Brilio.net - Memilih skincare aman untuk ibu hamil tentu hal yang sangat penting. Sebab bila salah akan berdampak buruk bagi ibu dan calon buah hati. Oleh karenanya, selama mengandung carilah kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil.

Masa kehamilan merupakan momen yang sangat membahagiakan dan dinantikan oleh setiap pasangan. Para calon orang tua tentu akan melakukan yang terbaik untuk calon buah hati selama masih dalam kandungan, mulai dari memberi makanan bernutrisi hingga melakukan kegiatan yang aman untuk ibu dan si jabang bayi.

Selama hamil, beberapa ibu tentu ingin selalu tampil cantik. Mereka gemar bersolek dengan menggunakan makeup dan juga skincare. Apalagi saat hamil pasti muncul hormon yang membuat wajah mudah bermasalah seperti jerawat, kulit kering, dan lainnya. Penggunaan skincare rutin itu diharapkan bisa mengatasi berbagai macam permasalahan di wajah.

Namun khusus ibu hamil, penggunaan skincare harus sangat diperhatikan. Terutama mengenai bahan-bahan yang terkandung dalam skincare tersebut. Kalau salah menggunakan akan berbahaya bagi kandungan.

Lantas apa saja kandungan skincare aman untuk ibu hamil? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari Healthline.com dan Newyorktimes.com, Rabu (5/1).

1. Asam alfa hidroksi (AHA)

Skincare untuk ibu hamil berbagai sumber

foto: pixabay.com

Kandungan skincare aman untuk ibu hamil yang pertama adalah asam alfa hidroksi atau AHA. AHA tersebut terdiri dari lactic acid dan glycolic acid. Senyawa ini dipercaya hanya sedikit menyerap ke kulit sehingga tidak membahayakan ibu dan janinnya. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kandungan tersebut seperti mencerahkan wajah, mengurangi flek hitam, dan mengurangi garis halus di wajah.

2. Niacinamide

Skincare untuk ibu hamil berbagai sumber

foto: pixabay.com

Niacinamide alias niacinamida merupakan salah satu kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. Kandungan merupakan jenis vitamin B3 sering dikenal dengan sebutan niasin. Niacinamide dapat ditemukan dalam pengobatan jerawat dan rosacea.

Ada banyak manfaat yang terkandung dalam niacinamide ini, seperti melembapkan kulit, mengatasi jerawat, mencegah kanker melanoma, dan menyamarkan noda hitam. Kamu bisa menemukan kandungan ini pada semua produk skincare.

3. Hyaluronic acid

Skincare untuk ibu hamil berbagai sumber

foto: pixabay.com

Kandungan hyaluronic acid memiliki manfaat untuk melembapkan, menghidrasi serta memberi kekenyalan pada kulit. Kamu bisa rutin menggunakan skincare yang mengandung senyawa ini karena diklaim aman untuk ibu hamil.

4. Zinc oxide dan titanium dioxide

Skincare untuk ibu hamil berbagai sumber

foto: pixabay.com

Kandungan ini biasanya terdapat dalam sunscreen atau sunblock. Disebut aman untuk ibu hamil karena kandungan ini dapat menyerap dengan mudah ke kulit sehingga aman digunakan. Selain itu, kandungan ini juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Gunakan sunscreen atau sunblock saat akan bepergian keluar rumah ke seluruh area tubuh yang mudah terpapar sinar matahari. Jangan lupa gunakan penutup kepala seperti topi untuk menghindari paparan langsung sinar matahari ke wajah.

5. Steroid

Skincare untuk ibu hamil berbagai sumber

foto: freepik.com

Kandungan skincare selanjutnya adalah steroid. Steroid atau yang juga dikenal dengan kortikosteroid, merupakan senyawa yang dapat mengatasi peradangan pada kulit. Cara kerja senyawa ini adalah dengan menyempitkan pembuluh kapiler dan menekan sistem kekebalan tubuh yang bekerja secara berlebihan.

Steroid topikal biasanya digunakan untuk mengobati masalah kulit seperti dermatitis atopik, dermatitis kontak alergi atau iritan, psoriasis, pemfigus, dan lain-lain. Penggunaan produk ini juga sebaiknya di bawah pengawasan dokter agar lebih aman.

6. Azelaic acid

Skincare untuk ibu hamil berbagai sumber

foto: freepik.com

Azelaic acid merupakan kandungan yang biasa ditemukan pada krim jerawat. Kandungan ini dapat mengatasi masalahn peradangan akibat jerawat. Selain itu, juta dapat mengatasi masalah noda hitam akibat paparan sinar matahari dan jerawat. Menurut American Academy of Dermatology, senyawa ini tidak menimbulkan efek samping pada ibu hamil dan janinnya.

7. Glycerin

Skincare untuk ibu hamil berbagai sumber

foto: freepik.com

Permasalahan kulit kering yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Hal itu karena hormon dalam tubuh selama hamil yang membuat kulit mudah dehidrasi. Selain banyak mengonsumsi air, sayur dan buah, menggunakan skincare pelembap juga wajib untuk mengatasi kulit kering.

Khusus ibu hamil, gunakan pelembap yang mengandung glycerin karena dianggap skincare yang aman untuk ibu hamil. Menurut dokter dari New York, Amy Newburger, skincare yang mengandung glycerin adalah yang direkomendasikan untuk ibu hamil karena memiliki senyawa yang aman dan mampu melembapkan kulit.

8. Shea Butter

Skincare untuk ibu hamil berbagai sumber

foto: pixabay.com

Mengatasi masalah kulit kering pada ibu hamil juga bisa menggunakan skincare yang mengandung shea butter. Shea butter sendiri merupakan lemak alami yang diekstrak dari kacang pohon shea yang tumbuh Afrika.

Banyak nutrisi yang terkandungan dalam shea butter ini yang memiliki manfaat untuk kulit dan rambut. Karena menggunakan bahan alam, shea butter ini salah satu bahan skincare aman untuk ibu hamil.

American Academy of Dermatologist (AAD) juga menyatakan bahwa krim yang mengandung shea butter mampu melembapkan tanpa mengiritasi kulit. Selain itu, shea butter juga dapat mengurangi stretch mark pada ibu hamil dan mengencangkan kulit.

(brl/lea)

(brl/lea)