfaat daun pegagan untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya daun pegagan juga bisa memberikan ketenangan pada kulit. Daun pegagan dikenal dengan kandungan saponin yang dikenal sebagai asiaticosides, yang memiliki sifat menenangkan dan menyembuhkan.

Daun herbal ini juga cocok untuk pemilik kulit sensitif yang kemerahan, meradang, iritasi atau gatal. Ini membantu mengurangi tanda-tanda sensitivitas kulit yang terlihat seperti gatal dan rasa terbakar secara signifikan.

6. Meningkatkan sirkulasi kolagen.

Manfaat daun pegagan untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Masih ada manfaat untuk membuat kulit tetap tampak fresh dan awet muda. Daun pegagan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan sintesis kolagen dan jaringan kulit untuk menjaga keremajaan kulit.

Kolagen juga berperan penting untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus. Dengan adanya pegagan atau centella asiatica di dalam rangkaian perawatan kulit harian, akan mendukung struktur dasar kulit, menangkis tanda-tanda penuaan seperti keriput dan hilangnya kekencangan.

7. Mengatasi jerawat.

Manfaat daun pegagan untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Jerawat adalah salah satu gangguan pada kulit yang dialami banyak orang. Krim antijerawat yang mengandung daun pegagan adalah salah satu solusi yang bisa kamu gunakan. Dampaknya dapat mempercepat proses pemulihan sekaligus membersihkan wajah dari jerawat tanpa meninggalkan bekas.

Daun pegagan memiliki kemampuan untuk memproduksi kolagen, sehingga mampu mencegah pembentukan luka bekas jerawat atau hiperpigmentasi. Selain itu, peningkatan produksi kolagen dalam tubuh juga mampu menghilangkan bekas jerawat karena mengandung beberapa vitamin seperti vitamin C, A, B1 dan B2, niacin, carotene, dan antioksidan.

8. Meredakan stretch marks.

Manfaat daun pegagan untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Stretch marks juga bisa diatasi dengan daun pegagan. Sebuah studi pada 2013 menyebutkan, manfaat daun pegagan dapat menyamarkan kemunculan stretch marks di kulit. Hal ini bisa disebabkan senyawa terpenoid yang terkandung dalam Centella asiatica membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.