Brilio.net - Bagi masyarakat Indonesia, buah pala sering dimanfaatkan sebagai bumbu rempah untuk mengolah masakan. Selain itu, pala juga kerap diolah menjadi asinan atau manisan buah. Bahkan, ada pula yang menggunakan buah berbentuk lonjong ini sebagai minyak pijat.

Di balik perannya yang serbaguna, buah pala memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Menurut laporan Verywellfit, buah pala banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah ringan hingga gangguan kronis. Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan protein, karbohidrat, minyak atsiri, kalsium, vitamin (A, C, B1), asam oleanolat, dan lain sebagainya.

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, buah pala ini juga baik digunakan untuk merawat kecantikan. Salah satu bagian yang dimanfaatkan adalah bijinya. Biji pala dipercaya bisa dimanfaat sebagai bahan alami perawatan kecantikan kulit karena kaya akan antioksidan.

Hal tersebut juga didukung oleh sebuah penelitian dari Chicago State University di Amerika Serikat. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa biji pala mengandung senyawa tanaman yang berperan sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, pala juga mengandung minyak alami yang memberikan kelembapan untuk batang rambut.

Loading...

Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya, berikut brilio.net telah merangkum 8 manfaat biji pala untuk kecantikan dihimpun dari Stylecraze dan berbagai sumber, Rabu (30/6).

1. Mencegah penuaan dini.

biji pala untuk kecantikan © Stylecraze dan berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat yang didapat dari biji pala yang pertama adalah mampu mencegah penuaan dini. Pala diyakini dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan. Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan satu sendok makan biji pala bubuk dan satu sendok makan susu. Lalu, oleskan pada wajah, diamkan 5-10 menit dan bilas hingga bersih.

2. Mengatasi jerawat.

biji pala untuk kecantikan © Stylecraze dan berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat buah pala berikutnya yaitu mampu mengatasi jerawat. Manfaat ini diperoleh dari kandungan bahan antiseptik alami pada biji pala yang ampuh untuk mencegah infeksi jamur dan bakteri penyebab jerawat.

Kamu bisa memanfaatkannya dengan membuat masker. Cara pengolahannya dengan memadukan bubuk pala, kayu manis, dan madu. Oleskan masker pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air. Ketiga bahan tersebut bersifat antiseptik dan berfungsi efektif sebagai antibakteri.

3. Mengangkat sel kulit mati.

biji pala untuk kecantikan © Stylecraze dan berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak banyak yang tahu, ternyata biji pala bisa digunakan sebagai bahan tambahan untuk eksfoliasi kulit. Eksfoliasi merupakan suatu cara mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit. Dengan begitu, kulit menjadi tampak lebih halus dan cerah.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa menggunakan bubuk biji pala sebagai eksfoliator. Campurkan satu sendok bubuk pala, satu sendok teh madu, satu sendok teh soda kue, dan satu sendok sari cuka apel. Setelah tercampur, oleskan pada wajah selama 2 menit pijat perlahan. Jika sudah meresap, bilas dengan air hangat.

4. Mencerahkan kulit.

biji pala untuk kecantikan © Stylecraze dan berbagai sumber

foto: freepik.com

Setiap wanita tentunya menginginkan kulit sehat dan cerah. Untuk memperoleh hal tersebut gunakan minyak biji pala sebagai skincare dalam keseharianmu. Kandungan minyak biji pala sering kali ditemukan dalam produk pembersih wajah atau pelembap. Kandungan ini dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih cerah.

Caranya mudah, tuangkan sedikit minyak biji pala ke wajah dan beri sedikit pijatan lembut. Kemudian, diamkan sampai minyak pala meresap sempurna ke kulit. Lalu, bilas dengan pembersih wajah yang biasa kamu gunakan.

5. Menjaga kesehatan rambut.

biji pala untuk kecantikan © Stylecraze dan berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak pala juga bisa dijadikan kondisioner alami. Minyak alami di dalamnya bisa memberikan kelembapan dan kelembutan bagi batang rambut.

6. Melembapkan kulit.

biji pala untuk kecantikan © Stylecraze dan berbagai sumber

foto: freepik.com

Jikam kamu merasa kulitmu kusam dan kering, minyak pala bisa kamu jadikan solusi. Kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat dan lembut dengan bahan rempah yang satu ini. Minyak alami dalam pala bisa membuat kulit lembap dan senantiasa lembut. Caranya mudah, cukup oleskan minyak pala sebagai lotion secara teratur dan dapatkan manfaatnya.

7. Menghilangkan noda jerawat.

biji pala untuk kecantikan © Stylecraze dan berbagai sumber

foto: freepik.com

Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi membuat biji pala menjadi bahan alami yang ampuh mengatasi hiperpigmentasi atau bercak gelap di wajah. Salah satu penyebab munculnya bercak tersebut karena adanya noda-noda bekas jerawat. Biji pala mampu mengatasi masalah ini dengan melakukan pengelupasan pada kulit lalu memunculkan lapisan kulit baru yang lebih mulus dan cerah.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan beragam bahan seperti 1 sendok makan jeruk nipis peras, 1 sendok makan madu, serta 1 sendok makan bubuk pala. Campuran tiga bahan ini akan sangat efektif untuk atasi noda jerawat bahkan mampu menyamarkan keriput.

8. Mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

biji pala untuk kecantikan © Stylecraze dan berbagai sumber

foto: freepik.com

Terakhir, biji pala juga bisa membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Rempah ini bekerja dengan cara mengecilkan pori-pori dan produksi sebum di wajah. Sehingga, kulit menjadi lebih sehat dan tidak berminyak.

Gunakan biji pala sebagai toner untuk membersihkan wajah. Campurkan sejumput serbuk biji pala dan witch hazel secukupnya. Kemudian, pijat wajah dengan campuran ini ke seluruh wajah, kecuali area mata dan mulut. Setelah itu, diamkan selama dua menit lalu bersihkan.